Tips Menulis Caption Instagram Yang Keren

tips caption instagram

Copywriting yang baik pada caption Instagram sampaikan pesan produk kepada audiens

Dahulu, Instagram mungkin hanya digunakan sebagai platform berbagi momen atau aktivitas melalui foto dan video yang disertai dengan caption sebagai keterangannya.

Dengan semakin merebaknya pemasaran secara digital, Instagram pun dimaanfaatkan sebagai ‘toko online’, dimana para pemasar digital dan pebisnis memamerkan produk mereka di sana. 

Instagram memainkan visual sebagai penentu daya tarik audiens terhadap produk Anda. Kualitas foto Anda akan menjadi faktor penentu dalam hal mendapatkan pengikut Instagram, membuat mereka tertarik pada produk Anda dan kemudian membangun brand awareness terhadap mereka. Apakah hanya dengan foto produk dengan skill editing yang bagus sudah cukup membuat audiens membeli produk Anda? Oh, tentu tidak.

Gambar pada Instagram tak lepas dari caption yang memberikannya keterangan. Caption pada visual produk Anda tak hanya sekedar memberikan keterangan, namun memberikan pesan kepada audiens mengenai produk itu sendiri. Caption Instagram yang baik menjelaskan tentang produk yang ditampilkan, memberitahu audiens atau pengikut Anda untuk mengambil tindakan (membeli produk tersebut), atau berinteraksi dengan konten (menyukai, memberikan komentar, menyimpan konten tersebut, dan sebagainya). 

Bagaimana membuat caption yang menarik? Berikut tipsnya.

Buatlah beberapa draft tulisan terlebih dahulu

Membuat beberapa draft tulisan untuk caption memberikan Anda beberapa opsi sebelum Anda akhirnya Anda mendapatkan caption terbaik. Tulislah beberapa ide. Menghasilkan caption yang menarik akan meningkatkan keterlibatan (engagement) konten Anda dengan interaksi yang dibuat oleh audiens atau pengikut Anda.

Awali caption dengan kata-kata penting

Jumlah karakter maksimum untuk keterangan Instagram (2.200 karakter) pada dasarnya adalah formalitas. Tetapi hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa caption terpotong di beranda audiens setelah tiga hingga empat baris teks. Anda tidak harus membuat teks sangat pendek sehingga pengguna dapat melihat 100% tanpa harus mengklik “lainnya”. Lebih baik muat teks Anda terlebih dahulu dengan kata-kata penting atau ajakan dan tinggalkan hashtag, atau @sebutan.

Sertakan CTA (Call To Action)

Ini adalah cara terbaik untuk melibatkan audiens atau pengikut Anda pada konten produk dengan menyertakan ajakan dalam keterangan foto. Misalnya mengarahkan audiens Anda untuk mengklik tautan pada bio yang merupakan situs website utama untuk penjualan produk Anda. Bisa juga memberikan pertanyaan kepada audiens agar mereka terlibat dalam konten Anda.

Batasi penggunaan hashtag (tagar)

Hashtag menghubungan para audiens yang tidak saling mengenal sama sekali dengan topik, acara, merek, dan sebagainya. Ini memudahkan audiens ketika mereka ingin terlibat dengan suatu topik. Anda dapat menggunakan hashtag tertentu yang berkaitan dengan produk Anda, misalnya untuk melakukan kampanye produk. Namun, sebaiknya gunakan hashtag secukupnya. Beberapa pengguna Instagram menyertakan serangkaian hashtag yang dapat dicari sebagai cara untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Tetapi kenyataannya, hal itu terlihat seperti spam bagi pengikut yang Anda miliki.

Padukan pesan produk dengan ‘nada’ Instagram

Setiap media sosial memilki nadanya tersendiri, sehingga Anda belum tentu bisa menuliskan caption yang sama pada tiap media sosial. Misalnya, caption pada Instagram belum tentu bekerja dengan baik pada Linkedin. Instagram memiliki nada yang ringan, santai, menarik, dan menyenangkan. Sesuaikanlah caption konten Anda dengan nada Instagram.

Gunakan promosi silang

Anda juga bisa menyertakan akun media sosial lainnya di mana Anda mempromosikan produk pada caption. Ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pengikut Anda di  media sosial mana lagi mereka dapat menemukan Anda. Sehingga pengikut Instagram Anda dapat menjadi pengikut Twitter Anda, penggemar Facebook Anda, pemirsa Snapchat Anda, dan seterusnya.

Jika Anda masih ragu, buatlah caption yang singkat

Membuat caption yang singkat namun bisa menyampaikan pesan produk dengan baik kepada audiens adalah awal yang bagus.

Mencari referensi caption

Anda bisa menelusuri akun Instagram lainnya yang juga membuat konten seputar produk. Anda juga bisa mencari referensi dari buku yang berisi tips membuat caption Instagram. Biasanya, di buku-buku seperti itu, tertulis berbagai contoh caption dengan masing-masing jenisnya; misalnya caption informatif, deskriptif, persuasif, caption lucu, dan sebagainya.

In this article

Join the Conversation

2 × four =