10 Tips Membangun Hubungan Pelanggan Yang Loyal!

Menjaga hubungan pelanggan akan berdampak pada loyalitas pelanggan terhadap bisnis atau perusahaan Anda dan ini haruslah menjadi prioritas. Anda tidak bisa hanya mengandalkan kebutuhan pelanggan dan lagi bukan keinginan mereka untuk terus mencari kita.

Seberapa besar pun usaha Anda untuk menjual produk, bila tidak ada pelanggan yang tahu dan menyukai, tentu saja produk Anda akan menjadi sia-sia. Itulah mengapa menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal adalah sebuah keharusan bagi pebisnis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Membangun Hubungan Pelanggan?

Membangun hubungan pelanggan merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan. Sehingga berdampak pada peningkatan penjualan dan potensi bertambahnya pelanggan potensial bisnis.

Dengan membangun hubungan pelanggan, pebisnis tidak hanya memperoleh penjualan yang lebih besar. Melainkan perusahaan mampu berkembang lebih cepat, menambah kepercayaan produk atau jasa Anda, hingga pembelian berulang

Mengapa Harus Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan?

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sangatlah penting. Tingkat keberhasilan sebuah perusahaan diukur dari banyaknya pelanggan yang bersedia menggunakan produk atau jasa Anda.

Bayangkan, jika bisnis Anda tidak menjalani hubungan yang baik dengan pelanggan. Produk atau jasa Anda kemungkinan besar lamban berkembang dan kurang diketahui oleh masyarakat.

Berbeda halnya jika Anda menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Bisa saja pelanggan yang merasa puas terhadap pelayanan dan produk/jasa Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke teman-teman mereka. Dengan begitu, brand awareness perusahaan Anda pun semakin meningkat.

Bagaimana Cara Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Pelangan?

Beberapa tips jitu berikut dapat segera Anda terapkan untuk membina hubungan baik dan menciptakan pelanggan yang loyal. Berikut ini adalah 10 tips membangun pelanggan yang loyal:

1. Dapatkan kontak pelanggan

Salah satu cara yang paling mudah untuk terus terhubung dengan pelanggan adalah melalui data kontak mereka, baik nomor telepon ataupun email.

Cara yang Anda bisa lakukan untuk mendapatkan kontak pelanggan beraneka ragam. Cara yang paling efektif, yaitu menyediakan kolom register pada website perusahaan Anda. Anda juga bisa meminta pelanggan mengisikan data diri mereka ketika datang dan membeli barang di toko. Lalu, sampaikan kepada pelanggan bahwa ini diperlukan untuk melakukan update produk atau memberikan infromasi bila ada promo potongan harga.

Data pelanggan sebaiknya dikumpulkan dalam satu sistem, seperti sistem CRM yang akan memuat seluruh kolom data pelanggan sehingga Anda dapat dengan mudah segera menutup penjualan dan meminta testimonial mereka.

Seluruh riwayat interaksi dengan pelanggan akan terekam dalam software CRM. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk menganalisa tingkat kepuasan pelanggan dan memberikan promo yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Sehingga akan membentuk hubungan pelanggan yang lebih baik lagi dan memperbesar kemungkinan menjadi pelanggan loyalitas.

optimalisasi database CRM
kumpulkan data pelanggan melalui website optimalkan database CRM anda

2. Meminta umpan balik dari pelanggan

Anda tidak akan bisa mengetahui apa yang pelanggan sukai dan tidak dari produk atau jasa bisnis. Tak hanya itu, ANda tidak bisa mengetahui bagaimana perasaan mereka tentang layanan bisnis jika tidak menggali informasi tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahuinya? Salah satunya, setiap kali ada pelanggan yang datang, cobalah minta mereka untuk memberikan umpan balik. Misalnya, dengan mengisi kuesioner atau survey online di website maupun email yang kita kirimkan.

Ingat, seluruh feed back dari pelanggan harus tetap termonitor dan disimpan ke dalam satu sistem agar Anda bisa melacak dan menganalisa hasilnya dengan baik. Feed back pelanggan adalah sebuah bahan pembelajaran bagi kita untuk bisa meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan kita kepada pelanggan.

maksimalkan hubungan pelanggan dengan feed back

3. Jalin kedekatan dengan pelanggan

Salah satu cara menciptakan loyalitas pelanggan adalah dengan mendekatkan diri kepada pelanggan. Contohnya, berbicara dengan pelanggan ketika melayani mereka berbelanja di toko kita ataupun menanyakan kabar mengenai bisnis pelanggan melalui telepon atau pesan.

Setelah itu, Anda bisa bertanya mengenai pengalaman mereka menggunakan produk atau jasa bisnis Anda. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui alasan yang membuat mereka mau memilih dan datang ke tempat kita.

Informasi itu dapat digunakan untuk menciptakan sebuah kampanye pemasaran di masa depan. Di sisi lain, hal tersebut akan membuat pelanggan jauh lebih senang karena Anda mau meluangkan waktu mendengarkan pendapat mereka.

Untuk melakukan ini, Anda harus membuat proses penjualan Anda lebih ramping lagi dengan melakukan transformasi digital pada proses penjualan Anda. Sehingga tim penjualan Anda tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengisi hal hal adminstratif, tapi bisa fokus untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

4. Mengatasi masalah

Akan ada saat dimana kita berhadapan dengan masalah. Alih-alih berusaha untuk mengatasi dan memperbaiki masalah tersebut, kita pun harus siap dengan membuat sebuah antisipasi.

Misalnya, ketika akan terjadi sebuah maintenance di sebuah server, maka perusahaan web hosting bisa mengirimkan pemberitahuan melalui email ataupun pesan terlebih dahulu kepada pelanggan. Sehingga pelanggan tidak merasa kecewa ketika tiba-tiba mengalami hal-hal yang tidak mereka inginkan. Di sisi lain, pelanggan merasa lebih dihargai.

5. Selalu menepati janji kepada pelanggan

Memiliki reputasi yang baik dari pelanggan adalah salah satu misi perusahaan. Kita harus bisa menjadi konsisten dan dapat diandalkan oleh pelanggan. Contohnya, saat kita berjanji kepada pelanggan untuk mengirim barang mereka dalam waktu 48 jam setelah pembelian, maka pastikan pengiriman barang tidak kurang dari 24 jam.

Dengan begitu, selain Anda menepati janji, Anda juga memberikan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan. Sehingga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda akan semakin meningkat.

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas agar menjaga janji selalu ditepati ke pelanggan, yaitu dengan sistem terpusat seperti Software CRM. Software CRM akan sangat membantu karena setiap komunikasi dengan pelanggan akan tercatat dengan baik. Jadwal janji dengan pelanggan pun dapat diatur dalam CRM sehingga tim sales tidak melewatkan janjinya kepada pelanggan.

6. Jadilah seorang ahli dan kuasai produk Anda

Tentu saja yang membuat pelanggan betah dengan Anda adalah karena pelayanan yang baik dan memuaskan dalam menawarkan ataupun menyelesaikan masalah mereka. Pelanggan yang bertanya tentang produk atau jasa bisnis Anda adalah mereka yang ingin tahu lebih jauh tentang apa yang kita tawarkan. Jadi, Anda harus membuat pelanggan percaya, baik mempercayai produk/jasa Anda maupun tingkat profesional bisnis Anda. Jangan lupa juga Anda harus bisa memastikan bahwa staf bisnis Anda memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

7. Kumpulkan dan gunakan testimonial dan bukti sosial

Cara lainnya untuk mendapatkan pelanggan yang loyal adalah dengan meminta testimonial pelanggan lama atau pelanggan setia Anda. Ini sangat efektif untuk membangun persepsi bagi pelanggan baru kita. Karena dengan begitu pelanggan baru bisa belajar tentang produk dan pengalaman pelanggan yang ada dari perusahaan.

Anda juga bisa memperlihatkan testimoni sebagai bukti sosial pada website dan sosial media perusahaan, beberapa di antaranya adalah:

  • Ahli: Sebuah statistik yang dimiliki oleh sumber yang dapat dipercaya.
  • Selebriti: Jika pelanggan Anda salah satunya adalah selebriti, wawancarai mereka dan minta pendapat mereka tentang bisnis Anda.
  • Pelanggan: Testimonial pelanggan yang ditampilkan di website mampu membantu pembentukan persepsi positif pada pelanggan baru.
  • Perayaan dan pengakuan orang banyak: Ini bisa kita lakukan ketika bisnis kita merayakan hari jadi dan meminta banyak orang untuk mengucapkan sesuatu kepada kita.
  • Keikutsertaan teman di media sosial. Undang teman-teman kita untuk menyukai dan memberikan postingan di akun sosial media bisnis kita.
testimoni meningkatkan loyalitas pelanggan
contoh testimoni untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

8. Komunitas mendekatkan pelanggan dengan kita

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekatkan diri dengan pelanggan. Salah satunya dengan ikut dan bersama-sama membangun sebuah komunitas bisnis Anda sendiri.

Komunitas adalah wadah yang membuat banyak orang bisa saling mengenal dan bahkan saling membantu. Namun, komunitas tidak selalu berbentuk offline, karena saat ini media sosial pun banyak yang menyediakan forum untuk berdiskusi dengan sesama anggota komunitas.

Komunitas adalah cara yang efektif untuk memulai percakapan dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk bertindak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya saja, Anda bisa meminta anggota komunitas untuk berbagi foto mereka ketika menggunakan produk Anda, dan menyebarkannya di Facebook, Twitter, Instagram, Tik Tok dan lain sebagainya. Anda bisa menawarkan insentif atau hadiah bagi yang mendapatkan like terbanyak dalam postingan tersebut.

9. Gunakan sistem CRM untuk manajemen hubungan pelanggan

Otomatisasi berguna karena dapat membantu kita menghemat waktu dan mempertahankan pelanggan dalam lingkaran bisnis Anda. Dengan menggunakan sistem yang dibuat khusus untuk manajemen hubungan pelanggan seperti CRM Barantum. Anda dapat mengotomatiskan proses bisnis Anda, dan seluruh data pelanggan Anda akan terorganisasi dengan baik. Sehingga Anda dapat melayani penjualan dengan baik sekaligus menangani keluhan pelanggan dengan cepat.

Misalnya saja, kita bisa mengirimkan pelanggan baru panduan penggunaan melalui email setelah mereka membeli produk atau jasa kita. Hal ini tidak hanya menjawab pertanyaan mereka, tapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap produk Anda. Begitu juga dengan keluhan pelanggan, yang masuk melalui email, telepon, ataupun media sosial, Anda dapat segera meresponnya dengan cepat dan segera mengatasinya sehingga pelanggan Anda akan merasa terpuaskan dengan seluruh pengalamannya bersama Anda.

apa itu CRM
bangun loyalitas pelangan dengan aplikasi CRM

10. Tawarkan program loyalitas kepada Pelanggan

Dengan implementasi CRM, kita bisa mengklasifikasikan pelanggan yang setia dan membuat program lanjutan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan sehingga mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Jika kita sudah bisa mendapatkan pelanggan yang loyal dan setia, maka tentu saja yang terpenting adalah mempertahankannya. Salah satunya bisa dengan memberikan sebuah reward atau penghargaan kepada pelanggan, melalui sebuah program loyalti bagi pelanggan. Selain itu, reward juga bisa diberikan kepada pelanggan, melalui:

  • Penilaian dengan sistem poin: Pelanggan dengan poin tertinggi dalam sebuah program akan mendapatkan hadiah atau reward tertentu.
  • Menggunakan sistem bertingkat: Memberikan hadiah kecil dan meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu.
  • Membuat sebuah program pelanggan VIP dengan berbagai benefit bagi mereka yang menjadi member VIP.
  • Membuat program yang bermanfaat bagi nilai-nilai pelanggan: Hal ini diperlukan karena pelanggan tidak hanya peduli dengan imbalan berupa uang, tapi bentuk dukungan kita kepada setiap pengalaman mereka dengan kita.
  • Program loyalitas: Dengan memberikan reward atau gala diner bagi pelanggan – pelanggan yang loyal sehingga mereka dapat berkumpul bersama berbagi pengalaman bahkan melakukan networking untuk koneksi bisnis mereka. Ini akan membuat mereka semakin semangat dalam berhubungan bisnis dengan perusahaan Anda, karena mereka juga mendapatkan manfaat lebih dari sekedar produk yang mereka beli.

program loyalitas pelanggan

Bangun Hubungan Pelanggan Yang Loyal Sekarang!

Layanan pelanggan yang baik akan membantu menunjukkan kepada pelanggan, bahwa Anda peduli! Sebagai imbalannya pelanggan ini akan menjadi loyal dan membeli dari Anda berulang kali. Bangun hubungan dengan pelanggan Anda saat ini. Mereka akan terus menggunakan produk Anda dan merekomendasikan perusahaan Anda kepada teman dan keluarga. Pemasaran dari mulut ke mulut berjalan seiringan dengan loyalitas pelanggan.

Ketahuilah bahwa program loyalitas harus memungkinkan produk atau bisnis Anda untuk meningkatkan nilainya dan meningkatkan LTV ( Life Time Value ) pelanggan. Tidak semua program loyalitas menawarkan diskon. Beberapa perusahaan melibatkan pelanggannya melalui pengalaman eksklusif.

Bagun hubungan pelanggan yang baik dengan sistem yang dibuat khusus untuk memanajemen hubungan pelanggan yaitu sistem CRM. Anda bisa mencoba CRM Barantum untuk mengotomatiskan dan merampingkan proses bisnis Anda dan mengorganisasi data pelanggan Anda serta proses penjualan Anda dengan baik tanpa khawatir kehilangan data apabila terjadi turn over pada tenaga penjualan Anda.

CRM Barantum aplikasi CRM karya Anak Bangsa pertama di Indonesia dengan berbagai macam fitur untuk mendukung penjualan Anda dan integrasi dengan sistem call center Barantum ataupun aplikasi lainnya. Diskusikan kebutuhan atau pertanyaan Anda bersama pakar CRM kami sekarang.

customer service

Rekomendasi Artikel

    1. Jenis Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
    2. Contoh Penerapan CRM Dalam Sebuah Perusahaan
    3. Begini Peran Penting CRM Dalam Sebuah Perusahaan
    4. 7 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Terbaik Untuk Bisnis
    5. Implementasi CRM: Pengertian dan Proses Penerapannya

Dapatkan Sekarang!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".