Bagaimana Cara WhatsApp API Tingkatkan Layanan Pelanggan?

Pentingnya layanan pelanggan dalam setiap bisnis adalah salah satu faktor utama kepuasan pelanggan. Pastikan  bahwa Anda selalu menanggapi setiap pertanyaan pelanggan, sehingga kebutuhan mereka terpenuhi dengan tepat. Melalui WhatsApp Business API, Anda juga dapat melihat dan mengontrol kualitas dan tingkatkan layanan pelanggan.

Saat ini, telah banyak tersedia berbagai software atau aplikasi penunjang kinerja customer service agar dapat memaksimalkan pelayanan pelanggan bisnis Anda. Salah satunya adalah WhatsApp API. Berbeda dengan versi reguler dan versi bisnis biasanya, versi ini khusus untuk bisnis menengah dan besar. Dengan tujuannya ini, tentu versi ini memiliki fitur-fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan bisnis besar, termasuk layanan pelanggan.

Bisnis menggunakan WhatsApp API membantu Anda untuk mencapai tujuan kepuasan pelanggan dan memberikan pengalaman omnichannel. Namun, apapun tujuannya, WhatsApp memberikan cara yang sama untuk meningkatkan pelayanan pelanggan Anda.

Manfaat WhatsApp API pada Layanan Pelanggan Bisnis Anda

1. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

Umpan balik pelanggan penting bagi bisnis Anda, sama seperti hal lainnya. Dan ketika ada platform luar biasa seperti WhatsApp, bisnis seharusnya tidak berpikir dua kali untuk menjangkau pelanggan dan meminta umpan balik dari mereka. Dengan demikian, alur percakapan saluran menjadikannya salah satu alat utama dalam mengumpulkan umpan balik pelanggan dan merasakan suasana hati pelanggan.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp API Untuk Customer Service

2. Skalakan komunikasi pelanggan

Penggunaan WhatsApp API dapat dilakukan untuk melakukan komunikasi pelanggan dalam skala besar atau terlibat dalam komunikasi massa. Ada kebebasan untuk menggunakan format media pilihan baik itu gambar atau video dengan interaksi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman.

3. Pemesanan berjalan lancar

Pelanggan saat ini mengharapkan informasi pemesanan dan detail terkait di WhatsApp API karena terasa nyaman bagi mereka. Ketika semua informasi terkait pemesanan tersedia di satu tempat, itu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut.

Bisnis Anda dapat menyertakan WhatsApp API sebagai bagian dari saluran komunikasi pelanggan dengan tujuan untuk menyatukan semua info pemesanan dan mengirimkannya dengan lancar. Ini dapat menyelamatkan pelanggan dari kerepotan memeriksa email dan menghubungi tim dukungan untuk informasi yang relevan.

CTA WA API

4. Bagikan notifikasi secara instan

Bisnis Anda dapat menggunakan WhatsApp API untuk mengirim pemberitahuan dan pengingat kepada pelanggan dan meningkatkan pengalaman mereka dengan merek Anda. Berbagai jenis notifikasi dapat dikirimkan kepada pelanggan seperti terkait pemesanan, pembayaran jatuh tempo, dan sebagainya.

5. Mengirim pembaruan status

Menambahkan  WhatsApp API ke dalam campuran komunikasi bisnis Anda terbukti sangat berguna dalam mengirimkan pembaruan status kepada pelanggan terkait pemesanan, pelacakan pesanan, dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan saluran untuk memberi tahu pelanggan tentang status pasti pesanan mereka, jadwal kedatangannya, dan informasi penting lainnya. Memperbarui pelanggan tentang status dengan mudah adalah salah satu kiat layanan pelanggan utama dan mengembangkan bisnis Anda.

WABA Barantum

6. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

Umpan balik pelanggan penting bagi bisnis Anda, sama seperti hal lainnya. Dan ketika ada platform luar biasa seperti WhatsApp, bisnis seharusnya tidak berpikir dua kali untuk menjangkau pelanggan dan meminta umpan balik dari mereka.

Alur percakapan saluran menjadikannya salah satu alat utama dalam mengumpulkan umpan balik pelanggan dan merasakan suasana hati pelanggan.

7. Implementasi sistem chatbot dan template pesan untuk bisnis

Penggunaan chatbot dan template pesan di WhatsApp Business API dapat membuat komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif. Sistem chatbot yang mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) berfungsi untuk menyampaikan berbagai informasi yang telah ditentukan sebelumnya, seperti spesifikasi produk, harga produk dan fitur-fiturnya. Chatbot juga dapat meminimalkan biaya operasional karena kebutuhan banyak agen dapat dikurangi.

8. Sistem respon otomatis

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Dengan sistem auto reply di WhatsApp Business API, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menanggapi pesan serupa yang masuk. Namun, untuk menggunakan sistem ini, Anda harus menentukan jenis pesan yang berlaku dan responsnya selama penyiapan.

Dengan adanya fitur ini, pekerjaan layanan pelanggan Anda menjadi lebih optimal. Mereka dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat. Apalagi dengan bantuan chatbot, agen layanan pelanggan tidak perlu menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seperti FAQ. Hal ini tentu merampingkan pekerjaan agen, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk menjawab pertanyaan yang lebih mendesak.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengintegrasikan WhatsApp API

9. Pemesanan berjalan lancar

Pelanggan saat ini mengharapkan informasi pemesanan dan detail terkait di WhatsApp karena terasa nyaman bagi mereka. Ketika semua informasi terkait pemesanan tersedia di satu tempat, itu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut.

Bisnis Anda dapat menyertakan WhatsApp sebagai bagian dari saluran komunikasi pelanggan dengan tujuan untuk menyatukan semua info pemesanan dan mengirimkannya dengan lancar. Ini dapat menyelamatkan pelanggan dari kerepotan memeriksa email dan menghubungi tim dukungan untuk informasi yang relevan.
Maskapai penerbangan adalah contoh cara berhasil menggunakan WhatsApp Business API  untuk membuat pemesanan menjadi sederhana dan mudah bagi pelanggan. Mereka tidak hanya mengirimkan semua detail pemesanan di nomor WhatsApp pelanggan, tetapi juga mengirimkan e-boarding pass untuk menambah nilai tambah bagi pelanggan.

Bagaimana Mendapatkan WhatsApp API dengan Mudah?

CTA WA API

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Untuk itu, Anda membutuhkan BSP atau mitra resmi WhatsApp seperti Barantum untuk mendapatkannya. Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".