Alasan Template WA Blast Anda Ditolak

Rasanya ditolak tentu tidak menyenangkan. Apalagi itu menjadi hal yang Anda tunggu-tunggu. Termasuk menunggu approval template WA Blast. Pernahkan Anda mengalami template WA Blast ditolak, padahal Anda perlu mengirimkan pesan tersebut ke pelanggan? Ataupun Anda yakin template pesan tersebut akan di approval, namun kenyataannya tidak? Yuk, hindari risiko template WA Blast Anda ditolak dengan mengetahui apa yang berkemungkinan menjadi penyebabnya.

Apa Penyebab Template WA Blast Ditolak?

Dalam mengirim WhatsApp Blast, template pesan yang Anda buat perlu di-approve terlebih dulu oleh pihak WhatsApp sebelum dapat dikirimkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan template WhatsApp Blast ditolak. Sehingga Anda mampu mengurangi risiko tersebut.

Terdapat berbagai hal yang menyebabkan template WA Blast Anda ditolak. Dirangkum dari pedoman template pesan resmi dari WhatsApp, ada berbagai alasan template pesan WhatsApp blast Anda ditolak yang perlu Anda ketahui. Berikut berbagai penyebabnya:

1. Template pesan berisi hal yang melanggar kebijakan perdagangan WhatsApp

Misalnya, menawarkan barang atau layanan yang tidak diperbolehkan/dilarang pihak WhatsApp. Berikut bisnis atau penjualan yang melanggar kebijakan WhatsApp, yaitu:

  • Narkotika/obat-obatan terlarang
  • Tembakau
  • Layanan perjudian
  • Alkohol
  • Senjata, amunisi, atau bahan peledak
  • Hewan hidup
  • Produk atau layanan untuk orang dewasa
  • Produk medis dan perawatan kesehatan
  • Layanan kencan
  • Mata uang nyata, virtual, atau palsu

2. Template pesan berisi hal yang sensitif dan pribadi

Pastikan bahwa isi pesan WhatsApp Blast Anda tidak berisi hal yang sensitif dan bersifat pribadi. Misalnya, meminta untuk mengisi nomor rekening bank, NIK, maupun meminta untuk mengirimkan dokumen/file yang bersifat pribadi.

3. Format pesan yang tidak sesuai

Pada template WA Blast, terdapa dua pilihan bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Salah satu hal yang membuat template WA Blast Anda ditolak, yaitu terdapat format pesan yang tidak sesuai. Misalnya, penggunaan bahasa yang dipilih tidak sesuai dengan bahasa pada isi pesan (menggunakan dwi bahasa dalam satu template) dan kesalahan ejaan atau gramatikal.

4. Format penulisan parameter salah

Dalam pesan WA Blast, Anda dapat mempersonalisasi pesan secara otomatis dengan menambah variabel pada template WA Blast Anda. Namun, dalam penulisan variabel perlu diperhatikan susunan dan penulisannya agar template WA Blast Anda di-approve. Format penulisan yang salah misalnya, tidak ada tanda kurung ataupun parameter variabel tidak berurutan.

Contoh: {{1}}, {{2}}, {{4}}, {{5}} didefinisikan tetapi {{3}} tidak ada.

5. Isi pesan dianggap mengandung hard selling

Sebelum Anda dapat mengirim WA Blast, isi template pesan Anda perlu di-approve terlebih dahulu. Sebaiknya, Anda gunakan bahasa yang tidak terlalu hard selling dimana isi pesan terlalu to the point dan menjadi metode penjualan yang agresif karena akan berpeluang besar template Anda ditolak.

Buatlah isi pesan WA Blast Anda dengan bahasa yang soft selling dimana menggunakan bahasa yang halus dan persuasif (membujuk secara halus) sehingga mendorong  rasa penasaran pelanggan membeli produk Anda. Penjualan secara halus (soft selling) ini akan membuat template WA Blast di-approve lebih tinggi. Untuk mengetahui perbedaan hard selling dan soft selling bisa Anda baca di sini.

6. Pesan berisi ancaman dan berpotensi mengganggu

Jika template WhatsApp Blast Anda dianggap berpotensi menggangu hingga berisi ancaman, maka pengajuan template WhatsApp Blast Anda akan ditolak. Contohnya, mengancam pelanggan dengan tindakan hukum.

Catatan: Perlu Anda ketahui bahwa berbagai penyebab pesan WhatsApp Blast ditolak seperti yang tertulis pada poin-poin di atas sifatnya tidak mutlak. Hal tersebut karena 100% keputusan approval template pesan diputuskan oleh pihak Facebook/WhatsApp.

Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp with Barantum

Apa Saja Status Template Pesan WA Blast?

Template pesan WA Blast dapat memiliki status berikut:

  1. In-Review: Menunjukkan bahwa template masih dalam peninjauan. Peninjauan dapat memakan waktu hingga 24 jam.
  2. Rejected: Template pesan ditolak.
  3. Active – Quality pending: Template pesan belum menerima umpan balik yang berkualitas dari pelanggan.
  4. Active – High Quality: Template telah menerima sedikit atau tidak ada umpan balik negatif dari pelanggan.
  5. Active – Medium Quality: Template menerima umpan balik negatif dari beberapa pelanggan. Dan, kemungkinan template akan segera dijeda atau dinonaktifkan.
  6. Active – Low Quality: Template telah menerima umpan balik negatif dari banyak pelanggan. Template pesan dengan status ini dapat dikirim ke pelanggan, tetapi terancam dijeda atau dinonaktifkan. Jadi, sebaiknya Anda mengevaluasi masalah yang dilaporkan pelanggan.
  7. Paused: Template telah dijeda karena umpan balik negatif berulang dari pelanggan. Template pesan dengan status ini tidak dapat dikirim ke pelanggan.
  8. Disabled: Template telah dinonaktifkan karena umpan balik negatif berulang dari pelanggan atau karena melanggar kebijakan. Template pesan dengan status ini tidak dapat dikirim ke pelanggan. Anda mungkin dapat mengedit template pesan yang dinonaktifkan dan meminta banding.
  9. Appeal Requested: Tanda permintaan banding.
status template blast
Status Template Pesan WhatsApp (sumber foto: developers.facebook.com)

Status template pesan dapat berubah secara otomatis, berdasarkan keputusan peninjauan, hasil banding, atau perubahan peringkat kualitasnya. Saat status template pesan berubah, Anda akan diberi tahu melalui notifikasi WhatsApp Manager, email, dan notifikasi webhook.

Peringkat Kualitas Template Pesan WA Blast

Setiap template pesan memiliki peringkat kualitas berdasarkan penggunaan dan umpan balik pelanggan. Berikut tanda warna berdasarkan kualitas template pesan:

  • Active – Quality pending: Hijau
  • Active – High quality: Hijau
  • Active – Medium quality: Kuning
  • Active – Low quality: Merah

Jika template pesan terus menerima umpan balik negatif, pada akhirnya akan menyebabkan perubahan status template.

Jika template mencapai peringkat kualitas terendah (merah), maka template akan dijeda untuk melindungi peringkat kualitas nomor telepon. Setiap instance menjeda template secara bertahap akan meningkat dalam durasi dan terlihat sebagai berikut:

  • Instance ke-1: Menjeda template selama 3 jam
  • Instance ke-2: Menjeda template selama 6 jam
  • Instance ke-3: Menonaktifkan template
notifikasi template pesan dijeda
Notifikasi Template Pesan Dijeda. (sumber foto: developers.facebook.com)

Sebuah bisnis akan diberi tahu jika template dijeda melalui pemberitahuan yang disampaikan melalui notifikasi Pengelola WhatsApp.

Bagaimana Cara Template WA Blast Di-Approve?

Namun, untuk mengurangi kemungkinan template pesan Anda ditolak, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Perjelas nama template pesan Anda. Dibandingkan menggunakan nama seperti “template_005”, lebih baik Anda gunakan nama sesuai isi pesan seperti “detail_produk_agustus”.
  2. Hindari kesalahan ejaan atau gramatika. Pesan dengan kesalahan eja atau kesalahan tata bahasa dapat membuat pelanggan melihat pesan ini sebagai spam atau tipuan.
  3. Pastikan format bahasa yang dipilih sesuai dengan isi template pesan. Sebaiknya, hindari penggunaan dwi bahasa dalam satu template.
  4. Jika Anda ingin melakukan promosi, sebaiknya isi pesan Anda menjual dengan halus (soft selling) dan pastikan tidak mengandung terlalu banyak frasa ajakan, menjual, ataupun memerintahkan.

Kini Anda sudah tahu apa saja penyebab yang memungkinkan template WhatsApp Blast Anda ditolak. Rincian penyebab yang menjadi alasan template WhatsApp Blast ditolak di atas kami rangkum dari laman resmi Facebook dan WhatsApp. Dengan tujuan untuk membantu Anda lebih hati-hati dalam mengajukan template WhatsApp Blast.

Fitur WhatsApp Blast ini hanya bisa Anda dapatkan pada WhatsApp Business API. Bagi Anda yang ingin menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP).

Demi keamanan dan kenyaman Anda, pastikan untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast secara resmi dari BSP atau Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya seperti Barantum.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Blast Resmi?

Berikut ini 3 langkah untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast untuk bisnis Anda:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur WhatsApp Blast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp terpercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager
Selanjutnya, BSP Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Fitur WhatsApp Blast Siap Untuk Anda Gunakan

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Setelah proses verifikasi berhasil. Selanjutnya Anda bisa menambahkan atau meng-import nomor tujuan atau list receiver dan template pesan yang akan di blast, lalu klik Send Now. Pesan blast pun berhasil terkirim!Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp with Barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Tutorial Cara WhatsApp Blast ke Banyak Nomor Sekaligus
  2. Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor
  3. Cara Daftar dan Membuat Akun WhatsApp (WA) Business
  4. Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp
  5. Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp, Dijamin Berhasil!

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments