Bagaimana WhatsApp Business API memelihara Customer Journey Anda?

WhatsApp dengan miliaran penggunanya di seluruh dunia menjadi saluran utama bisnis dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Tentu saja, aplikasi ini telah menjadi sarana andalan sehari-hari masyarakat dalam berkomunikasi dari berbagai kalangan. Melihat kenyataan ini, bisnis pun menggunakan WhatsApp Business API untuk menjagkau pelangaan lebih luas dan membangun komunikasi yang efektif serta efisien.

Menanggapi pesan serta memberikan notifikasi secara otomatis adalah sebagian dari beragamnya fitur canggih dari WhatsApp Business API. Fitur-fitur ini selain untuk mempermudah aktivitas penjualan, juga untuk membangun customer experience yang baik. Keuntungan ini berjalan dua arah; Anda tidak akan repot dalam melayani pelanggan, pelanggan pun menjadi senang dan puas karena Anda selalu memberikan informasi tanpa mereka memintanya.

Pada masa yang sangat mengedepankan customer experience, tahap customer journey WhatsApp yang perlu Anda perhatikan adalah pra-pembelian, pembelian dan pasca pembelian. Ketiga tahapan ini menjadi sangat penting untuk menciptakan end-to-end customer journey yang terbaik. Mari simak bagaimana WhatsApp Business API memberikan dampak yang signifikan untuk customer journey bisnis Anda.

Tahap pra-pembelian

Ketika Anda melakukan promosi, Anda dapat menautkan call to action (CTA) ke kontak bisnis Anda pada media yang Anda gunakan. Sehingga, ketika konsumen tertarik, mereka dapat menghubungi bisnis Anda secara langsung. Ini merupakan yahap awal customer journey WhatsApp. Dengan menambahkan CTA ke WhatsApp Business API pada media promosi, Anda akan secara langsung terhubung dengan konsumen melalui iklan yang sudah Anda buat. Apalagi, verified badge (centang hijau) yang Anda dapatkan ketika menggunakan WhatsApp Business API dapat memberikan rasa aman dan meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial terhadap bisnis Anda.

Selanjutnya, fitur yang dihadirkan oleh WhatsApp Business API yang terintegrasi dengan Barantum Omnichannel juga dapat mempermudah komunikasi Anda dengan konsumen potensial. Anda dapat menambahkan agen customer service untuk melayani pesan-pesan dari konsumen potensial. Barantum Omnichannel juga dapat terintegrasi dengan layanan perpesanan lainnya seperti Telegram, Facebook Messenger, Line, serta direct message Instagram. Dengan begitu, Anda dapat melayani kebutuhan pelanggan dari berbagai saluran yang mereka sukai. Hal ini pun turut meningkatkan customer experience serta membangun pengalaman omnichannel yang positif.

Tahap pembelian

Pada tahap ini, WhatsApp Business API juga membantu anda meningkatkan komunikasi antara bisnis melalui para agen customer service dengan konsumen. Interaksi yang real-time dengan bisnis, membuat konsumen mendapat respon cepat dari pesan yang mereka kirimkan. Selain itu, kecepatan respon yang diberikan bisnis Anda kepada konsumen potensial dapat mempercepat konversi leads menjadi pelanggan.

Tahap pasca pembelian

Tahap ketiga dari customer journey WhatsApp ini menjadi fase yang tidak kalah krusial bagi bisnis dalam mempertahankan konsumen. Pada tahap ini, konsumen akan melakukan konsiderasi sebelum melakukan pembelian kembali.

WhatsApp adalah cara mudah untuk memberikan dukungan pasca-penjualan kepada pelanggan Anda tanpa membuat pelanggan Anda frustrasi karena antrean yang panjang atau informasi yang berulang. Dalam sebuah studi oleh Facebook, 50% pelanggan yang mengirim pesan ke bisnis melakukannya sepanjang perjalanan pelanggan mereka. Mereka menggunakannya untuk bertanya tentang jam buka, melakukan pembelian, atau berbagi umpan balik.

Untuk produk yang tidak memerlukan keahlian teknis, Anda dapat menawarkan dukungan tutorial video. Permintaan pengembalian dana juga dapat diproses dengan cepat tanpa bolak-balik email.

Dengan WhatsApp Business API yang terintegrasi dengan Barantum Omnichannel, Anda akan meningkatkan produktivitas agen customer service dan tentu saja kepuasan pelanggan Anda.

Dengan berbagai manfaat yang WhatsApp Business API tawarkan, dapat dikatakan tidak sebanding dengan harga yang akan dibayarkan oleh bisnis ketika memutuskan untuk menggunakan WhatsApp Business API.

Alasan Anda harus menggunakan WhatsApp Business API dalam mewujudkan customer journey WhatsApp yang sempurna

Manfaat WhatsApp Business API begitu terasa dan berdampak bagi kelancaran aktivitas penjualan serta menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Ada beberapa alasan bagus mengapa Anda harus menggunakan aplikasi ini untuk menciptakan customer journey WhatsApp:

  • Kebanyakan orang membuka aplikasi messenger mereka beberapa kali sehari. WhatsApp adalah cara termudah dan ternyaman bagi pelanggan Anda untuk menghubungi Anda karena itu sudah menjadi bagian dari kebiasaan mereka sehari -hari .
  • Pesan seluler melihat tingkat pembukaan sebesar 98 persen (bandingkan dengan email, yang hanya 20 persen ). Hindari kotak masuk yang ramai dan buat koneksi langsung jangka panjang dengan pelanggan Anda.
  • Pesan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap permintaan pelanggan dan menyelesaikan pertanyaan sebelum mereka menunda pembelian. Itu meningkatkan tingkat konversi Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda .
  • Layanan pelanggan tidak pernah lebih nyaman, efisien dan menyenangkan seperti WhatsApp. Bagikan pesan teks, emoji, gambar, dan file apa pun dengan pelanggan Anda.

Integrasikan WhatsApp Business API Anda dengan Barantum untuk customer journey yang semakin baik

Official WhatsApp API Business Solution Provider

Salah satu manfaat utama mengintegrasikan CRM Anda dengan API adalah kemudahan menjalankan dukungan pelanggan. Di sini, Anda akan menggunakan kotak masuk pesan bersama yang dapat diakses oleh banyak agen.

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah CRM yang saat ini Anda gunakan atau sedang Anda pikirkan kompatibel dengan WhatsApp Business API . Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar CRM terkemuka di pasar, seperti Barantum, Hubspot, Microsoft Dynamics, SuiteCRM dan Zoho, dapat dengan mudah diintegrasikan dengan API.

Ketika Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM, berbagai fitur hadir sebagai pendukung Anda menjalankan bisnis. Berikut fitur-fitur dalam Barantum Chat untuk mengoptimalkan komunikasi Anda bersama pelanggan.

1.Fitur Broadcast

Pada fitur ini, Anda dapat  membuat suatu publikasi berisi sebuah informasi atau pemberitahuan mengenai produk Anda, kemudian membagikannya kepada pelanggan sebagai bentuk campaign atau pemasaran. Terdapat template untuk membuat sebuah template pesan publikasi  yang akan digunakan sebagai media promo/campaign.

2. Fitur Analytics

Pada fitur ini, terdapat laporan mengenai:

  • Informasi kecepatan masing-masing agent dalam merespon interaksi dengan pelanggan
  • Jumlah interaksi tiap agen
  • Persentase saluran yang digunakan oleh pelanggan Anda dalam berinteraksi berdasarkan jenis status interaksi mereka
  • Ongoing menjelaskan interaksi chat yang masih berjalan
  • Resolved adalah interaksi chat yang telah terselesaikan. 

3. Fitur Integrasi

Anda dapat mengintegrasikan layanan chat atau perpesanan terkait saluran yang akan anda gunakan seperti WhatsApp, Telegram, Line, Instagram, dan Facebook. Seluruh interaksi atau percakapan Anda bersama pelanggan dari saluran-saluran tersebut, akan terekam dalam satu halaman pada satu aplikasi.

4. Menu Pengaturan

Menu ini berperan untuk mengatur data tiket  yang masuk. 

  • Status tiket: untuk mengganti status tiket terkait menjadi aktif atau tidak aktif 
  • Round robin: yang jika diaktifkan maka tiap agen akan secara bergantian menerima pesan atau interaksi yang masuk. Fungsi ini membuat tiap agen bisa menjawab pesan pelanggan milik agen lainnya
  • Limit get customer: berfungsi untuk membatasi jumlah room chat tiap agen 

5. Menu On/Off

Mengindikasikan status keberadaan agen. Jika agen sedang aktif atau online, maka agen tersebut akan memilih On. Sebaliknya, jika agen tersebut sedang tidak aktif atau offline, maka agen tersebut memilih Off.

Barantum chat memberikan fitur-fitur pendukung kinerja agen dari template chat, broadcast, hingga analisis canggih terhadap percakapan untuk melacak kinerja setiap agen, percakapan masuk, hingga seberapa cepat respon percakapan yang diberikan oleh tim. Semua data tersebut berperan penting dalam memberikan pelayanan secara lebih optimal, interaktif dalam komunikasi dengan pelanggan. 

Mengintegrasikan WhatsApp API Anda pada Barantum CRM akan memberikan dampak yang signifikan pada customer journey Anda. Coba sekarang dan dapatkan uji coba GRATIS nya selama 7 hari di sini!

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments