Ketahui Cara Meningkatkan Engagement

Bagi para pebisnis online istilah engagement sudah tidak asing lagi. Berbagai strategi dilakukan untuk meningkatkan engagement di akun bisnis mereka. Engagement sendiri adalah sebuah istilah di dunia bisnis dan marketing.
Dalam bisnis, engagement menjadi tolok ukur untuk mengetahui seberapa besar peminat pelanggan atau calon pelanggan Anda terhadap sebuah produk. Namun, marih engagement tinggi memang tidak bisa Anda tingkatkan dengan waktu yang singkat. Anda membutuhkan strategi dan juga riset yang mendalam agar angka keterlibatan pelanggan di media sosial Anda bisa meningkat pesat.

Pengertian Engagement 

Engagement adalah suatu indikator yang digunakan untuk bisa melihat tingkat keterlibatan para audiens terkait akun media bisnis online. Biasanya, pihak marketer harus meneliti beberapa aspek agar bisa menentukan jumlah akhir dari keterlibatan para pelanggannya, seperti jumlah share, followers, komentar, dan like. Indikator ini sekarang sudah menjadi suatu hal yang penting dalam kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Intinya, engagement adalah sebuah elemen yang berfungsi untuk mengukur tingkat popularitas akun media sosial perusahaan.

Cara Meningkatkan Engagement Akun Bisnis Anda

1. Analisis engagement secara rutin

Langkah pertama yang dilakukan, yaitu menganalisis engagement secara rutin. Catat semua aspek media sosialmu seperti jumlah follower, berapa banyak komentar dan share yang kamu dapatkan per post, serta elemen lainnya yang perlu diukur.

Selanjutnya, pastikan Anda untuk terus melacak secara teratur perkembangan elemen-elemen tersebut sehingga kamu bisa menentukan kekurangan dan kelebihannya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan analisis seberapa besar peningkatan engagement Anda per minggu atau per bulannya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Pejualan Produk dengan Manfaat Omnichannel

2. Ciptakan Konten yang Interaktif

Membangun konten yang interaktif adalah tips terakhir yang bisa Anda aplikasikan untuk meningkatkan engagement media sosial Anda. Seiring dengan berkembangnya waktu, para pelanggan tidak akan puas dengan konten yang hanya bersifat informatif saja.

Konten yang interaktif secara tidak langsung mengajak audiens Anda merespons konten yang Anda buat. Semakin banyak respons audiens Anda, semakin tinggi pula engagement-nya.

3. Tentukan strategi yang memadai

Tips berikutnya, yaitu menentukan strategi yang tepat. Tiap perusahaan memerlukan beberapa pilihan strategi yang nantinya dapat dievaluasi. Hal ini disebabkan karena tujuan bisnis setiap perusahaan berbeda. Strategi media sosial yang mereka terapkan pun pasti tidak serupa.

Anda bisa menerapkan berbagai strategi dalam membuat konten di media sosial. Anda pun bisa memperhatikan pukul berapa audiens Anda tinggi dalam melihat konten tersebut.

kepuasaan pelanggan customer monitoring

Keuntungan Omnichannel untuk Menaikkan Engagement

Omnichannel adalah sebuah platform yang memusatkan beberapa jenis saluran komunikasi menjadi satu dashboard secara ringkas dan mudah. Melalui platform ini, customer chat yang Anda miliki di beberapa saluran komunikasi dapat melayani pelanggan secara lebih mudah.

Kemudahan tersebut secara tidak langusng berpengaruh pada peningkatan engagement Anda, seperti:

1. Integrasi dari berbagai saluran komunikasi (channel)

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Tiap perusahaan memiliki berbagai channels untuk mempromosikan usahanya. Bisa dengan WhatsApp, Instagram, Facebook, ataupun Telegram. Kini Anda tidak perlu khawatir untuk menyatukan data di tiap channel perusahaan Anda. Aplikasi Omnichannel, seperti CRM Omnichannel Barantum, dapat mengintegrasikan berbagai channels ke dalam satu platfrom.

Tim sales tidak perlu susah-susah mencari data seorang pelanggan dan riwayat percakapan di berbagai channel. Semua data yang terinput menjadi satu kesatuan di dalam sistem Omnichannel memudahkan dalam mencari data pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Integrasi CRM Beserta Contohnya 

2. Akses real time

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Dengan strategi omnichannel, Anda dapat mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan dari saluran dan sistem yang berbeda. Anda dapat menganalisis perilaku pelanggan, minat, dan niat untuk desain kampanye yang lebih baik yang pada akhirnya akan mengarah pada tingkat konversi yang lebih tinggi.

Di samping itu, data yang ditampilkan dapat diakses secara real time. Dengan kata lain, tiap staf mampu melihat tiap progress dan tahapan aktivitas komunikasi dengan pelanggan. Hal ini juga memungkinkan sales mampu membalas pesan dari pelanggan dengan cepat. Itu karena Omnichannel dengan CRM mengintegrasi seluruh saluran komunikasi ke dalam satu platfrom.

3. Mengatur Skala Konten

Masing-masing platform memiliki masing-masing skala ukuran konten. Skala pada Instagram tentu berbeda dengan Facebook, Whatsapp, dan platform lainnya. Untuk itu, dalam membuat satu konten, Anda harus menyiapkannya dengan berbagai skala platform yang digunakan.

Jika konten tidak dioptimalkan dengan benar untuk layar yang berbeda, Anda akan gagal pada rintangan pertama. Tujuan dari pengalaman omnichannel adalah untuk memungkinkan pelanggan Anda berinteraksi dengan merek Anda dengan mudah dan lancar, beralih di berbagai saluran sesuai pilihan mereka. Untuk itulah diperlukan penyesuaian konten.

4. Memahami pelanggan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menetapkan strategi apa pun adalah melakukan riset mendalam tentang pelanggan Anda untuk memahami mereka. Misalnya, generasi muda seperti Gen Z dan milenial  lebih suka menggunakan saluran online untuk berinteraksi dengan merek Anda, melalui media sosial dan situs web. Sebaliknya, generasi yang lebih tua seperti Gen X dan baby boomer lebih suka berbelanja di toko fisik dan situs web bermerek.

5. Kolaborasi antara sales dan chatbot

Ajari tim untuk memberikan dukungan pelanggan melalui saluran yang berbeda. Semakin awal Anda merencanakan, semakin mudah untuk membuat perubahan dan mengidentifikasi potensi masalah dalam prosesnya. Cara yang baik adalah memulai dari yang kecil dan kemudian memperhatikan perjalanan pelanggan di lebih banyak platform. Anda dapat menyelaraskan pengalaman di saluran utama Anda terlebih dahulu, lalu memperluas pengalaman ini ke berbagai platform pendukung.

Terdapat kemudahan lainnya dari omnichannel dalam komunikasi dengan pelanggan. Anda bisa memakai chatbot dalam akun Anda. Sehingga pelanggan Anda bisa mendapatkan informasi yang umum ditanyakan. Dengan begitu, respons balasann kepada pelanggan menjadi lebih cepat.

CRM Omnichannel Barantum, Solusi Tepat Dapatkan Sistem Omnichannel

WA CRM

Anda dapat mendapatkan omnichannel terbaik dari Barantum untuk meningkatkan engagement. Kedekatan perusahaan dan pelanggan pun dapat terjalin dengan baik. Anda bisa mendapatkan omnichannel CRM terbaik dari omnichannel CRM Barantum. Barantum siap membantu Anda menjalankan strategi bisnis Anda dengan sistem CRM seperti CRM Omnichaneel terbaik.

kepuasaan pelanggan customer monitoring

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".