Apa itu laporan kinerja penjualan?

Jika Anda mengira bahwa laporan penjualan hanya sebagai bahan evaluasi tim penjualan saja, maka Anda salah. Laporan penjualan sangat penting untuk keberlanjutkan perusahaan, terutama dalam meningkatkan profit. Dengan melihat laporan penjualan, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat perihal strategi pemasaran dan penjualan produk.

Laporan kinerja penjualan memberi tahu Anda seberapa baik kinerja tim penjualan Anda. Ini bisa dalam hal pendapatan yang mereka hasilkan, atau kesepakatan yang ditutup oleh setiap penjual atau tugas yang mereka selesaikan. Beberapa orang masih ragu untuk melacak tim penjualan mereka. Terutama, karena mereka merasa seperti mereka mengelolanya secara mikro. Namun, laporan ini bukan hanya tentang memantau apa yang dilakukan tim Anda. Ini juga tentang mengetahui seberapa baik proses yang Anda rancang bekerja, dan apakah ada ruang untuk perbaikan.

Baca juga: Otomatisasi Laporan Harian Penjualan Menggunakan Barantum CRM

Dalam laporan penjualan kita dapat melihat kinerja tiap staff penjualan dalam mencapai target harian maupun bulanan mereka. Capaian target ini mengindikasikan kemampuan tiap staffnya; siapa yang mendapatkan jumlah penutupan penjualan terbanyak, total pendapatan terbanyak, dan sebagainya. Dengan mengetahui kemampuan timnya, seorang manajer sales dapat memberikan target yang realistis kepada mereka serta memperbaiki aspek-aspek yang perlu. Selain itu, manajer penjualan dapat memberikan pelatihan penjualan bagi timnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain ketiga manfaat di atas, ada manfaat utama lain yang telah kami rangkum sebagai berikut:

Menyediakan pembaruan secara real-time

Jika perusahaan Anda kecil dengan dan arus masuk prospek tidak lebih dari 100 sebulan, maka Anda dapat dengan mudah melacaknya dengan lembar excel. Tapi, apa yang terjadi ketika jumlahnya meningkat? Meminta tim penjualan Anda untuk melacak secara manual akan membuang waktu berharga mereka. Hal ini karena pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lama dan ini sungguh tidak efisien.

Namun, jika Anda memiliki CRM yang dapat memberikan laporan kinerja penjualan secara real-time, hal itu akan mempermudah Anda dan tim. Semakin besar perusahaan Anda, maka akan semakin kompleks proses penjualan Anda. Laporan dapat mempertimbangkan proses baru Anda dan melacak banyak aktivitas yang dilakukan tim Anda. Memiliki laporan real-time membantu Anda untuk terus memeriksa ‘kesehatan’ proses Anda dan mengambil tindakan korektif jika perlu. Barantum CRM menyediakan fitur ini. Tim Anda dapat membuat laporan kapan saja dan di mana saja secara aktual. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Tingkatkan Kinerja Tim Penjualan

Memungkinkan Anda menetapkan tujuan yang realistis

Sebagai manajer penjualan, salah satu dari peran Anda adalah menetapkan tujuan untuk tim. Jika statistik adalah segalanya, atribut ini, meskipun bisa sangat membantu tim, juga bisa menjadi masalah bagi tim. Inilah caranya.

Biasanya, kita meregangkan diri lebih jauh saat kita berkembang. Ini juga berlaku untuk dunia usaha. Dengan semakin banyak tuntutan yang masuk, Anda terpaksa meregangkan tujuan Anda untuk mengakomodasi semakin banyak proyek. Ada kalanya, kita cenderung mulai membuat tujuan yang tidak realistis yang tidak mungkin dicapai, tidak peduli seberapa keras kita berusaha.

Pada akhirnya, Anda membuat anggota tim Anda lelah tanpa mencapai tujuan yang tidak praktis juga. Hal ini tidak akan terjadi dengan sistem analitik yang baik. Memiliki laporan kinerja penjualan memberi Anda gambaran yang jelas tentang sejauh mana tim Anda dapat bekerja, membantu menciptakan tujuan yang lebih realistis yang dapat mereka capai dengan sedikit dorongan ekstra.

Meningkatkan produktivitas di antara anggota tim

Adalah hal yang lumrah ketika beberapa anggota tim Anda berada di bagian bawah papan peringkat. Dengan menyimpan laporan kinerja penjualan, Anda akan dapat mengetahui staf penjualan mana yang berada di bawah dan sudah berapa lama mereka berada di sana. Ini akan sangat membantu Anda dengan cepat menentukan apa yang salah dan kapan itu salah, membuatnya lebih mudah untuk memperbaiki kelambatan sebelum menjadi masalah besar.

Selain itu, menampilkan laporan kinerja penjualan dari tim penjualan dapat sangat membantu untuk membakar semangat tim. Dengan memposting kinerja mereka selama periode waktu tertentu, mereka mengetahui bagaimana kinerja orang lain. Tentu saja, tidak ada yang ingin berada di bagian bawah papan peringkat. Oleh karena itu, tekanan tampaknya meningkat dan semua orang bekerja tanpa lelah untuk meningkatkan capaian mereka. Ini mungkin terlihat seperti tekanan negatif dari perspektif, tetapi itu benar-benar mengarah pada hasil positif – peningkatan produktivitas.

Membantu keputusan yang diinformasikan

Ini menjadi manfaat yang paling penting dari laporan kinerja penjualan. Pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan adalah jalur kehidupan perusahaan itu. Satu keputusan yang salah menyebabkan perusahaan bisa jatuh. Dengan banyak keputusan yang harus dibuat, itu bisa menjadi sangat menakutkan. Tapi itu tidak harus. Dengan sistem analitik penjualan yang baik, Anda dapat membuat keputusan yang mendalam secara real-time.

Apakah produk Anda tidak laris? Anda mungkin perlu memposisikannya lebih baik atau membuat beberapa peningkatan pada produk itu sendiri. Apakah seorang karyawan secara konsisten berkinerja buruk? Anda mungkin perlu melatihnya kembali atau mungkin membiarkannya pergi. Laporan kinerja harian, mingguan, bulanan, atau bahkan triwulanan membantu Anda mengambil keputusan ini dengan cepat.

Divisi penjualan adalah jantung dari sebuah perusahaan. Itulah mengapa memperhatikan laporan penjualan adalah hal yang krusial. Laporan kinerja penjualan menyajikan berbagai wawasan untuk keberlanjutan perusahaan Anda. Untuk itu, penting bagi Anda dalam memilih software CRM yang tepat.

Baca juga: Tips Memilih CRM Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Barantum CRM menyediakan fitur modern dalam menghasilkan laporan kinerja penjualan yang akurat. Fitur-fiturnya yang sesuai dengan kebutuhan sebagian besar perusahaan, tentu akan menjawab keinginan perusahaan Anda. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa software ini membuat tim penjualan Anda mudah dalam membuat laporan secara real-time, di mana saja dan kapan saja. Tim pun tidak perlu bolak-balik kantor untuk membuat laporan harian. Hal ini karena Barantum CRM dapat Anda akses di platform mana saja; pada komputer, laptop, tablet, dan smartphone (android dan IOS menggunakan versi seluler). Selain itu, Anda dapat mekacak keberadaan tim Anda dengan karena adanya fitur GPS.

Pakai CRM Barantum sekarang dan dapatkan uji coba GRATIS nya selama 7 hari di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".