Perbandingan CRM berbasis Cloud VS CRM Open Source (On-premise)

software call center cloud based

CRM Open Source vs Cloud CRM

 

Seiring perkembangan teknologi semakin banyak bisnis yang beralih dari solusi CRM yang diinstal secara lokal ke cloud. Dengan memanfaatkan manfaat yang diberikan melalui teknologi cloud. Teknologi ini dapat menghemat biaya dan meningkatkan keamanan serta aksesibilitas data mereka. Ini tidak jauh berbeda dengan cara orang menggunakan bank pada umumnya. Bank komersial menerima simpanan atas nama setiap klien, dan sebagai gantinya, menyediakan layanan mulai dari keamanan fisik dan digital, hingga kenyamanan aksesibilitas global melalui kartu debit dan ATM. Untuk setiap orang yang membangun rangkaian layanan dan keamanan yang sama untuk diri mereka sendiri akan membutuhkan biaya yang mahal, namun, bank dapat membebani setiap klien sejumlah kecil, dan sebagai gantinya memberikan layanan ini kepada penabung dengan sedikit atau tanpa biaya untuk masing-masing.

Demikian pula, Barantum CRM yang berbasis cloud membebankan biaya per pengguna yang kecil untuk akses ke perangkat lunak yang terus berkembang, cepat dan aman dengan uptime 99,9%, dukungan produk 24/5, dan sejumlah fasilitas lainnya.

(Sebelumnya Anda mungkin ingin mengetahui Apa itu CRM)

Perbedaan CRM On-premise vs CRM berbasis Cloud

 

CRM merupakan software sistem yang digunakan oleh hampir setiap perusahaan untuk Manajemen Hubungan Pelanggan. CRM juga membantu Anda menggapai pelanggan Anda dan membantu menjaga jalur penjualan yang sehat dengan memperbaharui status dari siklus penjualan Anda. Sementara perangkat lunak CRM itu sendiri dapat membuat proses Anda lebih mudah, namun untuk memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa menjadi tugas yang menakutkan. Proses memilih dan menerapkan CRM membutuhkan banyak penelitian, waktu, dan upaya. Sebelum kita mulai dengan apa yang harus Anda ingat saat memilih CRM yang cocok untuk perusahaan Anda, Anda perlu memahami dua kategori sistem CRM yang ada:

1: On-premise CRM– Jenis perangkat lunak CRM ini dilisensikan dan dibeli untuk setiap pengguna. Instalasi dan implementasi dilakukan di server perusahaan. Biasanya, pembelian dilakukan dalam satu kali transaksi dan selebihnya tinggal pakai, tetapi untuk modul tambahan, biaya tambahan harus diperlukan.

2: Cloud CRMCloud CRM bukan konsep baru hari ini. Berbeda dengan CRM On-premise, modul CRM tidak dibeli tetapi berlangganan dari server cloud atau server vendor. CRM jenis ini berbasis web dan aplikasi pada telepon seluler. Ini biasanya memiliki modul standar yang tersedia dan namun juga dapat ditingkatkan dari opsi harga yang tersedia.

crm untuk asuransi

CRM Cloud atau On-premise? Mana yang terbaik untuk Anda?

 

Meskipun ada banyak model baru yang ada, yang memberikan pengguna manfaat baik on-premise dan cloud, kita akan fokus pada kategori CRM yang disebutkan di atas. Cloud dan on-premise keduanya menguntungkan bagi perusahaan dengan cara yang unik. Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Langkah pertama dalam semua pengambilan keputusan adalah mengetahui dulu tujuan dan kebutuhan perusahaan Anda. Volume transaksi, alur kerja departemen, tujuan akhir dari perangkat lunak, dll. Mengidentifikasi kebutuhan Anda akan perangkat lunak membuat proses keputusan Anda lebih cepat dan lebih sederhana. Berikut ini penjelasan kelebihan dan kekurangan dari kedua model:

(Baca juga: Aplikasi Monitoring Pekerjaan untuk Sales Lapangan Berbasis Cloud)

Keamanan:
Keamanan data adalah salah satu faktor terpenting bagi perusahaan untuk diperhatikan. Ini adalah faktor yang tidak dapat dinegosiasikan dan sangat sensitif terutama untuk perusahaan-perusahaan besar yang terkenal, untuk menjalankan bisnis dengan lancar. CRM On-premise, diinstal pada server Anda. Jadi, Anda dapat mengontrol data dan dapat langsung ditangani ditempat oleh staff IT Anda jika ada masalah. Keamanan dan manajemen data sepenuhnya ada di tangan Anda. Sedangkan, Cloud CRM, karena solusinya ada di server virtual atau pihak ketiga, bukan di server Anda, keamanan data adalah tanggung jawab vendor yang menyediakan layanan CRM. Oleh karena itu, Anda harus bergantung pada penyedia layanan / vendor CRM. Meskipun saat ini bisa dibilang Cloud CRM menjadi favorit karena keamanan data yang terjamin ketimbang On-premise apabila ada kerusakan pada server atau bencana alam akan ada kemungkinan hilangnya data karena semua data di taruh di dalam server lokal kita.

Mobilitas:
Cloud CRM lebih fleksibel dengan aplikasi mobile daripada yang on-premise. Meskipun bisa dibuatkan CRM hibrid sehingga memungkinkan Anda mengakses sebagian data Anda dari jarak jauh, itu tidak akan cukup jika Anda ingin memiliki solusi CRM untuk seluler yang lengkap. Cloud CRM sangat cocok jika fokus Anda lebih pada mobilitas dan aksesibilitas data untuk penjualan, pemasaran, dan departemen lainnya.

Konfigurabilitas:
Mengkonfigurasi dan menyesuaikan perangkat lunak CRM Anda membantu menyesuaikan perangkat lunak dengan kebutuhan bisnis Anda. Cloud CRM tidak mendukung konfigurasi seperti itu karena pra-desain dan memiliki arsitektur standar dari vendor. Jika ada kebutuhan untuk konfigurasi dalam perangkat lunak, CRM di tempat adalah yang terbaik untuk Anda. Ini akan mendukung penyesuaian sesuai kebutuhan bisnis Anda. Namun disisi lain, Cloud CRM juga menyediakan fitur – fitur yang membuat Anda dapat mengkccnfigurasi field field sesuai kebutuhan dalam Bisnis Anda. (Anda juga bisa membaca : Contoh CRM  & Cara Kerja CRM )

Dukungan Divisi IT:
Cloud dan perangkat lunak CRM on-premise mendukung infrastruktur yang berbeda di mana CRM on-premise menyediakan kontrol data dan visibilitas yang sama kepada tim TI perusahaan. Biaya yang diperlukan untuk memiliki tim IT khusus cukup banyak. Di sisi lain, dalam perangkat lunak cloud CRM, Anda tidak membutuhkan tim TI khusus, seluruh pemeliharaan, training dan implementasi tinggal Anda serahkan kepada tim TI dari pihak penyedia layanan. Ini sangat menghemat biaya.

Skalabilitas:
Software sistem CRM berbasis Cloud memberikan skalabilitas, yang sesuai dengan pertumbuhan bisnis. Untuk startup, ini sangat cocok karena CRM tumbuh bersama perusahaan Anda dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang di awal. Sementara On-premise CRM, jika dibeli dari vendor lokal tidak akan memberikan skalabilitas dan arsitektur yang kaku menghabiskan banyak waktu untuk memperbarui. Sehubungan dengan pertumbuhan yang kemudian menghasilkan biaya lebih besar yang dikeluarkan hanya untuk memelihara perangkat lunak.

MASALAH-PADA-CRM-OPEN-SOURCE

Manfaat menggunakan Cloud CRM

 

Berikut ini manfaat menggunakan CRM berbasis Cloud :

Sangat Aman

 

  • Melawan Serangan Fisik
    Semua data pelanggan disimpan di gudang data yang aman, dengan keamanan 24 jam untuk melindungi dari serangan fisik.
  • Terhadap Kehilangan Data
    Dalam hal terjadi kegagalan perangkat keras, salinan data pelanggan yang berlebihan disimpan di tempat untuk pemulihan yang cepat.
  • Terhadap Intrusi Data & Intersepsi
    Semua data ditransfer dengan enkripsi tingkat tinggi untuk memastikan keamanan terhadap pengintaian, dengan tim operasi yang memantau aktivitas jaringan dan akses data untuk ancaman.

Selalu tersedia

 

Dapatkan akses tanpa gangguan ke data yang menggerakkan bisnis Anda di dunia yang serba cepat saat ini, baik dari seberang kantor di komputer lain, atau di seluruh dunia dari perangkat seluler. Itulah sebabnya Barantum CRM dapat diakses dari peramban dan perangkat seluler paling populer, dengan tim khusus yang bekerja sepanjang waktu untuk memastikan bahwa sistem selalu online, dengan dukungan 24/5 untuk memastikan bahwa data Anda selalu tersedia hanya dengan beberapa klik saja.

Dukungan 24/5 gratis

 

Tanpa bantuan dukungan tim TI atau konsultan CRM khusus, mencocokkan fungsi dan proses bisnis Anda ke CRM, dan menyiapkan semuanya, adalah kegiatan yang mengerikan. Serahkan pada pakar CRM kami, tersedia 24 jam sehari, 5 hari seminggu, untuk membantu Anda memaksimalkan sistem. Jika Anda pernah mengalami masalah, teknis atau lainnya, kami di sini untuk membantu.

Tanpa Perawatan, Performa Lebih Tinggi

 

  • Waktu pemuatan halaman cepat
  • Ketersediaan tinggi
  • Selalu terbarui
  • Tidak ada infrastruktur atau pemeliharaan

Ada banyak bagian yang bergerak dalam solusi CRM, dari perangkat lunak itu sendiri, ke sistem yang dihostingnya, ke perangkat keras tempat semuanya berjalan, hingga koneksi internet. Sistem CRM berbasis cloud menghilangkan kebutuhan untuk memiliki dan memelihara semua ini.

Biaya rendah

 

Secara komparatif, CRM on-premise jauh lebih mahal daripada Cloud CRM tetapi keduanya memiliki pro dan kontra masing-masing yang membantu perusahaan berjalan dengan lancar dan menghasilkan pertumbuhan yang efektif seiring dengan pertumbuhan perusahaan. Bagi mereka yang baru memulai dengan CRM, dapat memilih Cloud CRM untuk menghindari biaya yang besar dan juga dapat mengetahui lebih baik apa yang mereka inginkan di masa depan.

Coba cloud CRM Barantum Gratis selama 14 hari, kunjungi www.barantum.com dan mulai trial gratis Anda.

In this article

Join the Conversation

sixteen + one =