Apa Itu CRM Omnichannel?

Benarkan CRM omnichannel memiliki keunggulan yang dapat membantu bisnis Anda?

Komunikasi yang baik dengan customer adalah salah satu fondasi penting dalam menjalankan bisnis. Apalagi di jaman digital ini, hampir seluruh bisnis menggunakan berbagai channel dalam berinteraksi dengan customer mereka. Apapun channel yang customer gunakan, mereka pastinya mengharapkan layanan terbaik dari pemilik bisnis atau staf layanan customer (customer service).

Memiliki beberapa channel komunikasi  dalam berinteraksi tentu tidak mudah. Anda harus cepat tanggap dalam melayani customer dari sebuah channel. Namun pada waktu yang sama, customer dari channel lainnya ingin berkomunikasi dengan Anda. Tentu, keadaan ini mengharuskan Anda berpindah dari satu channel ke channel lainnya.

Hal ini pastinya menghabiskan waktu Anda dan merepotkan. Bisa saja ada customer yang terlewatkan sehingga mereka merasa kesal karena lama menunggu respon Anda. Alhasil, bisa saja customer tersebut beralih ke perusahaan lainnya, bahkan ke kompetitor Anda.

Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Solusi dari permasalahan ini adalah, Anda dapat mengintegrasikan berbagai channel ke aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Channel apapun yang Anda gunakan, entah itu layanan chat atau messenger dari media sosial.

Pengertian Omnichannel

Aplikasi omnichannel adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan seluruh saluran komunikasi terhadap pelanggan, baik secara online maupun offline dalam satu interface secara real time. Aplikasi ini hadir sebagai solusi atas berbagai platform yang pelanggan gunakan dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan layanan customer

Dengan berbagai manfaat aplikasi omnichannelyang ada dan melihat semakin sengitnya persaingan antarbisnis, Anda harus memiliki aplikasi ini karena:

  • Menghubungkan berbagai saluran penjualan dan pemasaran baik online maupun offline ke dalam platform terpadu.
  • Meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan.
  • Mengumpulkan data akurat dan real time sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
  • Membantu bisnis memahami karakteristik dan kebutuhan customer.
  • Membangun customer experience atau pengalaman customer yang baik.
  • Mendorong traffic dan meningkatkan penjualan.

Cara Kerja Aplikasi Omnichannel

Strategi omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan semua channel bisnis Anda yang berbeda. Contohnya: Seorang pemilik toko online pakaian menggunakan Instagram dan membuat akun bisnis instagram yang berisi foto-foto produk yang dijual di tokonya. Tidak hanya itu, ia juag menghubungkan akun Instagram dengan akun toko onlinen lainnya. Selanjutnya, ada customer mengunjungi akun pemilik toko tersebut.

Customer melihat baju yang menarik di akun itu, tapi di postingan tersebut hanya ada sedikit informasi mengenai pakaian yang diinginkannya. Namun, dengan aplikasi omnichannel, customer bisa langsung membuka website toko online dan melihat secara detail produk tas yang diimpikannya. Termasuk stok yang ada pada toko tersebut.

Setelah merasa cocok dengan spesifikasi barang dan harganya, customer melakukan transaksi pembelian. Sehingga dengan aplikasi omnichannel, customer bisa dipermudah untuk mengetahui berbagai informasi tentang produk yang diinginkan dari satu channel ke channel lain.

Lalu, apa keuntungan bagi penjual?

Bagi pemilik toko online, adanya aplikasi omnichannel membuat ia dapat langsung mengetahui produk apa yang akan dibeli oleh pembeli. Pemilik toko juga bisa mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan oleh pembeli sebelum mengunjungi toko dan memutuskan untuk membeli. Dalam hal ini, aplikasi omnichannel dapat mengumpulkan data customer kepada pemilik toko.

Tidak hanya itu, aplikasi omnichannel mampu mengintegrasi layananan komunikasi dalam satu platfrom. Jadi, jika ada pertanyaan atau keluhan dari customer bisa direspons dengan cepat tanpa harus repot membuka seluruh aplikasi akun bisnis.

Keunggulan CRM Omnichannel

1. Menjangkau banyak pelanggan

Aplikasi omnichannel menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

Dengan adanya sistem ini, staf Anda lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Di sisi lainnya, aplikasi omnichannel membantu staf Anda untuk melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu kali klik. Data informasi pelanggan akan tersimpan rapi dalam sistem. Jadi, staf Anda yang ingin melakukan penawaran hanya tinggal melihat kontak yang sudah tersimpan dalam sistem.

CRM omzet

Misalnya, staf Anda ingin melakukan broadcast promosi kepada pelanggan. Staf Anda tidak perlu mengirim satu per satu email atau pesan broadcast pada pelanggan. Tentu hal itu memakan waktu yang lama.

Anda pun tidak perlu khawatir broadcast tidak terkirim. Sistem CRM memastikan broadcast masuk ke dalam kontak pesan pelanggan.

2. Kepuasaan pelanggan meningkat

Perusahaan Anda menjadi solusi kebutuhan pelanggan. Pelanggan pun merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Tentu saja kepuasaan pelanggan menjadi hal penting. Dengan pelanggan yang puas, menaikkan potensi pemesanan ulang di perusahaan Anda. Tingkat kepercayaan pelanggan pun meningkat.

Secara garis besar, sistem ini membantu staf Anda untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan. Tiap pelanggan berharap pelayanan terbaik dari perusahaan. Dengan sistem ini, Anda bisa mewujudkan harapan pelanggan tersebut.

CRM omnichannel

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan

Kini Anda tahu bisa meningkatkan puasaan pelanggan dengan aplikasi omnichannel. Perusahaan Anda telah naik satu level untuk meraih kenaikan omzet.

Kenapa? Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.

Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Pelanggan merekomendasikan perusahaan Anda ke temannya. Temannya tertarik dan mencoba memesan di perusahaan Anda. Orang tersebut juga merasa puas terhadap pelayanan di perusahaan Anda dan merekomendasikan lagi ke orang lain.

Dengan menggunakan aplikasi omnichannel, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Kemudahan aplikasi omnichannel meningkatkan efisiensi kerja staf Anda. Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama. Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.

Dapatkan Aplikasi Omnichannel Terbaik untuk Bisnis Anda

Anda perlu memilih aplikasi omnichannel yang tepat untuk bisnis perlu Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai aplikasi omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit. Salah satu aplikasi CRM omnichannel terbaik yang bisa Anda dapatkan, yaitu dari Barantum CRM omnichannel.

Keunggulan Barantum CRM Omnichannel

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada aplikasi Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, aplikasi omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi.

Anda bisa mendapatkan beragam kemudahan tersebut dari Barantum. Dengan begitu, pekerjaan bisnis Anda lebih cepat, efisien, dan dan cerdas. Anda pun dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan aplikasi omnichannel.

Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dari DI SINI.

CRM omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. 7 Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Terbaik 2022
  2. Cara Mudah Personalisasi Customer dengan Aplikasi Omnichannel
  3. Cara Buat Strategi Konten Menarik dengan Aplikasi Omnichannel
  4. Atasi Kesalahanan Strategi Marketing dengan Software Omnichannel
  5. Maksimalkan Penjualan dengan Strategi Marketing Software Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments