Ini Tools WhatsApp Business Yang Perlu Anda Miliki

Tools WhatsApp Business apa saja yang perlu diketahui? Tools WhatsApp Business ini bisa untuk segala bisnis, termasuk bisnis online.

Sebagai salah satu aplikasi komunikasi terpopuler saat ini, WhatsApp tidak hanya untuk komunikasi biasa. Namun, sangat berguna untuk komunikasi bisnis. Terlebih, kini terdapat WhatsApp Business yang semakin ramai digunakan oleh pebisnis.

Dalam menunjang bisnis online dengan WhatsApp, Anda bisa mendapatkan tools lebih menguntungkan dengan WhatsApp Business API (WABA). Dengan menggunakan WhatsApp Business API, pebisnis dapat menerima dan menjawab pesan WhatsApp tanpa batas dari pelanggan. Namun, berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business, WABA bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri. Anda membutuhkan mitra resmi WhatsApp Business API, seperti Barantum, untuk penggunaannya.

Selain itu, kini banyak bermunculan WhatsApp marketing tools untuk memperkaya kinerja WhatsApp Business API. Dengan adanya marketing tools ini, pengguna WABA semakin mudah untuk menjalankan aktivitas pemasaran serta penjualan. Misalnya dalam mengirim pesan broadcast, mengotomatiskan pesan balasan, dan lainnya.

Beragam tools dari WhatsApp Business API Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

1. Chatbot

Chatbot pada WhatsApp marketing memungkinkan penggunanya untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Hal ini karena chatbot WhatsApp memiliki banyak manfaat dan fungsi yang sama seperti WhatsApp marketing tools lainnya.

2. WhatsApp blast/WhatsApp bulk sender

Dengan marketing tools ini, Anda dapat mengirimkan pesan promosi sekaligus ke banyak kontak dengan menggunakan fitur bulk sender. Pesan ini dapat terkirim ke kontak yang tidak menyimpan nomor WhatsApp Anda sekalipun. WhatsApp blast ini berbeda dengan tools broadcast WhatsApp biasa. Sebab, fitur ini tidak membatasi Anda untuk mengirimkan pesan broadcast ke banyak kontak sekaligus.

3. WhatsApp chat panel

Melalui chat panel, Anda dapat memantau semua kontak serta pesan yang keluar maupun masuk ke akun Anda. Marketing tools ini membantu Anda untuk mengidentifikasi setiap pesan yang masuk kemudian mengklasifikasikannya.

4. Auto reply

Anda dapat mengirimkan tanggapan atau jawaban secara otomatis kepada pelanggan Anda kapanpun mereka mengirimkan pesan atau menghubungi Anda. Anda tak perlu stand by 24 jam dalam melayani pelanggan karena setiap pesan akan dijawab otomatis oleh tools ini. Dengan teknologi artificial intelligence Whatsapp mampu dikembangkan sehingga memiliki fitur auto sender.

5. Filter nomor

Anda dapat memverifikasi nomor-nomor kontak yang Anda dapatkan (hasil generate) dengan cara memisahkan nomor yang menggunakan WhatsApp atau tidak. Tools ini dapat mempermudah Anda dalam memfilter mana yang merupakan prospek dan mana yang tidak.

6. Penyimpanan kontak secara otomatis

Anda dapat melakukan export dan import list kontak untuk setiap kontak WhatsApp yang Anda miliki dengan menggunakan format xls, txt, atau cvs.

7. Personalisasi pesan

Ini merupakan tools WA marketing yang pebisnis sukai. Anda dapat mengirimkan pesan secara personal dengan menyebutkan nama prospek atau pelanggan Anda secara otomatis. Pelanggan tentu akan merasa dihargai karena Anda menyebutkan nama mereka secara pribadi. Tak hanya itu saja, mengirimkan pesan secara personal belakangan ini terus dikembangkan hingga memiliki kemampuan predictive analysis seperti menganalisis perilaku pembelian produk, hobi, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis untuk bisa lebih dekat dengan target pasar.

8. Pengiriman terjadwal

Marketing tools ini menjadi salah satu kelebihan WhatsApp yang dapat membantu Anda mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengirim pesan pada pelanggan dengan format pesan yang merupakan hasil generate pesan dalam platform. Jika sudah terjadwal, tools ini dapat mengirim pesan secara otomatis kepada database pelanggan yang kita miliki.

9. Pantau sistem pengiriman

Anda dapat memantau status pesan-pesan yang Anda kirimkan, yaitu berhasil terkirim atau tidak melalui dashboard report WA marketing.

intgrasi whatsapp barantum

10. Statistik pesan

Marketing tools ini berfungsi untuk mengontrol dan meninjau laporan statistik terkait pesan yang keluar dan masuk dari aplikasi WhatsApp seseorang.

Laporan ini akan memudahkan Anda untuk  menganalisa secara mendasar terkait  total jumlah pelanggan dan calon pelanggan yang memiliki atensi terhadap produk-produk yang coba Anda tawarkan kepada mereka.  Sehingga Anda akan lebih mudah dalam merencanakan strategi marketing komunikasi yang lebih tepat kedepannya.

11. Messaging tools

Tools ini terbagi ke dalam 3 kategori yaitu Away MessageGreeting Message, dan Quick Replies.

  • Away Message menampung  pesan masuk pada saat jam kantor sudah tutup. Sehingga tidak ada pesan yang tidak tersampaikan ke perusahaan. Konsep fitur ini seperti customer service, sehingga bermanfaat  untuk melayani pelanggan pada saat kantor sudah tutup. Pelanggan akan tahu bahwa pesan yang dikirimkannya sudah masuk dan akan menunggu balasan ketika sudah aktif kembali.
  • Quick Replies berfungsi untuk membalas pesan yang masuk dengan model pesan berupa pesan biasa atau berupa pertanyaan. Dengan adanya fitur ini, maka pebisnis bisa mengoptimalkannya dengan membuat berbagai macam jawaban template. Sehingga hal itu akan memudahkan bisnis dalam menjawab pesan yang masuk dengan kategori pesan yang sama sehingga bisa lebih cepat dan tepat.
  • Greeting Message memberikan jawaban atau pesan dengan model ucapan menyapa atau memberikan sambutan bagi pelanggan atau calon pelanggan. Mereka tentu akan merasa senang dengan adanya balasan dari perusahaan secara langsung.  Yang menarik adalah, fitur ini  tidak saja digunakan untuk calon pelanggan baru, tetapi bagi pelanggan lama yang tidak aktif, misalnya sudah tidak aktif selama 14 hari. Fitur  ini menjadi andalan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tips menggunakan WhatsApp Business API tools

WhatsApp Business API tools memang akan memudahkan Anda dalam memasarkan dan menjual produk atau layanan Anda. Namun, Anda tetap membutuhkan tips dalam menggunakannya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

1. Membuat branding

Menciptakan pesona merek atau branding produk Anda sangatlah penting untuk membangun ketertarikan audiens. Branding yang baik adalah bagaimana produk Anda dapat menjawab kebutuhan audiens. Hal ini akan membantu bisnis dalam membangun kepercayaan dan akan menghasilkan keuntungan lebih. Buatlah branding yang menarik untuk produk Anda agar  tools WhatsApp yang Anda miliki bekerja maksimal.

2. Mengirimkan pesan blast secara berkala

Kirimkan pesan blast yang berisi promosi, hadiah, gratis, dan lain-lain kepada pelanggan. Kirimkan pesan WA marketing ini secara rutin melalui tools broadcast WhatsApp blast, namun jangan setiap hari. Misalnya Anda melakukannya dua kali dalam seminggu. Hindari promosi yang terlalu berlebihan dan sangat intens karena dapat mengganggu kenyamanan pelanggan. Pelanggan bisa menganggap pesan Anda merupakan spam dan kemudian memblokir akun Anda.

3. Maksimalkan target pasar dan kelompokan kontak

Maksimalkan penggunaan WA marketing untuk menarik target pasar yang telah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa memulainya dengan menambahkan kontak pelanggan tetap. Kemudian, kelompokkan mereka ke dalam beberapa kategori seperti usia, loyalitas,pelanggan yang masih ragu, dan sebagainnya. Kelolalah mereka berdasarkan kebutuhan mereka dan lakukan evaluasi, mana pelanggan yang aktif berbelanja dan mana yang perlu Anda hubungi kembali untuk follow-up.

4. Mengumpulkan kontak customer

Tanpa memiliki kontak customer, Anda akan sulit untuk melakukan promosi apapun. Setelah kontak didapat, Anda dapat melakukan berbagai promosi dan penawaran yang menarik.

Maksimalkan Promosi Bisnis dengan WhatsApp Business API

Seperti halnya yang sudah Anda ketahui bahwa WA Business dapat membantu mempromosikan penjualan bisnis Anda. Namun, untuk mengoptimalkan dan lebih mengefisiensi kinerja staf agar mendapatkan lebih banyak penjualan, Anda bisa memakai WA Business API. Pastikan, Anda mendapaftar WA Business API di mitra resmi WhatsApp, seperti Barantum.

Beragam fitur WA Business API yang bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan Barantum:

1. Centang hijau

centang hijau whatsapp

Centang hijau WA atau verified bedge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.

2. WhatsApp multi user

multi user whatsapp

Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.

3. Alokasi agent

alokasi agen

Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

4. Terintegrasi Barantum CRM

terintegrasi CRM barantum

Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.

5. Broadcast chat

broadcast chat whatsapp

Mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu.

6. Office hours

office hour

Respons informasi pesan yang masuk di luar jam kerja untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tidak mengabaikannya.

7. Teritegrasi dengan banyak saluran komunikasi

terintegrasi dengan banyak channel

Terima dan respons pesan dari semua aplikasi pesan dan sosial media dalam satu halaman.

8. Laporan analitik

laporan analitik

Menampilkan pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh tim customer service agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

 

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. Cara Selalu Closing dengan WhatsApp Business API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".