Kredibilitas Meningkat dengan Centang Hijau WhatsApp

Mengapa kredibilitas dapat meningkat dengan centang hijau WhatsApp (WA)? Jawabannya karena untuk mendapatkan centang hijau WA harus memenuhi berbagai syarat dan kriteria, termasuk dalam legalitas perusahaan.

Tidak seperti media sosial lainnya, misalnya Instragram ataupun Twitter yang dapat memiliki tanda centang di akun pribadi. Pada aplikasi WhatsApp, hanya diperuntukkan untuk akun bisnis saja.

Tentunya, perusahaan harus berbentuk CV atau PT yang telah memiliki dokumen legalitas perusahaan. Jadi, jika ada akun bisnis yang memiliki tanda centang hijau di WhatsApp, otomatis kredibelitas meningkat dan lebih dipercaya oleh pelanggan Anda.

Nah, bagaimana centang hijau meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan cara mendapatkan centang hijau? Yuk, simak pembahasan mengenai centang hijau untuk meningkatkan kredibilitas.

Apa Itu Centang Hijau WhatsApp?

Verified badge merupakan sebuah ciri identitas dimana sebuah akun profil bisnis telah terverifikasi pada suatu platform. Verified badge bisa Anda temui di banyak platform sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Youtube dan juga WhatsApp. Namun, pada WhatsApp, centang hijau hanya diperuntukkan untuk akun bisnis, bukan akun personal.

Salah satu platform yang menurut kami paling penting, dimana bisnis Anda wajib mendapatkan verified badge dari suatu platform adalah WhatsApp. Kenapa? Karena WhatsApp merupakan platform chat messenger dimana komunikasi antara pebisnis dan pelanggan biasanya dibangun melalui platform tersebut. Dan, menjadi platform chat messenger terbesar saat ini.

Dengan adanya centang hijau WA pada akun bisnis Anda, berarti akun bisnis Anda sudah terverifikasi oleh WhatsApp sebagai akun yang kredibel.

Mengapa Perusahaan Menginginkan Centang Hijau?

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp kini banyak dicari. Hal itu karena centang hijau dapat berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan dari pelanggan. Tak hanya itu, nomor WhatsApp yang sudah ada centang hijau berarti sudah terverifikasi keasliannya dan kredibilitasnya.

Aadanya centang hijau di WhatsApp pun dapat meningkatkan kredibilitas serta reputasi nama merk bisnis Anda. Sehingga hal tersebut berdampak pada peningkatan jumlah penjualan. Melihat adanya centang hijau di sebelah nama perusahaan Anda, membuat pelanggan bisa percaya penuh bahwa akun tersebut bukan penipuan.

Berbeda halnya jika akun WhatsApp Business Anda tidak memiliki centang hijau, umumnya lebih banyak masyarakat yang lebih waspada saat menerima pesan dari akun Anda. Terlebih, jika dalam perusahaan Anda memiliki banyak nomor WhatsApp untuk menghubungi pelanggan. Selain pelanggan bingung mengirimkan pesan ke nomor yang mana karena saking banyaknya dan mengurangi kenyamanan pelanggan Anda.

Keunggulan Centang Hijau WA

Anda sebagai pelaku bisnis harus benar-benar menyadari betapa pentingnya mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Berikut ini beberapa alasan kenapa mendapatkan centang hijau di WhatsApp begitu penting dan wajib untuk akun bisnis yang Anda miliki.

  1. Platform chat messenger nomor 1 dan terbesar di Indonesia
  2. Mayoritas masyarakat dan 90% pelanggan Anda pasti menggunakan WhatsApp
  3. Meningkatkan kredibilitas akun bisnis Anda
  4. Memudahkan pelanggan untuk mengenali akun bisnis Anda
  5. Dapat meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda
  6. Mampu meningkatkan rasa aman bagi pelanggan untuk bertransaksi dengan bisnis Anda, dan
  7. Meningkatkan reputasi bisnis Anda dimata pelanggan.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

1. Memiliki akun bisnis, bukan akun pribadi

Syarat utama untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah akun yang Anda miliki adalah akun bisnis. Hingga saaat ini WhatsApp belum menyediakan centang hijau untuk akun pribadi. Oleh sebab itu, jika Anda masih menggunakan akun pribadi, otomatis tidak bisa mendapatkan centang hijau.

Cara beralih ke akun bisnis sangat mudah. Anda hanya perlu mencadangkan data agar data tidak hilang. Lalu, Anda unduh WhatsApp Business dan verifikasi nomor ponsel Anda. Setelah itu, Anda memasukkan nama bisnis dan mengatur profil bisnis.

2. Perusahaan berbentuk CV/PT

Sepeti yang telah dibahas pada poin pertama, syarat mendapatkan centang hijau, yaitu perusahaan Anda sudah berbentuk CV atau PT. Hal tersebut karena hingga saat ini centang hijau WA hanya diperuntukkan untuk akun perusahaan bukan untuk akun pribadi/personal.

3. Autentik

Artinya, akun bisnis yang terdaftar merupakan akun asli dan dapat dipercaya.

4. Akun WhatsApp dan Facebook Business harus terverifikasi

Verifikasi akun menjadi syarat mutlak dari WhatsApp untuk bisa mendapatkan centang hijau. Dengan melakukan verifikasi inilah menjadi upaya WhatsApp untuk yakin itu Anda. Bukan peniru yang mencoba menyalin akun Anda.

Cara untuk verifikasi dapat dilakukan dengan menambahkan informasi lain yang valid. Salah satunya, dengan mempunyai website yang berguna ketika ada proses pengecekan bahwa itu benar Anda dan bukan orang lain. Perlu diperhatikan, nomor telepon yang terdapat pada website harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsApp.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa akun Facebook Business Anda juga telah terverifikasi.

5. Populer atau dikenal dan benar adanya

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business, yaitu dengan memastikan bisnis Anda memang benar adanya dan bukan untuk penggunaan pribadi. Oleh sebab itu, tidak heran jika proses verifikasinya cukup panjang.

Akun bisnis Anda pun perlu memiliki engangement dan harus aktif agar WhatsApp menilai akun bisnis Anda sebagai akun yang terpercaya. Tidak hanya itu, brand perusahaan Anda harus populer atau terkenal di masyarakat.

6. Rutin melakukan blast WhatsApp

Dengan melakukan blast WhatsApp, akun bisnis Anda menjadi terlihat aktif. Anda bisa melakukan blast WhatsApp secara rutin per minggu. Dengan WhatsApp Business, diperkirakan Anda bisa melakukan blast sekitar 1.000 per minggunya.

Namun, pastikan blast WhatsApp sesuai dengan produk/jasa Anda dan sesuaikan jumlah pengiriman blast WhatsApp agar akun Anda tidak dianggap spam.

7. Memiliki website resmi

Dalam verifikasi akun Anda, website menjadi salah satu hal yang harus perusahaan Anda miliki. WhatsApp akan melakukan pengecekan website perusahaan saat proses mendapatkan centang hijau WA. Oleh sebab itu, pastikan informasi website Anda sudah sesuai dengan perusahaan. Termasuk nomor telepon perusahaan harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk mendapatkan centang hijau WA.

8. Memperbanyak artikel di online atau situs berita (blog, liputan, press release, dll)

Sebaiknya Anda menggunakan website yang telah dibuat semaksimal mungkin. Hal itu bisa dengan memposting artikel di website Anda.

Di samping mem-publish artikel di website, Anda juga bisa membuat artikel di blog, liputan media ataupun membuat press release. Anda bisa bekerja sama dengan media untuk menupload artikel tentang bisnis Anda.

9. Menaikkan traffic, SEO, dan SERP website

Kenaikkan traffic menandakan bahwa bisnis Anda sering dicari oleh masyarakat. Dengan begitu, dapat diasumsikan bahwa bisnis Anda telah dikenal oleh masyarakat.

Namun, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan peningkatan SEO dan SERP website. Hal ini agar website bisnis Anda dapat muncul di pencarian utama sehingga bisnis Anda pun makin terkenal. Tidak hanya itu, perusahaan yang Anda jalankan pun harus sesuai dengan ketentuan WhastApp.

WhatsApp Business Solution Provider

Cara Centang Hijau WhatsApp?

Cara memiliki lencana centang verifikasi di Whatsapp yaitu dengan mengajukan melalui pihak yang sudah diberi kepercayaan oleh pihak Whatsapp. Serta dengan membuat akun Facebook bisnis manager. Cara agar Whatsapp centang hijau adalah sebagai berikut :

1. Daftarkan Melalui Pihak Ketiga

Cara pertama silahkan lakukan mendaftarkan akun Whatsapp untuk mendapatkan lencana centang melalui platform solusi bisnis (BSP). Salah satu platform tersebut yaitu Barantum.

Sehingga nantinya dari pihak ketiga tersebut akan membantu anda untuk menghubungkan bisnis anda dengan Whatsapp Business API. Dan berikan akses ke pihak ketiga untuk :

  • Mengelola akun Whatsapp Business
  • Menyambungkan akun Whatsapp Business dengan Whatsapp Business API
  • Mengelola pesan di kotak masuk Whatsapp Business
  • Menganalisa data di Whatsapp Business

Dengan memberikan akses kepada pihak ketiga nantinya bisa membantu dalam proses pengajuan mendapatkan lencana centang hijau.

2. Membuat dan Verifikasi Facebook Business

Cara kedua yaitu membuat akun Facebook Bisnis. Silahkan buat profil di Facebook Business selengkap mungkin. Silahkan siapkan nama, nama bisnis, alamat email dan informasi lainnya yang menggambarkan bisnis anda.

Anda bisa mengunjungi https://business.facebook.com/overview untuk mendaftar sebagai akun Facebook Business Manager.

Dokumen wajib yang perlu dimiliki untuk verifikasi Facebook Business Manager:

a. Legalitas perusahaan: surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), nomor induk berusaha (NIB), nomor pokok wajib pajak (NPWP)
b. Tagihan perusahaan: tagihan air, listrik, rekening koran
c. Website

3. Berikan ID Facebook Business Kepada BSP

Cara ketiga yaitu dengan menyerahkan ID Facebook Business Manager anda kepada BSP yang dipercaya oleh pihak Whatsapp. Anda bisa mengirimkan ID melalui Email ke pihak ketiga yang telah diberi kepercayaan oleh Whatsapp.

4. Setujui Pengiriman Pesan Dari BSP

Cara keempat silahkan berikan izin atau setujui permintaan pengiriman pesan kepada pelanggan. Anda dapat menyetujui permintaan pengiriman pesan melalui menu Pengaturan Bisnis lalu masuk ke opsi Permintaan dan silahkan Terima Permintaan.

5. Proses Verifikasi

Setelah melakukan serangkaian cara di atas, cara selanjutnya yakni proses verifikasi bisnis, kebijakan dan nama tampilan. Anda bisa melakukan proses verifikasi melalui menu Pengaturan Bisnis, lalu pilih opsi Pusat Keamanan kemudian lakukan proses verifikasi dengan cara ketuk Mulai Verifikasi.

Itulah informasi mengenai cara-cara mendapat centang hijau di Whatsapp.

Barantum, BSP Terbaik Bantu Bisnis Dapatkan Centang Hijau WhatsApp

Untuk mendaftar centang hijau WA, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Di Indonesia, salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya, yaitu Barantum. Staf profesional Barantum akan membantu akun bisnis Anda mendapatkan centang hijau WA dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu DI SINI.register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".