Optimalkan Benchmarking Bisnis Anda Untuk Meningkatkan Penjualan

Benchmarking adalah proses membandingkan suatu produk, proses, atau kinerja bisnis dengan standar terbaik yang ada. Dengan melakukan proses ini, Anda dapat memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja bisnis mereka dan memastikan bahwa mereka dapat bersaing dengan yang terbaik.

Jika Anda ingin meningkatkan performa bisnis Anda dan memastikan bahwa Anda dapat bersaing dengan yang terbaik di pasaran, Anda harus memahami apa itu benchmarking, tujuan, dan jenis-jenisnya.

Yuk, baca artikelnya sampai selesai dan ketahui detail informasinya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Benchmarking?

Benchmarking adalah langkah membandingkan produk, proses, atau praktek bisnis dengan standar terbaik yang diterapkan dalam industri atau perusahaan lain. Proses ini melibatkan analisis data, wawancara, observasi langsung, dan pemeriksaan studi kasus.

Selain sebagai alat untuk mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan suatu perusahaan Anda, juga berfungsi memberikan informasi berharga mengenai cara mengatasi permasalahan yang muncul dan memanfaatkan peluang yang ada. Meskipun dapat melibatkan proses yang kompleks dan menuntut waktu, energi, dan sumber daya, hasilnya dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan Anda serta membantu menjamin kesuksesan bisnis dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Apa Tujuan Benchmarking?

Tujuan utama dari benchmarking adalah meningkatkan performa dan efisiensi suatu perusahaan. Melalui praktiknya, perusahaan Anda dapat mengidentifikasi bagian-bagian bisnis yang membutuhkan perbaikan serta menemukan strategi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih optimal.

Selain itu, tujuan lainnya adalah merangsang inovasi dan memperkuat daya saing perusahaan. Pendekatan ini berpotensi meningkatkan tingkat daya saing perusahaan dan memastikan keberlanjutan kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

Apa Jenis-Jenis Benchmarking?

Jenis-jenis benchmarking, yaitu internal benchmarking, eksternal benchmarking, competitive benchmarking, industry benchmarking/functional benchmarking, generic benchmarking/process Benchmarking.

Berikut penjelasan lebih detail:

1. Internal Benchmarking

Internal benchmarking adalah jenis yang melibatkan perbandingan antara bagian atau departemen dalam suatu perusahaan yang sama. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja bagian atau departemen dalam organisasi, serta memastikan bahwa semua bagian bekerja dengan efisien dan efektif.

Dengan jenis ini, perusahaan Anda dapat mengidentifikasi bagian-bagian dari bisnis mereka yang memerlukan perbaikan dan menemukan cara untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih baik. Ini juga membantu memastikan bahwa semua bagian dalam organisasi bekerja dengan standar yang sama dan bahwa perusahaan bekerja sebagai tim yang efektif.

2. Eksternal Benchmarking

Eksternal benchmarking adalah jenis yang melibatkan perbandingan antara suatu perusahaan Anda dengan perusahaan lain di luar organisasi tersebut. Tujuannya untuk membandingkan kinerja dan praktik bisnis suatu organisasi dengan standar terbaik yang ada di industri dan untuk menentukan bagaimana membedakan diri dari pesaing.

Jenis ini juga dapat membantu perusahaan Anda menemukan peluang baru dan memperluas bisnis mereka. Ini membantu perusahaan Anda menemukan cara untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih baik dan mengetahui bagaimana pesaing lain mengatasi tantangan yang sama.

3. Competitive Benchmarking

Competitor benchmarking adalah jenis yang memfokuskan pada pesaing dan cara mereka melakukan bisnis. Dalam hal ini, suatu perusahaan Anda membandingkan strategi, proses bisnis, produk, dan kinerja dengan pesaing terdekat mereka. Tujuannya adalah untuk menentukan bagaimana pesaing mereka berhasil dan bagaimana perusahaan Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan performa bisnis mereka.

Dengan melakukan jenis ini, perusahaan Anda dapat memahami bagaimana pesaing mereka memenangkan pasar dan mengatasi tantangan bisnis. Ini membantu perusahaan Anda menemukan cara untuk meningkatkan strategi, proses bisnis, produk, dan kinerja mereka untuk bersaing dengan pesaing.

4. Industry Benchmarking

Industry benchmarking adalah jenis yang memfokuskan pada industri dan kinerja industri secara keseluruhan. Dalam hal ini, suatu perusahaan membandingkan kinerja bisnis mereka dengan rata-rata atau standar industri. Ini membantu perusahaan Anda menemukan cara untuk meningkatkan strategi, proses bisnis, produk, dan kinerja mereka untuk bersaing dengan industri secara keseluruhan.

Selain itu, juga dapat membantu Anda memahami bagaimana industri memenuhi kebutuhan pelanggan dan bagaimana industri memenuhi tuntutan pasar. Ini pun membantu membandingkan performa mereka dengan industri dan memastikan bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memenuhi tuntutan pasar.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp5. Generic Benchmarking

Terkahir, generic benchmarking, yaitu pendekatan yang melibatkan perbandingan kinerja dan praktik perusahaan Anda dengan perusahaan terbaik di berbagai industri atau sektor, tanpa memandang sektor industri spesifik. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi praktik terbaik yang dapat diadopsi dari berbagai konteks industri untuk meningkatkan kinerja perusahaan target. Selain itu, memberikan organisasi pandangan yang luas dan menyeluruh tentang berbagai pendekatan yang telah terbukti berhasil di luar industri mereka sendiri.

Pendekatan ini memungkinkan perusahaan Anda untuk mendapatkan ide segar, inovasi, dan perspektif yang mungkin tidak ditemukan dalam lingkungan industri mereka sendiri. Dengan memahami praktik terbaik dari berbagai sektor, perusahaan dapat mengadopsi strategi yang lebih efektif, meningkatkan efisiensi, dan mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Apa Manfaat Benchmarking Bagi Bisnis?

Benchmarking memiliki banyak manfaat bagi bisnis, salah satunya adalah meningkatkan efisiensi dan kualitas produk/proses. Melalui proses ini, Anda dapat membandingkan produk atau proses mereka dengan standar terbaik yang ada di pasaran.

Berikut manfaat lainnya bagi bisnis, yaitu:

  1. Memberikan informasi tentang pesaing dan industri.
  2. Meningkatkan inovasi dan pengembangan produk baru.
  3. Meningkatkan performa dan kinerja bisnis.
  4. Membantu menentukan target dan standar kinerja.
  5. Meningkatkan kesadaran tentang masalah dan peluang peningkatan.
  6. Meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan untuk meningkatkan kinerja.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Benchmarking Bisnis?

Adapun cara mengoptimalkan benchmarking bisnis yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan sistem berteknologi modern seperti CRM (Customer Relationship Management).

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengoptimalkannya:

  • Integrasikan data CRM: Terintegrasi dengan data CRM, memungkinkan Anda untuk membandingkan performa dan kinerja Anda dengan data customer dan pasar.
  • Analisis data: Gunakan data yang tersedia dalam CRM untuk menganalisis performa dan kinerja bisnis Anda dan pesaing Anda.
  • Atur target kinerja: Tentukan target kinerja yang ingin Anda capai dan bandingkan dengan data kinerja saat ini yang tersedia dalam CRM.
  • Perbarui strategi: Perbarui strategi bisnis Anda untuk mencapai target kinerja yang diinginkan berdasarkan analisis data dan perbandingan kinerja.
  • Monitor dan evaluasi: Terus memantau dan mengevaluasi performa dan kinerja bisnis Anda. Selain itu, membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan mencapai target kinerja yang diinginkan.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Untuk Meningkatkan Bencmarking Bisnis Anda!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia - CanvassingAplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Annisa Eliyawati
Annisa Eliyawati
Desember 10, 2023 3:01 pm

Materi yang sangat baik dan sangat membantu. Terimakasih sukses selalu.

Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".