10 Tips Meningkatkan Performa Sales Anda

Banyak orang bisa berbicara di depan umum, namun tidak semua orang bisa berbicara untuk berjualan. Berjualan tidak hanya soal menawarkan produk kepada calon pembeli. Bagaimana omongan bisa membuat calon pembeli bertindak (melakukan transaksi), adalah hal yang membuat seorang sales istimewa. Melakukan penjualan memang tidak mudah, terutama ketika ada target yang harus dicapai. Untuk itu, menjadi sales membutuhkan beberapa keahlian.

Seorang sales bisa saja menjadi frustasi akan performanya yang kurang bagus, karena belum mencapai target. Dalam artikel ini, Barantum akan memberikan tips bagi Anda yang bekerja sebagai sales dalam meningkatkan performa.

Mulailah dengan pola pikir yang benar

Pola pikir yang Anda bawa ke kesepakatan memiliki banyak pengaruh pada hasilnya. Sukses dalam penjualan sering kali merupakan ekspetasi yang terpenuhi dengan sendirinya — jika Anda mendekati pekerjaan Anda dengan pola pikir “Saya tidak berpikir saya akan berhasil”, Anda akan membuat diri Anda gagal.

Dan sementara menjadi tenaga penjualan berkinerja tinggi membutuhkan lebih dari sekadar bersikeras bahwa Anda ditakdirkan untuk menjadi hebat, Anda masih perlu bekerja dalam kerangka berpikir yang benar.

Butuh beberapa tahun untuk benar-benar menjadi orang yang berprestasi tinggi di lapangan, dan mencapainya bisa tampak seperti tugas yang cukup sulit — tetapi ada beberapa taktik yang dapat Anda terapkan untuk menemukan ruang kepala yang tepat untuk membantu memandu perjalanan Anda.

Untuk satu, Anda dapat mencoba membuat papan visi tahunan — ruang di mana Anda mengumpulkan gambar dan frase yang berhubungan dengan ambisi Anda dan mengapa Anda ingin mencapai tujuan Anda.

Meskipun mungkin tampak sedikit tipu atau menarik perhatian, ini membantu Anda mengingat mengapa Anda terjun ke lapangan ketika Anda mencapai halangan dalam karier Anda — dan ini adalah latihan yang ampuh untuk memvisualisasikan kesuksesan.

Hal ini dapat membuat Anda terus maju ketika Anda membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk melewati masa-masa sulit dalam pengembangan profesional Anda dan meningkatkan kinerja penjualan Anda.

Tingkatkan ketajaman bisnis Anda dengan penekanan pada pasar vertikal

Ketajaman bisnis — tingkat pemahaman yang Anda miliki tentang bagaimana bisnis berjalan — memberi Anda kredibilitas langsung ketika Anda memposisikan produk atau layanan Anda.

Penjualan, sebagai praktik, berakar pada pengembangan kepercayaan dengan uang receh. Anda harus menunjukkan kepada prospek bahwa Anda adalah yang sebenarnya — dengan produk atau layanan yang sepadan dengan waktu dan modal mereka — dalam jangka waktu yang sangat terbatas.

Mampu menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang bagaimana bisnis seperti fungsi mereka adalah salah satu cara yang lebih baik untuk sampai ke sana — jadi meluangkan waktu untuk mempelajari seluk beluk bagaimana perusahaan tipikal di vertikal Anda beroperasi selalu merupakan panggilan yang baik.

Dekati setiap prospek dengan beberapa gambaran tentang bagaimana rekan-rekan industri mereka berfungsi — bersama dengan pengetahuan yang terkait dengan tantangan dan taktik yang dihadapi dan pengaruh perusahaan dengan ukuran yang sama.

Anda perlu memahami bisnis pelanggan Anda bahkan sebelum Anda menjangkau mereka atau menyusun email pertama. Sebagai tenaga penjualan, kunci suksesnya adalah memahami bagaimana prospek Anda mendekati proses pembelian mereka, apa niat mereka, dan bagaimana Anda dapat mengakomodasi dan menyesuaikan diri dengan itu.

Anda dapat mengambil langkah-langkah kecil untuk meningkatkan ketajaman bisnis Anda setiap hari. Cobalah membaca publikasi bisnis yang kredibel atau gali laporan keuangan yang relevan untuk pemahaman yang lebih dalam.

Terorganisir

Salah satu faktor terbesar dalam meningkatkan kinerja penjualan adalah memastikan Anda fokus pada tugas yang tepat pada waktu yang tepat. Jika Anda tidak mengambil langkah yang tepat untuk mengalokasikan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan — seperti meletakkan waktu di kalender Anda — Anda mungkin membiarkan beberapa tanggung jawab utama jatuh di pinggir jalan. Inefisiensi semacam itu dapat berdampak buruk pada kinerja penjualan Anda dalam jangka panjang.

Jika organisasi tidak cocok untuk Anda, dapatkan bantuan dengan cepat. Mintalah anggota tim yang terorganisir untuk memandu Anda melalui alur kerja mereka untuk memberi Anda beberapa ide. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak kapasitas mental Anda mencoba untuk menyulap terlalu banyak prioritas, sulit untuk fokus pada prospek Anda – dan itu lebih atau kurang terikat untuk menghambat kinerja Anda secara keseluruhan.

Tinjau semua data terkait untuk peran dan posisi Anda

Sebagian besar tenaga penjualan diberi kuota penjualan dan metrik aktivitas yang akan membantu mereka mencapainya. Beberapa organisasi menerbitkan angka-angka ini, sehingga tenaga penjualan dapat membandingkan hasil mereka dengan yang berkinerja tinggi.

Membaca data dan memasukkannya ke dalam aktivitas harian Anda adalah kuncinya. Manajer Penjualan HubSpot Tiki Biswal menawarkan saran ini:

“Pahami apa ‘makro penjualan’ Anda. Kebanyakan orang akrab dengan makro, atau makronutrien, dalam konteks makan sehat. Dalam hal itu, Anda melacak berapa banyak karbohidrat, protein, dan lemak yang Anda makan untuk lebih memahami apa yang Anda makan. menghabiskan dan membantu Anda mencapai tujuan Anda Proses pemikiran yang sama ini berlaku untuk penjualan.

Pikirkan metrik dan KPI Anda sebagai makro Anda. Jika Anda tidak memahami metrik atau KPI apa yang perlu Anda capai secara berlebihan, maka Anda akan kesulitan mengukur kinerja Anda. Metrik yang perlu Anda tekan bisa sangat berbeda dari repetisi lain di tim Anda.

Selalu perhatikan fakta bahwa definisi Anda tentang kesuksesan pribadi mungkin berbeda dari rekan-rekan Anda — tetapi sulit untuk berdebat dengan angka yang sulit. Itulah sebabnya mengetahui di mana Anda berdiri, menurut KPI relevan yang dilacak oleh organisasi penjualan Anda, merupakan hal penting untuk meningkatkan kinerja penjualan individu Anda.

Tetapkan tujuan konkret di atas dan di luar ekspektasi pekerjaan dasar

Penjualan cenderung menarik tenaga profesional yang ambisius dan berenergi tinggi — banyak dari mereka berusaha untuk menghancurkan kuota mereka dan terus bergerak setelah mereka melakukannya. Dan penetapan tujuan yang berwawasan tinggi semacam itu dapat menjadi bantuan besar untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Itu membuat Anda bekerja keras dan menawarkan ruang gerak jika Anda gagal. Menetapkan tujuan yang merupakan bagian yang sama yang dapat dicapai dan ambisius adalah inti untuk meningkatkan kinerja penjualan — tetapi penting untuk membedakan antara penetapan tujuan dan impian.

Sasaran bersifat spesifik, tertulis, dan dapat dilacak — mimpi tidak jelas, tidak terukur, dan pada akhirnya tidak efektif dalam hal memengaruhi kinerja penjualan.

Anda perlu mendefinisikan dengan jelas apa yang ingin Anda capai, menetapkan rencana bagaimana Anda ingin mencapainya, dan berbagi ambisi Anda dengan manajer dan rekan kerja untuk membantu Anda tetap di jalur dan akuntabel. Bimbingan yang dibuat secara pribadi semacam itu akan memberi Anda arahan yang pasti dan sebagai hasilnya meningkatkan kinerja penjualan Anda.

Buat rencana pengembangan pribadi

Karier penjualan menawarkan Anda beberapa peluang untuk belajar dan menjadi dewasa di setiap tahap lintasan profesional Anda. Ini adalah bidang yang cocok untuk perkembangan pesat — tetapi hanya jika Anda bersedia untuk merencanakan dan bekerja untuk itu.

Salah satu cara yang lebih baik Anda dapat merampingkan pertumbuhan semacam itu adalah melalui sesuatu yang disebut “rencana pengembangan pribadi” — dokumen hidup yang mendefinisikan keterampilan apa yang ingin Anda tingkatkan dalam jangka waktu tertentu.

Jika Anda memutuskan untuk menggabungkannya, mulailah dengan memilih satu atau dua keterampilan khusus untuk difokuskan setiap bulan, dan dokumentasikan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengembangkan keterampilan tersebut saat Anda melakukannya — dengan cara itu Anda dapat melihat peningkatan Anda dari waktu ke waktu.

Jika Anda tidak diberikan satu selama orientasi, Anda juga dapat bekerja dengan manajer Anda untuk meminta rencana pelatihan penjualan untuk membantu Anda ke tingkat berikutnya — terutama jika Anda baru di sebuah perusahaan.

Temukan pelatih atau mentor penjualan

Tidak terlalu mengejutkan atau kontroversial untuk menunjukkan bahwa penjualan tidak selalu intuitif. Seringkali diperlukan beberapa panduan atau wawasan ahli untuk benar-benar membuat Anda benar-benar siap di lapangan — dan manajer Anda mungkin tidak memiliki waktu, bandwidth, atau perspektif yang diperlukan untuk membawa Anda ke sana.

Itulah mengapa memiliki pelatih penjualan, orang kepercayaan, atau mentor di luar organisasi Anda dapat membantu Anda melengkapi repertoar keterampilan penjualan Anda dan menempatkan Anda di jalur yang benar ketika manajer Anda mungkin tidak dapat melakukannya. Memiliki perspektif luar tentang pengembangan profesional Anda juga dapat membuat Anda melihat upaya Anda secara lebih objektif.

Sangat mudah untuk menangkap ritme dengan hari-hari Anda yang mungkin membatasi potensi Anda. Jika Anda memiliki seseorang untuk bertindak sebagai panduan, papan suara, dan kritikus dalam hal cara Anda menjual, Anda dapat lebih mudah mengidentifikasi kesenjangan dalam cara Anda mendekati prospek dan berperilaku secara profesional.

Pantau kemajuan Anda secara kualitatif dan kuantitatif

Anda perlu mengetahui apa yang Anda lakukan dengan baik dan di mana Anda gagal jika Anda ingin meningkatkan kinerja penjualan Anda, jadi selalu awasi kemajuan Anda dengan cermat — baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Cobalah untuk melakukan ini setiap minggu dan setiap bulan, sehingga Anda dapat memiliki bukti nyata yang jelas tentang kemajuan Anda dan di mana Anda mungkin tersandung. Selain membantu memotivasi Anda secara pribadi, ini juga dapat memberi Anda pemahaman tingkat tinggi tentang bagaimana kinerja Anda terkait dengan kesuksesan organisasi penjualan Anda yang lebih luas.

Dan selalu pastikan untuk mendokumentasikan kesuksesan Anda. Semangat pribadi yang positif akan membuat Anda tetap bertahan dan meningkatkan kinerja penjualan individu Anda dari waktu ke waktu — memiliki catatan kemenangan Anda dapat sangat membantu dalam hal itu.

Ambil pendekatan kreatif untuk pemecahan masalah

Tidak ada jalan tunggal untuk sukses dalam penjualan, dan kemampuan Anda untuk berpikir kreatif dapat membantu Anda dengan baik dalam jangka panjang.

Manajer Penjualan Utama HubSpot Tiki Biswal mengatakan:

“Kemampuan Anda untuk berpikir di luar kotak bisa menjadi perbedaan antara memenangkan akun besar atau membuat mereka mengabaikan panggilan atau email Anda. Saya telah menemukan klien menghargai kreativitas, apa pun tahap proses penjualan yang Anda jalani.

Salah satu contoh kreativitas favorit saya adalah selama persiapan demo. Jika kami bersiap untuk menunjukkan kepada pelanggan bagaimana HubSpot akan merevolusi blog dan buletin mereka, mengapa tidak meluangkan waktu untuk mendaftar buletin mereka dan menerima salah satu email mereka. Ini membutuhkan waktu satu menit, dan memberikan informasi yang relevan tentang bagaimana kami dapat meningkatkan proses mereka secara nyata.”

Sebagai seorang profesional penjualan, adalah tugas Anda untuk memecahkan masalah pelanggan Anda dan membantu mereka terlihat baik. Semakin kreatif Anda dalam pendekatan Anda, semakin baik.

Rayakan kemenangan Anda

Karier dalam penjualan dipenuhi dengan pasang surut — dan memahami kedua sisi mata uang adalah kunci kesuksesan jangka panjang di lapangan. Tetapi banyak tenaga penjualan terlalu terpaku pada sisi “bawah” kinerja mereka.

Memperbaiki kelemahan Anda jelas penting. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengabaikannya, mereka pasti akan membuat Anda tersandung. Namun, meningkatkan kinerja penjualan juga bertumpu pada perayaan kemenangan Anda — tidak peduli seberapa besar atau kecilnya kemenangan itu.

Saat Anda mencapai tujuan atau meningkatkan keterampilan, jangan segan untuk berbagi kesuksesan Anda dengan manajer atau tim Anda. Setiap kemenangan penting, dan merayakan setiap kemenangan dapat memberi Anda momentum yang Anda butuhkan untuk terus maju.

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang cara meningkatkan kinerja di tingkat individu, mari kita bahas beberapa cara organisasi penjualan dapat mendorong hasil yang lebih baik untuk seluruh tim.

Jangan lupa gunakan aplikasi CRM, untuk memantau performa sales dan mengefisiensikan kinerja sales Anda.

 

Artikel terkait ;

Rahasia Menjadi Sales Super

Bagaimana CRM Bekerja Untuk Sales Leader

Beberapa Trik Manfaatkan Fitur Sales CRM Barantum

Tips Closing Bagi Sales

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".