Dari UMKM hingga enterprise, semua menggunakan CRM

Tak dapat Anda pungkiri bahwa keberadaan CRM saat ini merupakan kebutuhan bagi perusahaan. Baik untuk internal, maupun interaksi dengan pelanggan. Tak hanya untuk perusahaan menengah ke atas, CRM pun turut digunakan oleh bisnis kecil seperti UMKM contohnya. Dari skala bisnis kecil hingga besar, apapun jenis bisnisnya, CRM menjadi andalan mereka untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan pelanggan. Bagaimana tidak? Hal itu karena CRM memberikan manfaat sebagai berikut.

Manfaat CRM bagi setiap bisnis

  • Pelaporan dan analisis

Perangkat lunak CRM memungkinkan tim dengan mudah membuat, menyalin, membag

ikan, dan mengedit laporan serta menawarkan template untuk kasus yang lebih kompleks. Software ini juga memiliki platform analitik yang kuat yang memungkinkan analisis dan visualisasi data yang dapat dibagikan secara cloud dengan pihak lain dalam proyek.

  • Menjaring leads atau prospek

Menghasilkan prospek itu mudah dengan CRM. Ini menawarkan proses terpandu untuk mengidentifikasi target penjualan dan pemasaran, menganalisis aktivitas pelanggan online, impor data, dan mengelola pencapaian dan langkah-langkah proyek.

  • Meningkatkan produktivitas

Menggunakan CRM membuat seluruh proses penjualan menjadi lebih produktif. Ini membantu untuk membuat perkiraan penjualan lebih akurat dan memungkinkan perbandingan antara penjualan lama dan baru untuk membuat perubahan pada produk masa depan. Selain itu, komunikasi menjadi lebih efisien dengan pelacakan seluler dan berbagi data.

  • Mempersingkat siklus penjualan

CRM untuk tenaga penjualan memungkinkan memperpendek siklus penjualan dan menyederhanakannya dengan mengelompokkan prospek dan menyortir fungsionalitas.

  • Meningkatkan pendapatan

Bagaimana Anda meningkatkan pendapatan dengan CRM? Hal ini terwujud melalui peningkatan tingkat konversi penjualan, menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, memperkenalkan penjualan saran, dan memperluas basis pelanggan Anda melalui rujukan.

Baca juga: Tips Memilih CRM Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Bagaimana peran CRM dalan setiap jenis bisnis?

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, CRM bisa untuk jenis bisnis apapun. Ini berarti bahwa software ini dapat menyesuaikan kebutuhan tiap jenis bisnis. Dengan fitur-fitur canggihnya, CRM menjawab berbagai kebutuhan bisnis. Mari lihat contoh penerapan CRM untuk beberapa jenis bisnis.

Manufaktur/pabrik

Sistem CRM menawarkan berbagai fungsi berharga untuk mendukung kesuksesan manufaktur. Seperti sebuah pabrik bahan baku misalnya, akan difokuskan pada pembaruan dan peningkatan penjualan dan akan memiliki kontrak multi-fase untuk dilacak. Di sini CRM akan berfungsi sebagai alat kolaborasi antara penjualan, pemasaran, teknik, dan dukungan.

Produsen juga perlu menjalin hubungan dengan dealer dan jaringan distribusi. Akibatnya, produsen memerlukan sistem CRM yang kuat untuk merampingkan proses kutipan-ke-pesanan dan mengatur data mereka secara efektif seiring pertumbuhan jaringan dealer mereka.

CRM terbukti sangat bermanfaat bagi produsen ketika terintegrasi dengan sistem lain. Salah satu integrasi standar adalah antara CRM dan ERP (perencanaan sumber daya perusahaan).

Ini akan memberi Anda koordinasi yang lebih baik antara berbagai departemen dan tahapan yang terlibat dalam proses penjualan. Sistem terintegrasi juga dapat mengubah organisasi Anda menjadi perusahaan yang ramping. Misalnya, produsen dapat memanfaatkan data CRM untuk mengembangkan sistem tarik produksi yang menyelaraskan produksi dan inventaris dengan permintaan untuk memangkas pemborosan inventaris. 

Perusahaan B2B

Perusahaan bisnis-ke-bisnis (B2B) sering mengalami siklus penjualan yang kompleks. Bagaimanapun, klien mereka adalah bisnis yang memiliki kebutuhan dan proses kompleks mereka sendiri dan mencari produk atau layanan yang cenderung mahal dan disesuaikan. Ini menghasilkan siklus penjualan yang lebih lama, perhatian yang lebih besar pada layanan pelanggan, dan interaksi dengan banyak pembuat keputusan.

CRM akan menyederhanakan transaksi B2B, memanfaatkan alat manajemen data canggih untuk melacak prospek dan klien. Analisis prediktif dan fitur AI yang semakin canggih memungkinkan tim penjualan menentukan langkah terbaik berikutnya dalam siklus penjualan mereka dan metode optimal untuk mendekati setiap klien.

Selain itu, CRM mengotomatiskan proses penjualan untuk mempercepat transaksi tanpa mengorbankan kualitas data. Perangkat lunak CRM memberdayakan perusahaan B2B untuk memelihara data yang akurat dan tetap berada di puncak saluran penjualan mereka untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar.

Baca juga: Channel Marketing Terpopuler Untuk B2B dan B2C di Tahun 2022

Perusahaan Jasa Profesional

Di perusahaan jasa profesional, tidak ada yang lebih berharga daripada hubungan dengan klien dan rekan industri. Hubungan jangka panjang mendorong peluang penjualan baru.

Selain itu, klien setia Anda membangun reputasi perusahaan Anda dengan memberikan referensi bisnis dan menulis ulasan positif. Dengan hubungan ini yang membentuk inti bisnis Anda,  CRM berfungsi sebagai aset penting untuk sukses, tetapi harus mendukung kebutuhan unik Anda.

Katakanlah organisasi Anda, sebuah perusahaan jasa keuangan khusus, misalnya, tidak memiliki manajer penjualan atau akun resmi. Hubungan Anda sudah berlangsung lama, dan tidak ada fokus penjualan klasik. Sistem CRM akan diterapkan secara berbeda daripada di tempat dengan eksekutif akun khusus.

Di sini fokusnya adalah mengumpulkan dan mengatur data pelanggan Anda. Anda akan dapat melacak email, daftar kontak, acara mendatang, kehadiran sebelumnya, dan dokumen perencanaan. Laporan akan mencakup informasi tentang pelanggan dan prospek serta ringkasan aktivitas menurut segmen.

Selain itu, fitur analitik, perkiraan, dan AI yang paling canggih dari platform CRM akan memberdayakan pengguna untuk mempersonalisasi pengalaman klien guna mendorong loyalitas.

Industri kesehatan

Saat ini, bisnis di bidang perawatan kesehatan menggunakan sistem CRM mereka sebagai ‘toko serba ada’ untuk pengelolaan semua kebutuhan pasien. Mereka menggunakannya untuk mengatur janji dan jadwal, mengoordinasikan beberapa jenis perawatan simultan, dan bahkan untuk mengirim pengingat kepada pasien saat mereka akan melakukan kunjungan kesehatan preventif. Selain itu, data yang dihasilkan CRM layanan kesehatan digunakan untuk menyediakan solusi otomatisasi bertenaga AI yang benar-benar baru yang dapat melakukan segalanya. Mulai dari menangani pra-otorisasi asuransi yang kompleks hingga menjadwalkan staf untuk mengakomodasi arus masuk pasien. Singkatnya, teknologi merevolusi perawatan pasien sambil menurunkan biaya pada saat yang sama.

E-commerce

Jenis bisnis ini merupakan industri digital yang lebih mudah beradaptasi dengan teknologi. Misalnya, situs web B2C selalu mengumpulkan data pelanggan, jadi perubahan terbesar saat menggunakan CRM adalah bagaimana data itu dikelola dan digunakan. Saat ini, operasi e-commerce menggunakan platform CRM untuk menangani semuanya, mulai dari keterlibatan kembali pelanggan hingga pelaporan dan analitik di seluruh situs. Mereka juga mampu memberikan model segmentasi pelanggan yang canggih berdasarkan sejumlah besar titik data,  misalnya, mengidentifikasi Anda sebagai pengunjung situs bahkan jika Anda menutupi alamat IP Anda dalam upaya untuk tetap anonim. Selain itu, platform e-commerce sekarang menyertakan lebih banyak opsi otomatisasi daripada yang dapat ditemukan di hampir semua industri lainnya.

Bisnis seperti apakah yang membutuhkan CRM?

Bisnis apa pun dengan tim penjualan

Karena manajemen hubungan pelanggan dapat membantu tenaga penjualan mengidentifikasi berbagai tren dalam perilaku pelanggan mereka, ini dapat membantu mereka saat menjual produk, up-selling, atau cross-selling. Selain itu, perangkat lunak CRM memungkinkan tim penjualan untuk terus memperbarui catatan prospek untuk meningkatkan kemungkinan menutup transaksi.

Setiap bisnis yang menggunakan segala bentuk pemasaran

Saat menggunakan solusi CRM yang baik, perusahaan dapat menggunakan informasi penjualan dari catatan pelanggan untuk menyempurnakan kampanye pemasaran mereka. Statistik telah menunjukkan bahwa pemasaran bertarget jauh lebih menguntungkan daripada membanjiri kontak sebanyak mungkin dengan kampanye pemasaran. Melakukan hal ini tidak hanya membuang-buang uang, tetapi juga tidak efektif dan tidak efisien.

Setiap bisnis yang membuat faktur

Memiliki alat faktur bawaan dalam program perangkat lunak CRM yang digunakan setiap hari dapat mempercepat kualitas dan proses pembuatan faktur. Selain itu, hanya menggunakan satu program perangkat lunak untuk melakukan segala hal dalam bisnis dapat meningkatkan produktivitas secara dramatis. Tidak perlu lagi beralih antar aplikasi untuk menyelesaikan tugas – seluruh bisnis Anda dapat dikelola dari satu lokasi.

Setiap bisnis yang ingin menunjukkan kepada pelanggan mereka bahwa mereka adalah prioritas

Pelanggan ingin merasa seolah-olah mereka diinginkan, dan menggunakan CRM dapat melakukannya. Misalnya, bahkan jika pelanggan menelepon bisnis dan menghubungi departemen yang salah, orang yang mereka ajak bicara dapat menggunakan CRM mereka untuk menemukan detail pelanggan tersebut dan mentransfernya ke departemen yang benar dalam hitungan detik.

Ini meningkatkan kepuasan pelanggan dengan membantu mereka menyelesaikan masalah lebih cepat dan lebih lengkap. Hal ini mungkin tampak seperti sesuatu yang kecil untuk bisnis, tetapi ketika itu terjadi pada pelanggan, itu akan melekat pada mereka dan memberi mereka pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Bisnis apa pun yang ingin meningkatkan efisiensi

Hanya menggunakan satu solusi CRM menghemat banyak waktu setiap hari. Perangkat lunak CRM membantu Anda menjadi lebih efisien di berbagai bidang, baik dengan fungsionalitas klik untuk menelepon, manajemen proyek terintegrasi, catatan pelanggan dan prospek yang terperinci, otomatisasi pemasaran terintegrasi, dan penilaian prospek. CRM membantu bisnis dari semua ukuran untuk mengurangi biaya dan memaksimalkan basis data prospek mereka.

Baca juga: 10 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia 2022

Barantum CRM adalah pilihan tepat untuk bisnis Anda

Provider Aplikasi CRM Indonesia yang paling favorit dan paling mudah digunakan adalah Barantum CRM. CRM ini membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kinerja tim penjualan serta customer service dengan fitur lengkap dan didukung dengan teknologi terkini yaitu Omnichannel. Dapatkan sekarang aplikasinya dan dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".