Perusahaan kini memahami hubungan angtara perusahaan dan pelanggan sangat penting. Oleh sebab itu, tiap perusahaan semaksimal mungkin meningkatkan pelayanan pelanggan mereka. Salah satu cara yang dilakukan dengan metode CRM sebagai strategi bisnis marketing bisnis.

Sepeti yang Anda tahu, tingginya tingkat kenyamanan pelanggan berdampak pada penjualan perusahaan. Bagaimana bisa? Semakin banyak pelanggan yang merasa senang terhadap pelayanan perusahaan Anda, mereka dapat menjadi pelanggan loyalitas. Selain itu, rekomendasi dari mulut ke mulut oleh pelanggan Anda otomatis meningkatkan pelanggan Anda.

Mengetahui hal itu, banyak perusahaan yang memaksimalkan stafnya untuk memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik tidak hanya diberikan kepada pelanggan setia perusahaan. Namun, prospek pun tetap diberikan pelayanan yang optimal.

Sebagai strategi marketing bisnis, CRM mampu menjadi solusi persoalan kenyamanan pelanggan Anda. Metode pendekatan dengan CRM memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda untuk menikkan penjualan.

CRM untuk marketing sendiri merupakan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi mutakhir. Pemanfaatan teknologi ini berperan untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan Anda. Di sisi lain, proses penjualan perusahaan Anda menjadi lebih mudah.

Dalam mengaplikasikan CRM sebagai metode strategi marketing bisnis tidaklah sulit. Anda. Dengan CRM dapat mempersingkat alur kerja perusahaan Anda. Waktu bekerja staf Anda pun lebih efisien dengan penggunaan CRM.

Di sisi lain, produktivitas perusahaan Anda makin meningkat. Penjualan pun berkembang pesat. Tentu hal itu menjadi dambaan tiap pebisnis. Salah satunya Anda bukan?

Baca juga: Untung Berlipat, Manfaat Penerapan CRM Pada Perusahaan

CRM sebagai Strategi Marketing untuk Meningkatkan Bisnis

CRM bisa menjadi strategi marketing yang bisa Anda terapkan. Faktanya, beragam manfaat CRM mampu meningkatkan bisnis dengan optimal. Berbagai perusahaan yang mengetahui hal tersebut pun menggunakan CRM untuk memaksimalkan penjualan.

Nah, lantas bagaimana metode pendekatan CRM sebagai strategi marketing untuk meningkatkan bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melakukan pendekatan personal dan segmentasi pelanggan

Di dalam aplikasi CRM, seluruh data informasi pelanggan dapat dianalisis sesuai kebutuhan pelanggan. Tiap aktivitas pembelian pelanggan terekam dengan baik. Hal ini memungkinkan staf Anda dapat melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Tanpa adanya aplikasi CRM, staf juga Anda bisa menghubungi satu pelanggan yang sama dalam satu waktu. Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi tentang hal tersebut. Staf Anda dapat melihat pelanggan mana yang sudah dihubungi atau belum oleh staf lain. Pekerjaan menjadi lebih mudah bukan?

Selain itu, banyaknya infomasi dari berbagai sumber membuat data perusahaan Anda terpencar-pencar. Jika ingin mencari informasi terkait pelanggan, staf Anda pasti akan merasakan kesulitan.

Dengan aplikasi CRM, keseluruhan data dapat terpusat dalam satu sumber. Staf Anda tidak perlu repot mencari data di tumpukan dokumen atau di file yang berbeda-beda lagi.

Dari informasi kontak yang tercatat rapi, staf Anda bisa mengetahui kebutuhan tiap pelanggan. Dengan begitu, mereka dapat menawarkan produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan tersebut. Tentu hal ini menaikkan penjualan perusahaan Anda dan menjadi strategi marketing bisnis yang baik.

2. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Sistem CRM, seperti CRM Barantum, mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dari berbagai media sosial ke dalam satu platfrom. Risiko pesan pelanggan yang tidak terbalas pun kecil.

Coba bayangkan, perusahaan Anda yang tidak menggunakan CRM. Staf Anda menginput data informasi pelanggan dari berbagai saluran komunikasi secara manual. Tentu data informasi pelanggan dalam satu perusahaan bisa mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan.

Betapa sulit dan memakan waktu staf Anda untuk menginput data. Ditambah, kemungkinan staf Anda melewatkan pesan dari pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan akan menurun.

Sekarang bayangkan perusahaan Anda memiliki omnichannel CRM. Sistem ini mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi Anda dalam satu halaman. Staf Anda mudah melihat berbagai pesan yang masuk dari pelanggan.

CRM marketing bisnis

 

3. CRM mampu menganalisis kebutuhan pelanggan

CRM stategi marketing bisnis

CRM mampu menganalisis kebutuhan pembeli Anda. Sistem CRM mencatat seluruh aktivitas pembeli Anda dari berbagai platform. Dari hasil seluruh aktivitas tersebut, Anda bisa melihat apa saja yang menjadi minat pembeli Anda, termasuk kebutuhan mereka.

Seluruh percakapan di berbagai platfrom media sosial pun dapat terintegrasi di dalam satu halaman sistem CRM. Hal ini membuat staf Anda menjadi lebih mudah menanggapi pesan pelanggan. Pelanggan Anda pun tidak perlu lama menunggu balasan pesan dari staf Anda.

Jika Anda memiliki sistem CRM, Anda bisa mudah menawarkan penjualan terhadap pembeli Anda. Anda bisa melihat pembelian dominan pembeli Anda. Penawaran sesuai kebutuhan pelanggan meningkatkan penjualan bisnis.

CRM meningkatkan efisiensi kerja staf Anda. Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama.

Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.  Seluruh aktivitas tercatat dan ditampilkan dengan baik dan real time.

4. CRM mampu mengintegrasikan berbagai platfrom dalam satu halaman

CRM strategi marketing bisnis

CRM menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

Dengan adanya sistem ini, staf Anda lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Di sisi lainnya, CRM membantu staf Anda untuk melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu kali klik. Data informasi pelanggan akan tersimpan rapi dalam sistem. Jadi, staf Anda yang ingin melakukan penawaran hanya tinggal melihat kontak yang sudah tersimpan dalam sistem.

Dalam sistem CRM, informasi kontak, riwayat aktivitas, riwayat percakapan dan infomasi lainnya terkait pembeli tersimpan secara rapi dan otomatis. Anda pun dapat mengubah dan menambahkan informasi pembeli Anda secara real time.

Data yang tersimpan memudahkan Anda untuk melakukan penjualan. Kemudahan dari CRM sebagai strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan Anda.

Baca juga: Omzet Meningkat dengan Manfaat Omnichannel CRM

Rasakan Manfaat CRM untuk Tingkatkan Penjualan Anda

CRM menjadi solusi tepat dan praktis sebagai strategi marketing bisnis. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan. Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda. Dapatkan kemudahan akses CRM untuk tingkatkan penjualan Anda dari Barantum sebagai strategi meningkatkan penjualan perusahaan Anda.

CRM marketing bisnis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".