Definisi Ticketing dan Cara Kerjanya Untuk Membantu Operasional Bisnis

Apakah Anda pernah merasa kebingungan tentang bagaimana cara mengelola tiket pelanggan yang masuk ke bisnis Anda? Atau merasa bahwa proses menangani tiket pelanggan terasa tidak efisien dan memakan waktu yang terlalu lama? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui tentang ticketing.

Ticketing adalah salah satu fitur dalam sistem CRM yang digunakan oleh bisnis untuk mengelola tiket pelanggan yang masuk ke bisnis Anda. Dengan menggunakan ticketing, bisnis dapat lebih efisien dalam menangani permintaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, juga membantu bisnis dalam mengelola tiket pelanggan secara lebih efektif dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang ticketing, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Di dalam artikel ini, kami akan memberikan pengertian ticketing, menjelaskan manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan ticketing, serta menjelaskan cara kerja ticketing secara detail. Yuk, baca artikelnya sampai selesai ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Pengertian Ticketing?

Ticketing adalah salah satu fitur dalam CRM yang berfungsi untuk mengelola, menyimpan, dan memantau permintaan bantuan atau pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan atau pengguna layanan. Penggunaan ticketing ini membuat perusahaan dapat dengan mudah mengatur prioritas tiket sesuai dengan tingkat urgensi masalah yang dihadapi pelanggan. Selain itu, ticketing juga dapat menyimpan riwayat tiket pelanggan. Sehingga memudahkan agen Anda untuk melihat bagaimana cara penanganan kendalanya. Dengan begitu, dapat meningkatkan efisiensi dalam menangani masalah yang sama di kemudian hari.

Mengapa Penggunaan Ticketing Penting Untuk Bisnis?

Ticketing penting untuk bisnis karena membantu dalam mengelola dan mengatur interaksi dengan pelanggan. Ticketing adalah bagian dari sistem CRM yang membantu dalam mengelola tiket pelanggan yang masuk ke bisnis. Ini bisa meliputi tiket layanan pelanggan, tiket dukungan teknis, atau tiket lainnya yang terkait dengan pelanggan. Ini memungkinkan Anda untuk lebih efisien dalam menangani permintaan pelanggan. Sehingga Anda dapat meningkatkan kepuasan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selain itu, ticketing CRM juga membantu dalam mengumpulkan data pelanggan. Dengan menyimpan informasi tentang interaksi pelanggan, Anda dapat mengetahui kebutuhan pelanggan. Sehingga membantu dalam meningkatkan efisiensi bisnis dengan mengelola tiket secara terpusat. Dan, memungkinkan bisnis untuk mengikuti kemajuan tiket secara real-time.

Apa Manfaat Ticketing Untuk Bisnis?

Beberapa manfaat ticketing untuk bisnis, yaitu:

1. Efisiensi

Sistem ticketing membantu bisnis Anda dalam mengelola tiket atau voucher dengan lebih efisien, karena dapat mengelola banyak tiket secara bersamaan dan dengan cepat. Selain itu, sistem ticketing juga dapat membantu dalam mengelola keuangan perusahaan atau organisasi, seperti dengan mencatat transaksi tiket secara otomatis dan mempermudah proses pembayaran.

Dengan sistem ticketing, bisnis tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk mengelola tiket secara manual, seperti mencetak tiket secara fisik, mencatat transaksi tiket secara manual, atau mengirim tiket kepada pengguna melalui pos. Selain itu,  juga dapat membantu dalam mengelola tiket secara lebih terorganisasi, sehingga tidak ada kemungkinan tiket yang hilang atau salah gunakan.

Oleh karena itu, penggunaan sistem ticketing dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola tiket atau voucher.

2. Meningkatkan Penjualan

peningkatan penjualan. Sistem ticketing dapat membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan tiket atau voucher, karena memungkinkan pemesanan tiket secara online yang lebih mudah dan cepat. Pengguna dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja, sehingga tidak terbatas oleh waktu dan tempat.

Selain itu, sistem ticketing juga dapat memberikan informasi tentang promosi atau diskon tiket yang sedang berlaku, sehingga dapat meningkatkan minat pengguna untuk memesan tiket. Dengan demikian, sistem ticketing dapat meningkatkan jumlah tiket yang terjual, sehingga dapat meningkatkan pendapatan bisnis.

Selain itu, sistem ticketing juga dapat membantu bisnis dalam mengelola stok tiket dengan lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan penjualan tiket dengan cara menjual tiket sampai habis. Dengan demikian, sistem ticketing dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan penjualan tiket secara signifikan.

3. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sistem ticketing memberikan layanan pelayanan pelanggan yang lebih baik kepada pengguna, karena memudahkan pengguna untuk mengubah atau membatalkan tiket, atau mengajukan komplain terkait pelayanan yang tidak sesuai. Selain itu, sistem ticketing juga dapat membantu bisnis dalam mengelola keluhan atau pertanyaan pengguna secara lebih efektif, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna.

Pengguna dapat dengan mudah mengubah atau membatalkan tiket yang mereka miliki, atau mengajukan komplain terkait pelayanan yang tidak sesuai, sehingga dapat memberikan kepuasan yang lebih tinggi kepada pengguna. Dengan demikian, sistem ticketing dapat membantu bisnis dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna, sehingga dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan pengguna terhadap bisnis tersebut.

4. Mempermudah Menganalisis Data

Sistem ticketing dapat mengumpulkan data penting tentang pengguna, seperti jumlah tiket yang terjual, rute yang paling populer, dan lain-lain, yang dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan dan preferensi pengguna. Dengan demikian, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi pengguna, sehingga dapat memberikan tiket atau voucher yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dengan demikian, sistem ticketing dapat membantu bisnis dalam mengelola dan menganalisis data pengguna secara lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna terhadap bisnis Anda.

5. Keamanan Data Terjamin

Sistem ticketing dapat membantu dalam meningkatkan keamanan tiket atau voucher, seperti dengan menggunakan teknologi QR code atau menyimpan tiket secara digital, sehingga tidak mudah hilang atau dicuri. Selain itu, sistem ticketing juga dapat membantu dalam mengelola keamanan pembayaran, seperti dengan menggunakan sistem pembayaran online yang aman atau menyimpan data pembayaran secara terlindungi.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Cara Kerja Ticketing?

Berikut adalah cara kerja ticketing:

1. Pelanggan Mengirim Tiket

Pelanggan dapat mengirim tiket melalui beberapa cara, seperti mengirim email, mengisi formulir di situs web, atau menghubungi layanan pelanggan melalui telepon atau chat. Untuk mengirim tiket melalui formulir di situs web, pelanggan harus mengunjungi situs web perusahaan dan mengisi formulir yang tersedia. Sedangkan untuk menghubungi layanan pelanggan melalui telepon atau chat, pelanggan harus menghubungi nomor telepon atau menggunakan fitur chat yang tersedia di situs web perusahaan. 

2. Tiket Masuk Ke Sistem

Setelah tiket dikirim ke bisnis melalui email, formulir di situs web, atau telepon atau chat, tiket tersebut akan masuk ke sistem ticketing CRM. Di dalam sistem, tiket akan diberi nomor unik yang dapat digunakan untuk mengikuti kemajuan tiket tersebut. Nomor unik ini biasanya terdiri dari angka-angka acak yang ditambahkan ke tiket untuk mengidentifikasinya. Tiket juga akan diberi label atau kategori yang sesuai dengan masalah atau permintaan yang diajukan pelanggan.

3. Tiket ditugaskan ke agen

Setelah tiket masuk ke sistem ticketing CRM, ticket akan ditugaskan ke agen yang akan menangani tiket tersebut. Agen dapat menjadi staf layanan pelanggan, teknisi, atau orang lain yang terkait dengan tiket tersebut. Sistem akan menugaskan tiket ke agen yang sesuai berdasarkan kategori tiket atau kemampuan agen. Dalam kasus kedua, staf di layanan pelanggan akan membaca tiket dan menugaskannya ke agen yang sesuai.

4. Agen Menangani Tiket

Tindakan yang diambil oleh agen tergantung pada jenis tiket yang diterima. Jika tiket tersebut adalah tiket dukungan teknis, agen mungkin akan memperbaiki masalah teknis atau memberikan solusi alternatif untuk masalah tersebut. Selama proses menangani tiket, agen mungkin juga akan mengupdate status tiket tersebut di sistem ticketing CRM. Ini membantu dalam menyelesaikan tiket dengan cepat dan memastikan bahwa pelanggan mendapatkan layanan yang baik.

5. Tiket Selesai

Setelah agen menangani tiket yang ditugaskan kepadanya dan tiket tersebut selesai ditangani, ia akan ditandai sebagai “selesai” di dalam sistem ticketing CRM. Tiket dapat ditutup secara otomatis oleh sistem ticketing CRM atau secara manual oleh agen yang menangani tiket tersebut. Dalam kasus pertama, sistem akan menandai tiket sebagai “selesai” setelah beberapa waktu berlalu tanpa ada aktivitas pada tiket tersebut. Dalam kasus kedua, agen akan menandai tiket sebagai “selesai” setelah tiket tersebut selesai ditangani.

Dapatkan Sistem Pengelola Ticketing Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM TerbaikAplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".