Keuntungan Pesan Otomatis WhatsApp

Balas pesan otomatis WhatsApp bukanlah hal yang mustahil. Dengan kemajuan teknologi, membalas pesan otomatis adalah salah satu fitur pada WhatsApp bisnis yang berfungsi untuk menjawab pesan masuk secara otomatis. Bisnis Anda dapat meraih keuntungan pesan otomatis WhatsApp ini. Seperti, meningkatkan produktivitas karyawan lebih efektif dan efisien.

Misalnya, membalas pesan otomatis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk, dan lainnya. Alur percakapan atau balasan pesan otomatis ini dapat diatur atau didesain sesuai kebutuhan bisnis.

Terlebih jika Anda menggunakan WhatsApp Business API yang memungkinkan Anda mengotomatiskan percakapan dan mengirim pesan tepat waktu. Dengan chatbot WhatsApp, Anda dapat mengotomatiskan tanggapan ke FAQ Anda dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda 24/7, sepanjang waktu. WhatsApp API khusus untuk para pebisnis dalam memasarkan dan menjual produk mereka, serta membangun pengalaman pelanggan yang baik. Dalam hal membangun pengalaman pelanggan atau customer experience yang baik, WhatsAppBusiness API tools menyediakan berbagai fitur canggih agar permintaan pelanggan terpenuhi.

Alasan Aplikasi WhatsApp Bantu Meningkatkan Bisnis Anda

1. Meningkatkan hubungan yang baik dengan customer

Adanya pengembangan beberapa fitur yang ada di Whatsapp Business API. Misalnya, adanya profil bisnis berisi email, nomor telepon, alamat, website, dan detail bisnis lainnya. Tentunya hal ini bagus untuk makin mempertegas kredibilitas perusahaan di mata publik.

2. Menjadi komunikasi yang lebih aman dan nyaman

Setidaknya ada dua hal yang membuat Whatsapp Business API bisa jadi sarana yang aman dan nyaman dalam berkomunikasi dengan customer. Pertama sudah  pasti karena adanya enskripsi  end to end dan two factor authentication (2FA).  Dengan begitu, semua percakapan akan tersimpan aman di masing-masing pihak.

3. Mampu menjadi media komuniasi yang interaktif bersifat dua arah

Ada beberapa fitur yang akan membuat perusahaan dan customer merasa nyaman dalam berkomunikasi. Fitur yang ada di Whatsapp Business cukup beragam. Seperti WhatsApp story, display picture, dan status. Tidak hanya itu, WhatsApp Business juga ikut mendukung pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location.

Hal tersebut membantu kedua belah pihak, termasuk dalam meningkatkan kualitas service atau layanan customer. Dengan menggunakan Whatsapp Business bisa menciptakan terjalinnya komunikasi yang real dengan pelanggan secara dua arah layaknya melalui telepon atau percakapan langsung di toko. Inilah yang menjadi salah satu fungsi menarik pada Whatsapp Business.

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

5. Mudah mengirim pesan dengan cepat

Aplikasi Whatsapp Business API membuat pesan yang Anda kirimkan cepat  terbalas. Ini menjadi salah satu  kelebihan WABA karena di dalamnya terdapat  teknologi AI. Dengan teknologi ini, sekalipun pengguna tidak sedang memegang ponsel tetapi pertanyaan customer tetap bisa di jawab dengan baik.

6. Mudah melayani pelanggan

Whatsapp Business API memiliki fitur chatbot. Kelebihan dari fitur ini, yaitu bisa membalas pesan pelanggan tanpa pemilik nomor harus sedang memegang ponsel. Tidak hanya itu, teknologi AI pada WABA bisa menjalankan chatbot untuk menjawab pesan yang berasal dari customer selama 24 jam.

Adanya layanan chatbot ini memungkinkan Anda tidak akan terlewatkan dalam setiap inkuiri dari customer yang dikirimkan kepada Anda. Dengan begitu, kapan pun dan dimana pun Anda akan selalu bisa melayani customer dengan baik.

7. Lebih efektif

Account Anda bisa terverifikasi dengan menggunakan nama perusahaan Anda. Dengan cara seperti ini maka kualitas dan eksistensi perusahaan semakin meningkat. Lebih efektif dan efisien karena hanya dengan satu nomor dapat dipakai oleh (di-handle) oleh lebih dari satu orang. Dengan model seperti ini maka akan makin meningkatkan efektivitas kerja dari SDM yang ada.

8. Dapat teringerasi dengan aplikasi lain

Dengan kemudahan ini, maka saat ini tidak sedikit aplikasi yang terintegrasi dengan Whatsapp. Salah satunya WhatsApp CRM, sebuah integrasi WhatsApp dan CRM yang akan semakin mempermudah penilaian kinerja SDM secara real dan benar. Itulah kenapa WhatsApp Business ada penambahan API  (application programming interface).

9. Dapat menjadi sarana penunjang survey loyalitas customer

Adanya beberapa fitur yang di miliki Whatsapp Business dan kemampuan untuk didukung CRM. Maka mempermudah komunikasi dan kegiatan bisnis Anda, misalnya meningkatkan kualitas pelayanan customer.

Keuntungan Pesan Otomatis WhatsApp API

1. Aman untuk digunakan dan tidak ada kebocoran data

Selain terdapat centang hijau, WhatsApp dilengkapi keamanan enkripsi end-to-end encryption. Semua pesan yang dikirim bisnis Anda melalui WhatsApp tidak ada pihak ketiga yang dapat membaca percakapan pada pesan Anda.

Dengan demikian, WhatsApp menjadi mode komunikasi yang lebih aman daripada email atau teks. WhatsApp mempertahankan kepercayaan ini dengan meminta bisnis untuk memverifikasi akun mereka sehingga pengguna yakin bahwa mereka berkomunikasi dengan perusahaan yang tepat.

2. Meningkatkan kenyamanan dan pelayanan pelanggan

Hal itu agar bisnis yang Anda jalankan dapat semakin berkembang dan banyak pelanggan. Adanya fitur membalas pesan otomatis dapat membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Alur percakapan dapat didesain personalisasi salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan lebih baik.

Tidak hanya itu, Anda bis mengirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan atau calon pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa membuat mereka menunggu, atau mengganggu mereka.

3. Solusi layanan pelanggan 24/7 dan meningkatkan layanan pelanggan

Menggunakan WhatsApp API, bisnis dapat menyediakan chatbot web untuk mengotomatiskan dukungan pelanggan dan pesan teks untuk pertanyaan umum.

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

 

Jika Anda mengintegrasikan WhatsApp API ke akun bisnis Facebook atau Instagram Anda, obrolan WhatsApp dapat dimulai di halaman ini dengan menerapkan tombol obrolan WhatsApp ajakan bertindak yang dapat diklik pelanggan. Percakapan ini kemudian dapat dikelola oleh chatbot WhatsApp.

4. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

WhatsApp auto reply dapat tim customer service manfaatkan  untuk meminta umpan balik atau masukan dari pelanggan. Hal ini berguna bagi bisnis untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan yang dapat menjadi bahan dalam menyusun strategi peningkatan bisnis.

Di sisi lain, dengan mengintegrasikan WhatsApp API, otomatis kontak pelanggan Anda pun akan terintegrasi dan nantinya aktivitas penjualan Anda bersama mereka akan dilacak oleh CRM. Anda pun dapat mengotomatiskan pemberitahuan dan informasi tentang status pesanan pelanggan sehingga mereka mendapatkan informasi yang cepat.

5. Memberikan tindak lanjut yang lebih baik

Kirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan calon pelanggan. Dengan WhatsApp API, Anda dapat memastikan pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu waktu yang lama. Anda dapat menyimpan jawaban dari pertanyaan yang paling sering diajukan. Selain itu, lebih mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

6. Hemat biaya dan waktu

Akses ke nomor telepon pengguna (melalui keikutsertaan pelanggan) memungkinkan Anda menjangkau pelanggan secara real time. WhatsApp API juga menawarkan fungsi ‘balasan cepat’, di mana tim Anda dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering dikirim untuk mempercepat proses layanan pelanggan Anda. Membalas pesan otomatis mampu merespons secara otomatis selama 24 jam. Dengan demikian, membuat bisnis mengurangi pengeluaran biaya operasional customer service.

7. Meningkatkan penjualan

Sebagian besar pelanggan mendapatkan rekomendasi dan solusi dari pertanyaan dari jawaban auto reply, tanpa melalui tim customer service. Hal ini menunjukan peningkatan pada customer experience yang berpengaruh pada reputasi lebih baik. Dengan reputasi bisnis yang baik, kesempatan untuk menambah jumlah penjualan lebih besar.

intgrasi whatsapp barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Praktis dan Efektif Promosi di Broadcast WhatsApp
  2. Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!
  3. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  4. Simak Cara WhatsApp Business API Meningkatkan Layanan Pelanggan
  5. Apa Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang