Apa itu Sales Advisor ?

Sales Advisor adalah seseorang yang memfasilitasi transaksi penjualan dengan memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk yang sesuai dan paling memenuhi kebutuhan mereka dan sekaligus mendorong pembelian. Sales Advisor menjelaskan fitur dan manfaat produk kepada pelanggan, membantu mereka menemukan produk tertentu dan memproses pembayaran pelanggan.

Apa saja Pekerjaan Sales Advisor

Deskripsi pekerjaan mereka mencakup penyediaan informasi produk, saran, dan bantuan kepada pelanggan dalam melakukan pembelian. Sales Advisor biasanya bekerja di perusahaan ritel atau di unit / divisi call center dari organisasi yang memproduksi barang elektronik, pakaian, atau bahan makanan.

Dalam melaksanakan tugasnya, sang Sales Advisor bertemu dan berinteraksi dengan pelanggan untuk mengidentifikasi persyaratan produk mereka dan untuk membantu mereka menemukan dan memilih produk yang sesuai.

Mereka bertugas melindungi dan meningkatkan citra/reputasi perusahaan, sehingga mereka menjalankan berbagai tanggung jawab untuk memastikan pelanggan selalu puas.

Sales Advisor juga harus berperilaku sopan dengan pelanggan untuk membangun hubungan kepercayaan yang baik dan untuk meningkatkan basis pelanggan.

Sebagai bagian dari deskripsi pekerjaan mereka, mereka juga menjaga area kerja yang bersih dan rapi;memastikan rak pajangan / etalase bebas debu dan dapat diakses. Seorang Sales Advisor juga perlu mengetahui dan memperhatikan jumlah ketersediaan stok barang.

Jika Kamu menjadi Sales Advisor, kamu juga harus memfasilitasi pesanan untuk pengiriman baru dan mengisi kembali barang-barang yang sudah habis. Kamu juga harus memonitor penerimaan dan penyimpanan produk baru serta merchandising barang yang tepat / placing di rak pajangan atau etalase.

Dalam memenuhi peran mereka, seorang Sales Advisor harus membantu pembeli yang bingung dalam mengidentifikasi pilihan produk; mereka memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan pelanggan atau solusi untuk masalah mereka.

Sales Advisor biasanya melakukan berbagai tugas administratif, di antaranya termasuk menangani panggilan pelanggan, mengirim email, dan memelihara basis data pelanggan yang akurat di dalam CRM.

Baca Juga : KPI Sales: 12 Metrik Pengukuran & Manfaatnya

Perbedaan Sales Advisor dengan Sales Associate

Sales Advisor adalah tenaga penjual yang memiliki wewenang untuk memberi nasihat tentang keuntungan membeli dan layanan purna jual produk; sedangkan Sales Associate adalah tenaga penjual yang menjawab pertanyaan pertanyaan dasar terkait harga dan masalah terkait lainnya.

Keduanya, baik itu advisor dan sales associate adalah tenaga penjualan yang bekerja di departemen penjualan dan pemasaran di perusahaan mana pun. Mereka ini juga berperan untuk menyarankan strategi pemasaran untuk meningkatkan margin keuntungan penjualan perusahaan. Perbedaan mendasar di antara peran mereka adalah, sales advisor memberi nasihat tentang keuntungan pembelian dan penjualan sebuah perusahaan; sementara, sales associate menjawab pertanyaan pertanyaan terkait nilai harga produk perusahaan.

Perbandingan Tugas

 Sales Advisor

Sales Associate

Peran Kerja

 Untuk menjelaskan tentang produk,  memberi saran yang tepat sesuai kebutuhan kepada pelanggan

 Untuk mengatasi pertanyaan yang terkait dengan produk apa pun. Utamanya tentang harga dan jenis/kategori produk

Bidang Utama

Penjualan dan Belanja

Merchandising / Barang – barang yang di jual / Etalase

Bisa juga di sebut sebagai retail salespersons, sales assistants, sales representatives

sales representative, account executive, account representative

Jadi baik itu sales advisor maupun sales associate adalah orang-orang penting bagi perusahaan; mereka sepenuhnya bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk. Peran seorang advisor adalah untuk memberi nasihat, tetapi peran seorang associate adalah untuk membawa hasil dari keuntungan dan penjualan produk. Dalam arti yang lebih luas, pekerjaan seorang sales associate jauh lebih berat daripada sebagai penasihat penjualan. Keduanya adalah karyawan penting untuk perusahaan mana pun, karena tanggung jawab dan pekerjaan mereka.

Contoh Deskripsi Pekerjaan Sales Advisor

Peran Sales Advisor melibatkan berbagai fungsi yang membantu pelanggan dengan saran kualitas atas pembelian mereka.

Contoh deskripsi pekerjaan yang ditunjukkan di bawah ini menyoroti tugas dan tanggung jawab utama yang sebagian besar dilakukan oleh Sales Advisor :

  • Mengawasi merchandising yang tepat dari stok di rak sesuai dengan jenis produk atau kriteria lainnya
  • Temui klien, buat penawaran penjualan dan bujuk mereka untuk melakukan pembelian
  • Membantu pelanggan dalam menemukan dan memilih produk yang paling memenuhi kebutuhan mereka
  • Menerima pesanan panggilan telepon dan memastikan reservasi atau pengiriman produk/layanan yang dipesan
  • Buat profil pelanggan kedalam CRM dan masukkan informasi yang relevan untuk memastikan database pelanggan terbaru
  • Pantau rak pajangan untuk memfasilitasi pengisian kembali barang-barang yang kehabisan stok
  • Mengawasi personel kebersihan dan memastikan lingkungan toko terpelihara dengan baik, bersih, dan teratur
  • Pertahankan saldo kas harian dan operasikan mesin kasir untuk memastikan akun yang akurat
  • Dengarkan keluhan pelanggan dan berikan solusi untuk mengatasi masalah atau tantangan mereka
  • Menjaga pengetahuan produk yang up-to-date sehingga mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan
  • Mengumpulkan pembayaran tunai dan memproses transaksi kartu kredit/debit untuk pembelian produk
  • Menetapkan dan mengimplementasikan rencana aksi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  • Mengkoordinasikan dan mengelola kegiatan personel penjualan untuk memastikan kepatuhan terhadap standar layanan pelanggan yang ditetapkan
  • Menangani panggilan masuk/keluar pelanggan serta meneruskan dan membalas email
  • Menerima pengiriman baru dan membuat penyisihan untuk penyimpanan kelebihan jumlah stok.

Contoh Persyaratan, Keterampilan, Kemampuan, dan Pengetahuan

Agar memenuhi syarat untuk bekerja sebagai sales advisor berikut adalah persyaratan umum pemberi kerja yang mungkin harus Anda penuhi:

  • Pendidikan dan Pelatihan : Untuk menjadi penasihat penjualan, Anda memerlukan minimal ijazah sekolah menengah atas (SMA) dan pengalaman beberapa tahun sebagai layanan pelanggan atau sales representative. Memiliki gelar Sarjana jurusan bisnis seperti pemasaran atau administrasi bisnis akan meningkatkan nilai Anda sehingga kesempatan diterima akan lebih besar.
  • Keahlian Komputer : Harus mahir dalam menggunakan sistem komputer untuk membuat dan memelihara basis data pelanggan yang up-to-date. Pernah menggunakan CRM atau memiliki sertifikasi CRM merupakan nilai lebih untuk kamu bisa di terima dan menawarkan gaji yang lebih tinggi.
  • Keterampilan Komunikasi : Mereka mampu berhubungan dengan pelanggan dan tenaga penjualan untuk mengkomunikasikan informasi yang berguna dalam memastikan pelanggan yang puas
  • Keterampilan Persuasif : Mahir meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian guna memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Baca juga Rahasia Menjadi Sales Super

Kesimpulan

Contoh deskripsi pekerjaan sales advisor yang kita bahas kali ini dalam artikel ini akan sangat berguna bagi teman – teman yang baru ingin bekerja atau ingin melamar pekerjaan. Ini juga akan berguna bagi pemberi kerja dalam membuat deskripsi kerja untuk menarik dan mempekerjakan kandidat terbaik untuk posisi tersebut, dan untuk menugaskan tugas kepada mereka.

Jika ini adalah karir yang Anda minati, artikel ini akan menjadi peganggan dan buku saku Anda untuk mempelajari tentang apa yang dilakukan penasihat penjualan, dan bersiaplah untuk tugas yang mungkin ditugaskan kepada Anda saat akhirnya dipekerjakan untuk peran tersebut.

Bila postingan ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari tugas dan tanggung jawab seorang sales advisor di bidang penjualan. Silakan tinggalkan komentar pendapat Anda tentang artikel ini di kotak di bawah ini. Dan jika Anda bekerja sebagai penasihat penjualan, Anda juga dapat berbagi aktivitas kerja sehari-hari Anda dengan pembaca lain. Sehingga kita bisa berdiskusi bersama tentang sales dalam kolom komentar dibawah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang