Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business perlu pertimbangan matang-matang. Terlebih bagi Anda yang menggunakan aplikasi ini. WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang bisa kamu unduh pada ponsel, baik Android maupun iPhone.

Saat ini, para pebisnis dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Salah satu solusinya, yaitu memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business.

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil. Aplikasi ini mempermudah Anda untuk terhubung dengan pelanggan secara langsung, mempromosikan produk dan layanan, serta menjawab pertanyaan mereka sepanjang proses berbelanja.

Selain itu, WhatsApp juga meluncurkan WhatsApp Business versi berbayar yaitu WhatsApp Business API. Kelebihan WhatsApp berbayar ini memudahkan bisnis skala menengah dan besar terhubung dengan pelanggan melalui cara yang sederhana, aman, dan reliabel.

Kelebihan WhatsApp Business

1. Pesan otomatis

Pesan Otomatis menjadi salah satu fitur andalan para pelaku bisnis. Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.

Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

  • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

2. Mudah

Secara visual WhatsApp (WA) Business dibekali dengan tampilan yang sederhana dan tidak rumit. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna WA Bisnis dalam melakukan aktivitas bisnis. Terlebih untuk pengguna yang gagap dengan teknologi, mereka pasti bisa mengoperasikannya tanpa perlu banyak belajar.

CTA WA API

3. Komunikasi dua arah

Layaknya telephone, WA Business memungkinkan Anda untuk menjalin komunikasi dua arah dengan pelanggan. Dalam menjalankan bisnis, kepuasan pelanggan adalah faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis.

Dengan dukungan berbagai fitur yang ada WA Business, pebisnis dapat dengan mudah mewujudkan kepuasan pelanggan yang ingin bertanya, baik itu tentang produk, layanan, pengiriman, hingga keluhan tanpa harus menunggu dalam waktu lama.

4. Meningkatkan brand awareness

Berbicara tentang brand awareness berarti berbicara seberapa banyak orang yang mengenal dan telah familier dengan bisnis Anda. Adapun tujuan brand awareness adalah untuk menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan keberadaan bisnis Anda.

Dengan adanya fitur profil bisnis yang berisi informasi mengenai usaha Anda, Anda dapat menampilkan bisnis Anda secara lebih profesional. Informasi yang ditampilkan antara lain profile picture, deskripsi bisnis, alamat email, kontak dan situs web.

5. Meningkatkan pelayanan

Pelayanan yang baik akan memicu terjadinya repurchase intention atau keinginan untuk membeli produk atau layanan Anda. Dimana nantinya repurchase intention ini bisa Anda jadikan sebagai indikator tingkat kepuasan konsumen.

Melalui fitur seperti balas cepat dan label, konsumen akan merasa terbantu saat menanyakan sesuatu kepada Anda. Tidak hanya itu, pesan Anda jadi lebih terorganisir hingga resiko terjadinya kesalahan menjadi lebih kecil.

Baca juga: Perluas Target Pasar Anda dengan WhatsApp Business API

6. Verifikasi akun

Verifikasi ini akan melindungi akun Anda. Fitur ini akan mengamankan WhatsApp Anda dengan cara pendaftaran 6 digit nomor PIN. Ketika mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Informasi tersebut akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda email berisi tautan untuk menyetel ulang ketika Anda lupa PIN dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

WA Business melakukan verifikasi pada akun bisnis kamu melalui nomor telepon yang didaftarkan. Dengan begitu, WA Business akan memberikan centang hijau pada akun kamu jika sudah terverifikasi.

Kekurangan WhatsApp Business

1. Tidak dapat mengubah nama akun

Aplikasi ini tidak memungkinkan penggunanya untuk mengubah nama akun bisnisnya. Setelah mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store, para pangguna biasanya akan diperingatkan bahwa nama akun bisnis tidak bisa diubah.

2. Nomor berbeda dengan WhatsApp Messenger

Kemudian, dengan menggunakan WA Business bukan berarti para pengguna tidak bisa menggunakan WA Messenger. Para pengguna bisa tetap menggunakan keduanya dalam satu ponsel. Tetapi, mereka harus menggunakan nomor yang berbeda bila ingin mengoperasikan keduanya. Selain itu, para pengguna disarankan untuk tidak mengganti nomor telepon. Sehingga mereka harus menggunakan nomor telepon yang permanen.

3. Potensi kebocoran data pribadi

WhatsApp Bisnis memang memudahkan para pebisnis untuk terhubung langsung dengan konsumen. Namun, hal itu tentunya berbahaya, karena bisa berpotensi menimbulkan kebocoran data pribadi milik sang pebisnis.

4. Nomor ponsel permanen

Bagi Anda yang senang berganti-ganti nomor digunakan untuk mengisi profil akun, sekarang Anda perlu hilangkan kebiasaan tersebut. Pada aplikasi WhatsApp Business menyarankan agar Anda tidak mengganti nomor, sehingga Anda harus memastikan nomor yang akan dipakai harus bersifat permanen.

WA bisnis

Cara Mengatasi Kekurangan WhatsApp Business

Solusi terbaik untuk menghindari kekurangan WhatsApp Business adalah dengan menggunakan WhatsApp API. Penggunaan WhatsApp API didukung dengan sistem enkripsi end to end. Dengan begitu, data Anda dapat terjamin kerahasiaannya. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut langkah awal yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Pejualan Produk dengan Manfaat Omnichannel

1. Kerja sama dengan mitra resmi WhatsApp Business API

Pertama, lakukan kerja sama dengan mitra resmi WhatsApp Business API. Salah satu mitra resmi terbaik WhatsApp Business API, yaitu Barantum.com. Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dari aplikasi ini dengan bantuan sistem CRM Barantum.

2. Menentukan nomor WhatsApp API

Sebelum membuat akun WhatsApp Business API, pastikan Anda memilih nomor yang akan digunakan. Pilihlah nomor Anda dengan tepat. Ke depannya Anda tidak dapat mengganti nomor tersebut.

3. Manfaatkan kelebihan fitur WhatsApp API

Manfaatkan kelebihan dari aplikasi ini dengan optimal. Dengan begitu, Anda dapat lebih maksimal mendapatkan keuntungan bisnis yang diinginkan.

Dapatkan Kelebihan WhatsApp API dengan Barantum

WhatsApp Business memudahkan pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan bisnis. Begitu juga dengan bisnis yang tidak perlu lagi kerepotan untuk merespons permintaan pelanggan berkat fitur canggih yang dimiliki WhatsApp Business API.

CTA WA API

Dapatkan WhatsApp Business API dari salah satu mitra terbaik, Barantum, untuk bisnis Anda. Anda bisa berdiskusi langsung dengan tim profesional Barantum untuk memberikan solusi terbaik bagi Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".