Bagaimana WhatsApp API mengoptimalkan kinerja customer service Anda?

Sebagai pebisnis,tentu Anda memahami bahwa pelanggan akan puas jika permintaan mereka terjawab dengan cepat tanpa menunggu antrian. Meski begitu, kendala ini tetap saja terjadi. Jumlah pelanggan yang sangat banyak, membuat tim customer service Anda kewalahan dalam menanggapi mereka.

Saat ini, telah banyak tersedia berbagai software atau aplikasi penunjang kinerja customer service agar dapat merutekan percakapan dengan pelanggan. Salah satunya adalah WhatsApp Business API. Berbeda dengan versi reguler dan versi bisnis biasanya, versi ini khusus untuk bisnis menengah dan besar. Dengan tujuannya ini, tentu versi ini memiliki fitur-fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan bisnis besar, termasuk layanan pelanggan.

WhatsApp berada di peringkat aplikasi pesan instan terpopuler di dunia untuk berkomunikasi satu sama lain dengan 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Jangkauannya langsung, pribadi, dan global, menjadikannya alat yang hebat bagi pelanggan untuk menjangkau bisnis.

Bisnis dengan fokus pada strategi omnichannel dapat menemukan WhatsApp untuk layanan pelanggan sebagai solusi sempurna karena sangat membantu untuk terlibat dengan pelanggan secara pribadi dan aman.

Baca juga: Panduan utama WhatsApp Business API

Manfaat WhatsApp API bagi customer service

Menggunakan WhatsApp untuk dukungan pelanggan dapat membantu bisnis Anda dalam banyak cara:

  • Jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi: Di ​​antara aplikasi perpesanan, WhatsApp memiliki jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi melintasi kelompok usia dan geografi. Oleh karena itu, dapat memberikan bisnis Anda kesempatan untuk memperluas jangkauan dan menyadari potensi sebenarnya.
  • Kotak masuk untuk tim: Menggunakan WhatsApp untuk bisnis memberikan keuntungan dari kotak masuk tim, di mana obrolan pelanggan dapat ditugaskan ke beberapa agen secara bersamaan sehingga kualitas layanan dapat ditingkatkan.
  • Kemampuan chatbot: Penggunaan template chatbot untuk dukungan pelanggan WhatsApp dapat meningkatkan kemampuan bisnis Anda dan mengotomatiskan respons. Integrasi bot dapat membantu mengelola pelanggan secara efisien.
  • Ketersediaan API: Ketersediaan API bisnis WhatsApp yang mudah dapat membantu bisnis Anda dengan integrasi pihak ketiga seperti dengan CRM dan Barantum. Ini dapat membantu mengumpulkan semua data pelanggan di satu tempat dan menggunakannya untuk layanan pelanggan yang lebih baik.
  • Dukungan media yang kaya: Dimensi baru untuk keterlibatan pelanggan dapat ditambahkan dengan mengirimkan konten media yang kaya seperti gambar, video, emoji, atau dokumen. Anda juga dapat membuat katalog untuk memamerkan produk dan layanan Anda.
HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Cara menggunakan WhatsApp API untuk customer service

Dengan menggunakan WhatsApp API, bisnis Anda akan menemukan saluran layanan pelanggan yang hebat. WhatsApp API menawarkan dukungan pelanggan yang berkualitas melalui platform perpesanan yang paling banyak digunakan.

Bisnis menggunakan WhatsApp dengan cara yang berbeda untuk mencapai tujuan kepuasan pelanggan dan memberikan pengalaman omnichannel. Namun, apapun tujuannya, WhatsApp memberikan cara yang sama untuk meningkatkan customer service Anda.

#1 Menangani pertanyaan umum pelanggan

Pelanggan mencari tanggapan cepat ketika mereka menjangkau bisnis. Berkat WhatsApp, Anda dapat terlibat dalam komunikasi satu lawan satu dengan pelanggan Anda dan menangani pertanyaan mereka secara real-time.

Bisnis Anda juga harus siap karena pertanyaan pelanggan dapat datang dalam berbagai bentuk, baik itu pertanyaan tentang produk, informasi mengenai pembelian, minat pada produk, keluhan atau keraguan terkait pesanan, dan lainnya.

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp untuk pertanyaan pelanggan?

  • Tautkan WhatsApp Anda pada situs web, sosial media, dan tanda tangan email Anda sehingga pelanggan  dapat menghubungi Anda.
  • Masukkan nomor WhatsApp Anda di bagian ‘hubungi kami’ atau tambahkan tombol obrolan untuk memudahkan pelanggan mengaksesnya dan memulai komunikasi.

#2 Mengumpulkan umpan balik pelanggan

Umpan balik pelanggan penting bagi bisnis Anda, sama seperti hal lainnya. Dan ketika ada platform luar biasa seperti WhatsApp, bisnis seharusnya tidak berpikir dua kali untuk menjangkau pelanggan dan meminta umpan balik dari mereka.

Alur percakapan saluran menjadikannya salah satu alat utama dalam mengumpulkan umpan balik pelanggan dan merasakan suasana hati pelanggan.

Mengapa menggunakan WhatsApp untuk pengumpulan umpan balik pelanggan?

  • Sifat komunikasi dua arah WhatsApp membantu merek mendapatkan umpan balik pelanggan secara real-time dan menerapkan saran untuk meningkatkan laba mereka.
  • Alur percakapan saluran adalah salah satu alasan utama yang membuatnya ideal untuk pembuatan ulasan pelanggan.

#3 Mengirim pembaruan status

Menambahkan  WhatsApp ke dalam campuran komunikasi bisnis Anda terbukti sangat berguna dalam mengirimkan pembaruan status kepada pelanggan terkait pemesanan, pelacakan pesanan, dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan saluran untuk memberi tahu pelanggan tentang status pasti pesanan mereka, jadwal kedatangannya, dan informasi penting lainnya. Memperbarui pelanggan tentang status dengan mudah adalah salah satu kiat layanan pelanggan utama dan mengembangkan bisnis Anda.

Praktik terbaik dengan menggunakan WhatsApp untuk pembaruan status:

  • Anda dapat menggunakan pesan WhatsApp untuk mengonfirmasi setiap pesanan baru alih-alih email dan menikmati tarif terbuka yang tinggi untuk pesan Anda.
  •  Bisnis memanfaatkan WhatsApp untuk memberi tahu pelanggan tentang ketersediaan item di daftar keinginan mereka yang sebelumnya kehabisan stok.
  • Bisnis Anda dapat mengirimkan pesan singkat kepada pelanggan untuk memberi tahu mereka tentang diskon pada produk tertentu dan ini dapat meningkatkan konversi.

Baca juga: Cara Jangkau Pelanggan Lebih Banyak Dengan WhatsApp Business API

#4 Bagikan notifikasi secara instan

Bisnis Anda dapat menggunakan WhatsApp API untuk mengirim pemberitahuan dan pengingat kepada pelanggan dan meningkatkan pengalaman mereka dengan merek Anda. Berbagai jenis notifikasi dapat dikirimkan kepada pelanggan seperti terkait pemesanan, pembayaran jatuh tempo, dan sebagainya.

Tidak seperti email, pelanggan lebih tertarik untuk membaca pesan WhatsApp dan itulah mengapa mengirimkan notifikasi dan pengingat di sana dapat sangat membantu.

Berbagai jenis notifikasi melalui WhatsApp:

  • Pemberitahuan tagihan: Bisnis Anda dapat mengirim faktur tagihan atau permintaan pembayaran untuk pesanan melalui WhatsApp dan memberi tahu pelanggan tepat waktu tentang iuran mereka.
  • Pengingat janji temu: Bisnis Anda dapat menggunakan pemberitahuan janji temu WhatsApp untuk mengingatkan pelanggan tentang janji penting.
  • Status pengiriman: WhatsApp selalu menjadi platform yang bagus untuk memberi informasi kepada pelanggan tentang status pesanan.

#5 Soroti produk dan layanan Anda

WhatsApp Business memberi Anda kesempatan untuk menyoroti produk dan layanan Anda sehingga pelanggan dapat menemukannya dan memikirkan keterlibatan. Bisnis dapat membuat katalog untuk memamerkan produk dan layanan mereka dengan tujuan untuk mencapai tujuan pemasaran.
Selain itu, kemampuan chatbot dapat digabungkan dengan WhatsApp untuk mengotomatiskan kueri dan merespons pesan pelanggan secara efisien. Apakah bisnis Anda kecil atau besar, Anda dapat memanfaatkan platform dan memamerkan barang-barang Anda ke dunia secara gratis.

#6 Pemesanan berjalan lancar

Pelanggan saat ini mengharapkan informasi pemesanan dan detail terkait di WhatsApp karena terasa nyaman bagi mereka. Ketika semua informasi terkait pemesanan tersedia di satu tempat, itu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut.

Bisnis Anda dapat menyertakan WhatsApp sebagai bagian dari saluran komunikasi pelanggan dengan tujuan untuk menyatukan semua info pemesanan dan mengirimkannya dengan lancar. Ini dapat menyelamatkan pelanggan dari kerepotan memeriksa email dan menghubungi tim dukungan untuk informasi yang relevan.
Maskapai penerbangan adalah contoh cara berhasil menggunakan WhatsApp Business API  untuk membuat pemesanan menjadi sederhana dan mudah bagi pelanggan. Mereka tidak hanya mengirimkan semua detail pemesanan di nomor WhatsApp pelanggan, tetapi juga mengirimkan e-boarding pass untuk menambah nilai tambah bagi pelanggan.

Praktik terbaik menggunakan WhatsApp untuk pemesanan:

  • Sertakan nomor bisnis WhatsApp dalam daftar opsi yang dapat dipilih pelanggan untuk menerima detail pemesanan mereka.
  • Memiliki agen layanan pelanggan WhatsApp untuk menangani masalah pemesanan yang rumit dan memastikan penyelesaian masalah yang cepat.
  • Pastikan semua informasi pemesanan disampaikan melalui platform WhatsApp untuk memudahkan seluruh proses dan pengalaman bagi pelanggan.

#7 Skalakan komunikasi pelanggan

Penggunaan WhatsApp dapat dilakukan untuk melakukan komunikasi pelanggan dalam skala besar atau terlibat dalam komunikasi massa. Ada kebebasan untuk menggunakan format media pilihan baik itu gambar atau video dengan interaksi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman.

Cara menggunakan WhatsApp untuk komunikasi pelanggan:

  • Penargetan grup: Bisnis Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk melakukan penargetan grup dan menjangkau pelanggan dengan minat yang sama.
  • Kampanye: Kampanye inovatif sangat mudah untuk Anda jalankan karena ini dapat membuktikan nilai tambah tidak hanya dari komunikasi tetapi juga sudut pandang pemasaran.

Baca juga: Begini Cara WhatsApp Business API Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Saatnya customer service Anda berevolusi

Ketelibatan tim customer service Anda dalam saluran omnichannel adalah sebuah keharusan saat ini. Hal ini sangat menjanjikan bagi bisnis untuk menghubungkan semua saluran dengan mulus ke dalam satu aliran pengalaman pelanggan. Dan WhatsApp jelas  meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mendefinisikan kembali dukungan.

Dengan pesan yang dipersonalisasi dan terenkripsi, WhatsApp akan menambahkan banyak nilai pada strategi customer service Anda dan memberikan keunggulan kompetitif di industri ini. Dengan demikian, Anda dapat menjadikannya bagian dari campuran layanan pelanggan Anda dan menempatkan bisnis Anda di jalur pertumbuhan yang benar.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang