5 CARA MEMOTIVASI SALES, AGAR SELALU PRODUKTIF & CAPAI TARGET

Marketing specialist

5 CARA MEMOTIVASI SALES, AGAR SELALU PRODUKTIF & CAPAI TARGET

Saat ini dalam kondisi ekonomi yang belum kondusif, salah satu divisi yang menjadi ujung tombak bagi perusahaan adalah sales dan marketing. Sehingga wajar jika manajemen begitu berharap agar divisi ini selalu bisa memberikan kontribusi terbaiknya bagi perusahaan. Namun yang  jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memotivasi sales untuk bisa menjaga komitmen dan konsistensi sales agar bisa tetap produktif.


Perkembangan bisnis yang saat ini sedang  terjadi, memang membutuhkan penanganan yang serius dari manajemen perusahaan. Dimana hal itu membawa konsekuensi logis bahwa perusahaan harus menentukan strategi yang tepat untuk membuat bisnis yang di jalankan tetap konsisten.

Bukan saja strategi yang bersifat jangka pendek, tetapi juga jangka menengah  hingga jangka panjang. Sehingga satu hal yang perlu menjadi perhatian dari manajemen adalah, bagaimana mengoptimalkan kondisi yang ada agar hasilnya bisa maksimal.

Ada dua hal yang sejatinya bisa di jalankan oleh perusahaan dalam kondisi  yang  kurang kondusif : (1) Sudah pasti perusahaan harus mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh perusahaan (2) Meningkatkan peran aktif antar divisi baik yang berhubungan langsung dengan customer atau calon pembeli, atau divisi yang bersifat supporting.

Terkait dengan pilihan yang kedua, salah satu yang mesti di jalankan oleh perusahaan adalah bagaimana memotivasi team sales agar mereka terus produktif.   Produktif disini adalah bahwa sales harus selalu meningkatkan profesionalisme dirinya agar tidak saja mampu mencapai target-target yang di harapkan oleh perusahaan. Tetapi lebih dari itu profesionalisme sales harus mampu mengembangkan potensi  yang ada dalam dirinya agar dia menjadi lebih produktif .

 

5 CARA MEMOTIVASI SALES UNTUK MENGOPTIMALKAN POTENSI TEAM SALES

https://berdiklat.com/pelatihan-protokoler-dan-pergaulan-internasional/

Baca juga artikel berikut : TIPS SIMPLE UNTUK SALES AGAR SUKSES MENJUAL

Berkaca dari apa yang terjadi dan di sampaikan diatas  tadi, maka sejatinya ada beberapa strategi atau cara yang bisa di jalankan oleh perusahaan dalam memotivasi kerja team sales.  Tujuan dari strategi itu adalah agar profesionalisme sales makin optimal. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan motivasi sales agar tetap produktif :

  • Manajemen atau Sales harus berusaha untuk menentukan standar yang lebih tinggi.Dengan berusaha menetapkan standar pencapaian target yang lebih tinggi, maka profesional sales akan terpacu untuk selalu mencapai target. Logikanya adalah, ketika seseorang di berikan target 10 dan dirinya menetapkan target 20. Maka yang terjadi adalah dirinya akan berusaha mencapai target 20 tadi, sehingga ketika target 20 tidak tercapai sejatinya dirinya sudah bisa mencapai target yang sesungguhnya yaitu 10.
  • Manajemen atau Sales harus terbiasa menjaga agar rasa emosional tetap terjaga.Kondisi terjaganya emosional seorang sales pada akhirnya bisa memberikan hal yang positif tidak saja bagi perusahaan tetapi juga bagi profesional sales yang ada. Hal ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sehingga dengan terjaganya emosional seorang sales, akan memudahkan dirinya mencapai target yang di harapkan.
  • Manajemen atau Sales harus mampu untuk bisa bekerja keras dan bekerja cerdas.Dengan mengedepankan kondisi prinsip seperti ini yaitu kerja keras dan kerja cerdas maka seorang sales akan terbiasa untuk bekerja di luar kondisi kenyamanan mereka. Hal itu cukup beralasan mengingat seorang sales memang di tuntut untuk bisa bekerja di luar batas kewajaran dirinya agar  hasilnya bisa maksimal.
  • Manajemen atau Sales diupayakan untuk melakukan satu aktivitas atau tindakan positifseperti merayakan keberhasilan.  Dengan memberikan apresiasi kepada kinerja dari team sales, maka seorang profesional sales merasa bahwa kinerjanya selalu di apresiasi tidak saja oleh perusahaan tetapi juga  oleh teamnya.
  • Manajemen atau Sales harus berusaha untuk selalu menjaga momentum yang ada agarselalu bisa konsisten.  Konsistensi yang terjaga dalam lingkup momentum memang menjadi satu hal positif yang akan membuat perusahaan selalu bisa mendapatkan revenue yang berkelanjutan.

 

CRM, TOOLS BISNIS YANG AKAN MAMPU MENINGKATKAN MOTIVASI SALES

 

Untuk menjaga dan menstabilkan kondisi dan meningkatkan motivasi seorang sales memang bisa di jalankan dengan dua cara. Pertama tentu saja di dasarkan pada kebijakan atau prosedur yang telah di tetapkan oleh perusahaan. Misalnya dengan adanya sistem reward dan punishmen, dan faktor kedua adalah sales  harus memiliki satu tools atau aplikasi yang bisa menjadi media pendukung dalam dirinya bekerja.

Dari sekian banyak tools  yang efektif untuk digunakan seorang profesional sales, adalah CRM. Kenapa CRM karena selain aplikasi ini bersifat user friendly sehingga mudah untuk di gunakan. Aplikasi CRM yang dimiliki oleh Barantum memiliki banyak keunggulan di banding produk sejenis lainnya. Setidaknya ada beberapa hal  yang membuat CRM bisa menjadi tools efektif guna menstabilkan emosional dan produktivitas seorang sales. Salah satu contohnya adalah CRM bisa diintegrasikan dengan beragam aplikasi bisnis seperti ketika berkolaborasi dengan WhatsApp Business API.

Ada 3 hal yang bisa di jelaskan terkait kolaborasi antara CRM dengan WhatsApp Business API seperti penjelasan berikut ini :

  1. Dapat meningkatkan performance dari Manajemen  Sales & Marketing( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  1. Dapat meningkatkan Produktivitas Bisnis ((karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  1. Dapat meningkatkan dan mengubah kualitas customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer )

 

 

In this article

Join the Conversation

20 − 9 =