Begini Strategi Marketing Menggunakan WhatsApp Business

WhatsApp marketing memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan karena lebih dari setengah pengguna WhatsApp memeriksa aplikasi tersebut setiap harinya. Jika Anda melakukan penawaran produk melalui WhatsApp, kesempatan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda tentu jauh besar. Bagaimana strategi marketing WhatsApp Business yang bisa Anda lakukan? Yuk, simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Apa Itu Strategi Marketing dengan WhatsApp Business?

Stretagi marketing dengan WhatsApp Business adalah strategi pemasaran dengan media WhatsApp Business untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis. Aplikasi ini mampu membantu bisnis dapat menjangkau banyak pelanggan, memperat hubungan antara bisnis dan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Dengan strategi ini, bisnis dapat menghemat biaya pengeluaran dibandingkan saat bisnis menggunakan media promosi lainnya. Telebih jangkauan pelanggan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp menjadi lebih luas. Hal itu karena aplikasi ini menjadi aplikasi terpopuler yang digunakan di dunia, termasuk Indonesia.

Mengapa Perlu Terapkan Strategi Marketing dengan WhatsApp Business?

Bisnis perlu menerapkan strategi marketing dengan WhatsApp Business karena kemudahan fitur-fiturnya untuk menjalankan aktivitas bisnis. Misalnya, mudah mengirimkan pesan sekaligus ke banyak orang dalam satu waktu. Caranya cukup dengan membuat satu template dimana template tersebut dapat dikirimkan ke banyak kontak sekaligus. Hal ini dapat dilakukan jika Anda meng-upgrade WhatsApp Business standar menjadi WhatsApp Business API (atau disebut dengan WABA). WABA ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Cara mendapatkan WhatsApp Business pun sangat mudah. Anda bisa mengeceknya pada artikel ini.

Bagaimana Strategi Marketing dengan WhatsApp Business API?

Berikut berbagai cara strategi marketing dengan WhatsApp Business API yang bisa Anda terapkan dalam bisnis, seperti:

1. Membuat Daftar Broadcast

Strategi pertama, membuat daftar kontak pelanggan berdasarkan minat dan kebutuhan. Kontak juga bisa dibedakan berdasarkan pelanggan baru, lama, dan pelanggan loyalitas. Dengan membuat daftar kontak pelanggan ini, Anda bisa mengirimkan Broadcast WhatsApp yang disesuaikan dengan promosi bisnis secara massal. Jadi, potensi penjualan lebih meningkat karena pesan dikirim sesuai target sasaran.

2. Dapatkan Umpan Balik

Cara kedua, mempertimbangkan untuk mengirim pertanyaan ke kontak pelanggan Anda melalui WhatsApp. Dengan mengirimkan pertanyaan ke pelanggan, Anda dapat melihat umpan balik yang valid dari mereka. Saat Anda menerima umpan balik, Anda dapat langsung menanggapi permintaan mereka di dalam aplikasi dan meningkatkan produk atau layanan bisnis.

3. Menawarkan Layanan Pelanggan Melalui WhatsApp

Cara lainnya, yaitu dengan memberikan layanan pelanggan via WhatsApp. Sebagai aplikasi terpopuler yang digunakan oleh masyarakat dapat memudakan pelanggan dalam berinteraksi dengan bisnis.

4. Personalisasi Pesan

Cara selanjutnya adalah membuat pesan dipersonalisasi. Pesan yang dipersonalisasi ini penting karena pelanggan Anda akan merasa bisnis mengenali mereka dan mereka merasa dihargai. Kedekatan personal yang terjalin akan membuat hubungan pelanggan dan bisnis semakin erat. Sehingga potensi pelanggan menjadi pelanggan potensial pun meningkat. Dan, untuk memudahkan Anda mengirim pesan dipersonalisasi, Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Blast. Pada fitur WhatsApp Blast, Anda dapat mengirimkan pesan secara massal dengan menyebutkan nama pelanggan berdasarkan nama kontak yang Anda simpan.

5. Membuat Katalog Bisnis

Cara berikutnya, yaitu dengan menggunakan fitur Katalog. Fitur Katalog memungkinkan Anda memuat berbagai informasi produk dan jasa bisnis yang dapat langsung dilihat ketika pelanggan mengunjungi informasi akun WhatsApp Anda. Jadi, Anda tidak perlu menjelaskan satu per satu produk lagi ke tiap pelanggan. Pelanggan dapat langsung melihat katalog bisnis dan bertanya mengenai informasi lebih lanjut tentang produk yang mereka minati saja.

6. Menggunakan Fitur Story

Cara terakhir, yaitu menggunakan fitur story WhatsApp. WhatsApp pun memiliki fitur story yang mampu membuat penggunanya membagikan momen-momen atau hal yang ingin dibagikan pada kontaknya. Bagi pebisnis, kemampuan fitur story yang dapat berbagi informasi dan promosi produk/jasa bisnis di story WhatsApp.

Apa Saja Fitur WhatsApp Business API Yang Dapat Membantu Strategi Marketing Bisnis?

Berikut beragam fitur WhatsApp Business API yang mampu melancarkan strategi marketing bisnis:

1. Centang hijau

centang hijau whatsapp

Fitur pertama dari WhatsApp Business API, yaitu Centang hijau atau verified bedge. Fitur ini merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda. Dengan centang hijau WhatsApp, Anda mampu mendapatkan 100% kepercayaan pelanggan.

2. Multi-User

Fitur kedua dari WhatsApp Business API adalah Multi-User. Artinya, akun bisnis dapat diakses oleh banyak admin sekaligus di berbagai perangkat berbeda. Sehingga fitur Multi-User ini meningkatkan 89% agen dalam merespons pesan pelanggan.

3. Alokasi agent

alokasi agen

Fitur WhatsApp Business API selanjutnya ialah Alokasi Agent. Pada fitur dapat mengalokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis. Kemampuan fitur ini mampu menambah 43% efektivitas kinerja agen merespons pesan pelanggan.

4. Terintegrasi Barantum CRM

Fitur WhatsApp Business lainnya yang bisa Anda dapatkan, yaitu dapat terintegrasi CRM. Sehingga dapat membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan. Integrasi CRM ini pun mampu menambah 100% efisiensi agen dalam mendata ticket dan follow up pelanggan.

5. Chatbot

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari Barantum

Fitur WhatsApp Business API berikutnya, yaitu Chatbot. ChatBot atau Robot Chat ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.

chatbot whatsapp

6. Broadcast

Fitur WhatsApp Business kelima, yaitu fitur Broadcast. Dengan fitur ini agen mampu mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu. Sehingga fitur Broadcast mampu 43% memangkas waktu agen dalam mengirimkan pesan ke pelanggan.

7. Office hours

office hour

Fitur WhatsApp Business terakhir, yaitu Office Hour. Dengan fitur Office Hours memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal operasional bisnis dengan memunculkan status Online dan Offline.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Gunakan WhatsApp Business API Untuk Optimalkan Strategi Marketing!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. Cara Selalu Closing dengan WhatsApp Business API

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".