Apa itu sales tracking system?

Sales tracking system merupakan sebuah sistem yang mendata keseluruhan interaksi dengan calon pelanggan, mulai dari touchpoint awal seperti chat dan panggilan telepon, tahap calon pelanggan melewati sales funnel, sampai menjadi pelanggan.

Penggunaan sales tracking system ini memudahkan Anda untuk memahami efektivitas bisnis funnel hingga memperoleh gambaran visual mengenai proses calon pelanggan dengan bisnis Anda berdasarkan data sales yang terinput.

Mengapa Sales Tracking System Itu Penting?

Dengan teknik sales ini, membuat manajer lebih mudah mengetahui kondisi nyata di lapangan dan mengidentifikasi kendala secara real time. Cara kerja sales tracking juga cukup efektif dan efisien, dimana tanpa berpindah aplikasi dan tempat data otomatis diperbarui.

Manfaat Sales Tracking System Untuk Perusahaan

1. Mampu mengukur Key Performance Indicator sales dengan adil

Manfaat sales tracking system yang pertama, yaitu Anda mampu mengukur Key Performance Indicator (KPI) sales dengan adil. Mengapa?

Dengan adanya sales tracking system, Anda bisa monitoring salesman sehingga mengetahui detail lokasi kunjungan sales. Tentu saja dalam hal ini sales perlu menginput lokasi keberadaan mereka.

Namun, kini sales tidak perlu repot-repot mengirim pesan terkait lokasi yang dikunjunginya. Dengan Barantum CRM, sales Anda bisa dengan mudah melakukan check in chek out di berbagai lokasi. Aplikasi dalam bentuk CRM mobile pun memudahkan mereka untuk meng-update laporan terbaru.

Jadi, seluruh data laporan yang terekam dalam sistem inilah yang bisa menjadi acuan Anda untuk mengukur KPI mereka.

2. Mudah monitor aktivitas sales dimana pun lokasi yang dikunjungi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aktivitas sales Anda dapat diketahui. Adanya fitur GPS Tracking akan memudahkan Anda untuk memantau berapa lama dan seberapa sering sales Anda berada di suatu lokasi.

3.  Mempermudah analisa keberhasilan bisnis

Jika Anda masih menggunakan laporan manual, sebaiknya kini mulai beralih menggunakan sistem CRM. Mengapa? Dengan adanya sistem CRM, seperti Barantum, Anda dapat melihat hasil laporan hanya dalam satu halaman.

Dengan begitu, Anda bisa dapat melihat seberapa banyak penjualan yang bisa Anda hasilkan, baik per hari, per minggu, per bulan, ataupun per tahun. Di sisi lain, adanya sales tracking system ini mempermudah Anda mengetahui dimana lokasi pelanggan potensial bisnis Anda. Sehingga Anda bisa dengan mudah memperbanyak melakukan penjualan di lokasi potensial.

4. Melacak penjualan dengan periode tertentu

Adanya sales tracking system, selain mampu melacak lokasi sales, Anda pun bisa melacak penjualan di tiap lokasi. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan penjualan di lokasi-lokasi yang banyak terjadi proses jual beli produk atau jasa Anda.

CRM pantau kinerja secara real time

Monitor Aktivitas Tim Lapangan Secara Real Time dengan CRM

Jika Anda masih bertanya-tanya bagaimana bisa melihat aktivitas tim lapangan Anda dengan CRM. Apalagi jika jarak tim lapangan dan perusahaan Anda sangat jauh.

Berikut hal-hal yang dapat Anda peroleh dari penggunaan CRM, software bisnis terbaik untuk perusahaan Anda.

1. CRM permudah operasional tim lapangan

Tim lapangan Anda tidak perlu repot membawa berkas dokumen yang banyak dan tebal. Dengan CRM, efektivitas waktu tim lapangan Anda dalam bekerja pun meningkat. Mereka tidak perlu melaporkan dengan langsung datang ke kantor saat itu juga karena data sudah terupdate dalam CRM.

Laporan yang masih menggunakan cara manual, membuat proses penyimpanan dokumen membutuhkan waktu lama dan berkas dokumen akan menumpuk. Hal itu karena sales membuat dokumen laporan di kertas tiap selesai prospek calon pelanggan. Jika dalam satu perusahaan memiliki banyak tim sales, tentu membuat sales dan tim marketing kesulitan untuk mencari data dengan cepat.

2. CRM mampu memantau aktivitas tim lapangan

sales tracking system

Tim lapangan Anda tidak perlu memakan waktu ke kantor untuk absensi masuk dan pulang. Menghubungi tiap sales dan menanyakan sedang berada di wilayah mana pastinya memakan waktu yang lama, terlebih jika dalam perusahaan memiliki banyak sales yang terjun langsung ke lapangan.

Dengan menggunakan sales tracking system, sales dapat langsung meng-update lokasi terkini yang langsung terinput ke sistem sehingga sales leader dapat mengetahui data dan lokasi real time tiap anggota timnya sehingga pekerjaan lebih efisien.

Anda tidak perlu khawatir ada tim lapangan yang tidak datang sesuai dengan lokasi karena CRM, seperti CRM Barantum, merupakan sistem yang anti GPS palsu. Dengan demikian, tidak ada staf yang dapat memanipulasi lokasi keberadaan mereka selama jam kerja.

3. Laporan aktivitas di CRM akurat dan real time

untung penerapan CRM

Sales system tracking dapat menunjukkan performa bisnis Anda secara real time. Aplikasi sales tracking system mendata seluruh penurunan dan peningkatan penjualan. Jadi, sales manajer dapat mengevaluasi strategi penjualan berikutnya.

CRM dapat mengakses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman. Segala aktivitas tim lapangan dapat terinput dengan rapi. Terlebih tim lapangan tidak hanya datang ke suatu lokasi.

4. CRM mempermudah melihat pesebaran lokasi pelanggan

Seperti yang diketahui, dengan live GPS tracking, tiap pergerakan tim lapangan Anda bisa terlihat selama jam kerja.

Selain itu, tiap data pelanggan yang masuk akan disesuaikan dengan lokasi pelanggan. Hal itu memungkinkan Anda untuk menganalisis pesebaran pelanggan Anda di seluruh Indonesia.

Melalui CRM, Anda dapat melihat pesebaran data pelanggan Anda hanya dengan satu halaman maps saja. Tentu hal itu sangat menguntungkan perusahaan Anda.

Anda dapat mengetahui lokasi mana saja yang potensial memiliki banyak pelanggan.

5. Informasi data lengkap dan penyesuaian kebutuhan pelanggan

CRM customer service

Adanya sales tracking system yang menginput data pelanggan secara real time, berpengaruh pada cepatnya pelayanan lanjutan untuk menghubungi pelanggan tersebut. Pasalnya, jika terlalu lama menghubungi pelanggan maka kemungkinan pelanggan membatalkan order lebih besar karena pelanggan merasa jenuh.

Dengan adanya sales tracking system, data pelanggan yang terinput dapat segera ditindaklanjuti sehingga akan memberikan kesan positif dan kenyamanan pelanggan. Di sisi lain, CRM mampu menyajikan informasi pelanggan dan dapat dianalisa kebutuhan mereka. Aktivitas dan riwayat penjualan terhadap pelanggan pun tercatan dengan rapi.

Tim lapangan menjadi lebih mudah mencari data pelanggan yang dibutuhkan di suatu lokasi. Jika suatu saat tertentu mereka membutuhkan informasi tentang pelanggan, maka tim lapangan dengan mudah mencarinya.

Tentunya penyesuaian kebutubuhan pelanggan ini mampu meningkatkan penjualan perusahaan. Tim lapangan dapat menawarakan jasa atau produk sesuai keinginanan pelanggan. Pelanggan yang merasa mendapatkan solusi dari kebutuhan mereka, lebih tinggi potensinya untuk membeli atau melakukan kerja sama dengan perusahaan Anda.

CRM terbaik

6. Mampu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

Dari banyaknya CRM yang ada, pilihlah CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. CRM yang mudah diaplikasikan, seperti CRM Barantum, menjadi solusi tepat bagi permasalahan tim lapangan Anda.

Rekomendasi Artikel

  1. 10 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia 2022
  2. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
  3. CRM Omnichannel: Pengertian dan Keunggulannya
  4. Software Omnichannel: Kelebihan dan Kekurangannya
  5. Penilaian Sales Lapangan yang Adil dan Tepat dengan CRM
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".