Apa itu WhatsApp blast?

Apa manfaat WhatsApp blast untuk bisnis Anda? Yuk, simak jawabannya di dalam artikel ini.

Sejak kehadirannya, WhatsApp Business telah menjadi andalan para pebisnis dalam memasarkan dan menjual produk. Dengan berbagai fiturnya yang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis, aplikasi ini membuat pebisnis dengan mudah menjangkau pelanggannya. Baik itu dari segi komunikasi, maupun aktivitas penjualan.

Begitu pula dengan pelanggan. Mereka tidak perlu mengirimkan email atau menghubungi customer service untuk menyampaikan kebutuhan mereka. Cukup dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, permintaan mereka akan tersampaikan ke bisnis secara mudah, langsung, dan gratis.

Dari sekian banyaknya fitur aplikasi ini, salah satu fitur yang pebisnis sukai adalah WhatsApp blast. Fitur ini merupakan fitur Whatsapp Business API yang memungkinkan Anda mengirim pesan massal secara bersamaan. Anda bisa mengirim pesan tersebut tanpa harus menyimpan nomor pengguna di kontak. Fitur ini tentu menjadi cara yang sangat efektif dan efisien bagi bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus. Berikut manfaat WhatsApp blast yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat WhatsApp blast Untuk Bisnis

Cara untuk memasarkan produk Anda secara lebih luas dengan menjangkau lebih banyak target pasar adalah dengan menggunakan WhatsApp blast. Salah satu fitur dari WhatsApp dengan menggunakan pihak ketiga ini memberikan kebebasan kepada Anda untuk mengirim sebuah pesan tanpa batasan jumlah penerima.

Bahkan pesan tersebut akan sampai ke penerima yang tidak menyimpan nomor WhatsApp Anda sekalipun. Sehingga, pemasaran produk Anda tersebar lebih luas dan ini berpeluang menjaring lebih banyak pelanggan potensial.

1. Mengirim pesan blast ke banyak kontak

Fungsi utama dari fitur Whatsapp blast yaitu memungkinkan Anda untuk mengirim pesan kepada pengguna tanpa batas. Pengiriman pesan secara massal ke banyak pelanggan memungkinkan bisnis Anda memiliki penetrasi yang lebih cepat dibandingkan bisnis yang tidak menggunakan fitur ini.

2. Personalisasi pesan

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini adalah pesan yang dapat dipersonalisasi dengan menyebut nama kontak. Hal ini akan meninggalkan kesan yang lebih akrab dengan penerima. Anda bisa personalisasi pesan sedemikian rupa dengan teks, emoji, atau bahkan grafik file.

3. Menjelajahi target pasar baru

Keuntungan lain yang sangat bagus dari fitur ini yaitu memungkinkan Anda untuk menyebarkan pesan ke target pasar baru atau yang belum dikenal. Misalnya, Anda bisa menyebarkan teks dan gambar sebagai selebaran ke kontak yang tidak dikenal. Tingkatkan kesadaran pengguna terhadap bisnis Anda dengan read-rate 90% pada pesan Whatsapp yang Anda kirimkan.

4. Mendapat feedback langsung dari pelanggan

Kontribusi utama dari Whatsapp blast adalah membantu bisnis Anda membentuk ikatan yang kuat dengan pelanggan. Bisnis yang sering berinteraksi dengan pelanggan melalui Whatsapp memberikan image yang lebih baik. Hal ini akan memberikan wawasan bisnis yang mendalam tentang bisnis Anda kepada pelanggan, yang akhirnya akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

5. Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Keterlibatan pelanggan meningkat karena aplikasi memungkinkan untuk menjangkau audiens yang luas secara personal.

6. Brand positioning

Dengan semakin besar basis pelanggan, ini artinya Anda juga meningkatkan brand positioning di pasar. Sebab, sekarang produk Anda lebih menonjol dan dikenal masyarakat. Brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengenalkan perusahaan lebih dekat kepada konsumen. Sehingga bisnis tersebut tertanam dalam benak konsumen atau pelanggan.

7. Kirim katalog/eBook/brosur

Aplikasi ini membantu bisnis untuk berkomunikasi secara efisien ke pelanggan. Termasuk menginformasikan tentang program, event, brosur, aktivitas, e-book, dan lainnya.

8. Membangun tim

Aplikasi WhatsApp blast bisa Anda gunakan untuk menciptakan dan memotivasi tim yang kuat, interaktif, dan selalu memunculkan ide-ide baru. Hal ini penting untuk start up atau bisnis rintisan yang baru dibangun.

Fitur WhatsApp blast

WhatsApp blast bukanlah fitur bawaan dari WhatsApp. Pasalnya, WhatsApp merupakan fitur buatan pihak ketiga. Meski demikian, fitur  WhatsApp blast bisa nyatanya lebih unggul dari WhatsApp broadcast. Anda masih tetap bisa menyebarkan pesan sekalipun si penerima tidak menyimpan nomor Anda dalam kontak mereka. Hal ini merupakan salah satu keunggulan yang WhatsApp blast miliki.

Keunggulan lainnya yakni jumlah penerima pesan yang dikirimkan juga tidak dibatasi. Anda bahkan bisa mengirimkan hingga ribuan pesan sekaligus. Aplikasi ini nantinya juga bisa membuat Anda mengatur tingkat konektivitas pesan hingga waktu tunda sesuai kebutuhan. Fitur ini tentu menjadi cara yang sangat efektif dan efisien bagi bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

WhatsApp Business API untuk Strategi Marketing Bisnis Anda

Beragam fitur WA Business API yang bisa Anda dapatkan, selain auto reply:

1. Centang hijau

centang hijau whatsapp

Centang hijau atau verified bedge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.

2. WhatsApp multi user

multi user whatsapp

Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.

3. Alokasi agent

alokasi agen

Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

4. Terintegrasi Barantum CRM

terintegrasi CRM barantum

Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.

5. Broadcast chat

broadcast chat whatsapp

Mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu.

6. Office hours

office hour

Respons informasi pesan yang masuk di luar jam kerja untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tidak mengabaikannya.

7. Teritegrasi dengan banyak saluran komunikasi

terintegrasi dengan banyak channel

Terima dan respons pesan dari semua aplikasi pesan dan sosial media dalam satu halaman.

intgrasi whatsapp barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Praktis dan Efektif Promosi di Broadcast WhatsApp
  2. Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!
  3. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  4. Simak Cara WhatsApp Business API Meningkatkan Layanan Pelanggan
  5. Apa Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".