10 Strategi Marketing dengan WhatsApp Business

Whatsapp marketing memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan karena lebih dari setengah pengguna Whatsapp memeriksa aplikasi tersebut setiap harinya. Jika Anda melakukan penawaran produk melalui Whatsapp, kesempatan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda tentu jauh besar. Bagaimana strategi marketing WhatsApp yang bisa Anda lakukan?

Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.

Pengertian WhatsApp Marketing

Whatsapp marketing adalah peluang emas untuk memperkuat mereka Anda dan membangun hubungan yang kuat dalam jangka panjang dengan pelanggan. Untuk mencapai hasil terbaik perkuat strategi pemasaran Anda dengan promosi campaign yang sesuai.

Whatsapp marketing adalah jenis pemasaran dan promosi yang dilakukan melalui aplikasi Whatsapp. Platform ini membantu merek menjangkau banyak audiens, membangun hubungan yang kuat, dan meningkatkan penjualan.

Whatsapp marketing memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan karena lebih dari setengah pengguna Whatsapp memeriksa aplikasi tersebut setiap harinya. Jika Anda melakukan penawaran produk melalui Whatsapp, kesempatan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda tentu jauh besar.

Mengapa Perlu WhatsApp Marketing?

Hal ini terkait dengan mudahnya mengirimkan pesan sekaligus ke banyak orang dalam satu waktu. Anda cukup membuat satu template promosi yang bisa langsung Anda kirimkan ke beberapa orang asalkan kontak mereka sudah terdaftar di phonebook Anda. Pesan tersebut bisa berupa kabar adanya promo produk terbaru, manfaat menggunakan produk Anda, bonus pembelian dengan jangka waktu terbatas, dan masih banyak lagi model promosi yang bisa Anda lakukan.

Peran WhatsApp Dalam Bisnis

Peran sosial media memang sangat menguntungkan apabila digunakan untuk pemasaran. Saat ini, pemasaran melalui media sosial memang cukup efektif membantu strategi pemasaran untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Namun, yang harus menjadi perhatian, setiap media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing.

1. Improvisasi sistem pengiriman

Dengan mendapatkan koordinat yang tepat dari lokasi pengiriman, maka dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilih rute terpendek untuk mengoptimalkan biaya operasional.

2. Lebih dekat dengan para customer

Dengan pesan WhatsApp yang mudah digunakan, para pebisnis dapat menjangkau pelanggan lebih cepat dengan cara yang efisien.

3. Membuat grup untuk mendorong pemasaran lebih mudah

WhatsApp memungkinkan para penggunanya untuk membentuk sebuah kelompok yang beranggotakan hingga 100 orang. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk tetap terhubung dengan basis pelanggan, hal ini dapat mendorong pemasaran.

Strategi Marketing Dengan WhatsApp Business

1. Mengumpulkan kontak pelanggan

Kunci utama memasarkan produk melalui WhatsApp Marketing yaitu dengan mengumpulkan kontak dari calon pelanggan. Kontak pelanggan tersebut bisa didapatkan melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.

2. Fokus ke target pasar

Cara WhatsApp marketing pertama adalah mentukan target pasar yang ingin Anda sasar. Lalu, kelompokan target tersebut.

3. Kumpulkan informasi leads/prospek sebanyak-banyaknya

Informasi leads bisa Anda dapatkan melalui pameran, atau media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Informasi tersebut mengenai data identitas diri serta nomor yang bisa dihubungi.

4. Buat persona merek yang menarik untuk diri sendiri

Strategi penting untuk menggunakan Whatsapp marketing untuk bisnis Anda adalah mempromosikan bisnis Anda dengan menyesuaikan dan membuat persona merek yang menarik.

5. Membangun koneksi langsung dengan pelanggan

Mengkomunikasikan identitas produk Anda secara efektif dan mempromosikannya di media sosial tidak lagi hanya tentang posting dan iklan biasa. Keterlibatan dan komunikasi langsung sangat penting dalam strategi media sosial, termasuk WhatsApp.

6. Ciptakan konten berkualitas

Konten sangat berpengaruh buat bisnis. Oleh karena itu, wajib bagi bisnis yang ingin menawarkan produk di WA untuk membuat konten berkualitas.

7. Tawarkan konten yang relevan kepada pelanggan

Broadcast merupakan fitur untuk membagikan pesan ke beberapa orang sekaligus. Pesan broadcast ini dapat berupa informasi dan promosi produk yang akan dijual. Membagikan pesan ini perlu dilakukan secara rutin namun tidak harus setiap hari, misalnya dapat dilakukan selama 2 kali dalam seminggu.

8. Sediakan customer support

Sediakan customer support yang selalu siap selama 24 jam non stop. Hal ini untuk menjaga agar saat pelanggan bertanya bisa langsung dijawab oleh customer support.

9. Buat katalog produk

Katalog akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Gunakan Chatbot untuk membagikan katalog pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan dapat langsung memilih produk yang akan dibeli.

10. Konsisten

Dalam Whatsapp marketing, Anda wajib konsisten dalam berbagai hal, seperti konsisten mendapatkan kontak calon customer, konsisten melakukan broadcast, konsisten berjualan dengan promo yang menarik, serta penggunaan copywriting yang menarik dan unik.

WhatsApp Business API untuk Strategi Marketing Bisnis Anda

Beragam fitur WA Business API yang bisa Anda dapatkan, selain auto reply:

1. Centang hijau

centang hijau whatsapp

Centang hijau atau verified bedge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.

2. WhatsApp multi user

multi user whatsapp

Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.

3. Alokasi agent

alokasi agen

Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

4. Terintegrasi Barantum CRM

terintegrasi crm barantum

Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.

5. Broadcast chat

broadcast chat whatsapp

Mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu.

6. Office hours

office hour

Respons informasi pesan yang masuk di luar jam kerja untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tidak mengabaikannya.

7. Teritegrasi dengan banyak saluran komunikasi

terintegrasi dengan banyak channel

Terima dan respons pesan dari semua aplikasi pesan dan sosial media dalam satu halaman.

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. Cara Selalu Closing dengan WhatsApp Business API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments