Industri Kimia Menyongsong Industri 4.0

 

Tidak bisa di pungkiri, saat ini industri berbasis 4.0 sudah menjadi target pengembangan industri yang ada di Indonesia. Bukan saja karena konteks industri ini sesuai dengan apa yang di kumandang-kan dalam United Nations Industrial Development Organization (UNIDO). Namun kenyataan bahwa industri di Indonesia sudah mulai masuk dalam konsep industri tersebut bisa dilihat dari peningkatan nilai berdasarkan sisi manufacture value added. Dimana kondisinya dari tahun 2014 (USD202,82 miliar) naik sekitar 16,7% menjadi  2018 (USD236,69 miliar)

 

industri kimia

Dimana dari beberapa sektor tersebut adalah sektor kimia yang di arahkan Pemerintah Pusat Seperti yang di sampaikan oleh Airlangga Hartato, Menteri Perindustrian Republik Indonesia yaitu agar Indonesia bisa menjadi pioneer dalam pengembangan industri 4.0 di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya sektor industri kimia di jadikan pioneer dibandingkan beberapa sektor lain seperti : Industri Tekstil, Otomotif, Elektronika, serta Makanan & Minuman.

Pernyataan Airlangga Hartato itu memang bukan tanpa sebab. Mengingat hingga memasuki tahun 2019 kondisi bisnis di sektor kimia semakin menunjukkan potensi bisnisnya. Pertama saat ini potensi bisnis untuk industri kimia sudah mencapai angka yang cukup signifikan yaitu USD 5 Miliar dan mampu menguasai 70% pangsa pasar domestik. Kedua besarnya potensi pasar farmasi dalam negeri itu ternyata jika di bandingkan dengan potensi bisnis farmasi yang ada di negara Asean hanya setara 27% total potensial pasar farmasi yaitu senilai USD 4,7 Miliar.

 

industri farmasi

 

Itulah beberapa hal yang membuat Pemerintah Pusat menyatakan bahwa industri kimia nasional di jadikan benchmark untuk pengembangan sektor industri yang ada di Indonesia. Itulah kenapa, hingga pada akhirnya Pemerintah ingin memaksimalkan potensi yang di miliki industri farmasi yang ada di tanah air agar bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri serta mampu menjadi salah satu peluang ekspor yang sangat potensial untuk Indonesia.  Dimana salah satu cara yang saat ini tengah di jalankan oleh Pemerintah Indonesia guna mendukung perkembangan bisnis farmasi yang ada di Indonesia adalah program peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia dalam program BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan.

 

bpjs

 

Realisasi dari adanya program tersebut adalah, bahwa Pemerintah akan melibatkan industri farmasi dan bahan farmasi yang merupakan salah satu trigger  untuk menggerakan perekonomian Indonesia dalam penyediaan obat-obatan generik dalam program BPJS Kesehatan untuk sekitar 160 juta penduduk  Indonesia. Program ini bukan saja sekadar program nasional yang akan berjalan dalam perspektif program kerja jangka panjang. Tetapi program ini juga di arahkan agar menjadi multi flier efek bagi pergerakan ekonomi Indonesia.

Terbukti sekalipun belum di jalankan secara maksimal, namun program ini mampu meningkatkan potensi ekonomi secara nasional. Hal itu seperti terlihat dari satu kondisi nyata bahwa dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035 Industri Farmasi dan Bahan Farmasi  menjadi salah satu sektor yang cukup bisa menjadi andalan bagi penggerak utama perekonomian Indonesia, tidak saja di masa kini tetapi juga masa mendatang. Setidaknya hal itu terbukti dengan kontribusi positif yang telah diberikan oleh industri farmasi terhadap PDB Nasional yang berkontribusi sebesar 54,4 Triliun Rupiah.

 

geliat industri farmasi

 

PENTINGNYA PENGUASAAN TEKNOLOGI DALAM INDUSTRI KIMIA

 

Ketika pemerintah pusat fokus dalam men-sinergi-kan program BPJS Kesehatan dengan industri farmasi dalam negeri. Inilah sebenarnya momentum awal dari implementasi industri 4.0 yang  sedang terjadi di Indonesia. Dimana ada beberapa karakter atau ciri dari industri 4.0  yang memang berhubugan langsung dengan aplikasi teknologi digital di Indonesia.

Adalah aplikasi CRM (Customer Relationship Management) sebuah sistem  yang akan memaksimalkan potensi customer dalam mengembangkan bisnis dari sebuah perusahaan. Konsep ini akan menjadi sangat penting dan mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis di dalam industri  farmasi secara nasional.

Handri Kosada, CEO Barantum.com memberikan penjelasannya.  “CRM adalah satu sistem yang bersumber dari database customer. Dimana dengan mengoptimalkan fungsi dari CRM maka perusahaan bisa mendapatkan banyak masukan yang akan di jadikan salah satu sumber dalam membuat strategi bisnis bagi perusahaan.”

Jika konsep ini di terapkan dalam program BPJS Kesehatan dan industri farmasi nasional. Maka ada satu kebutuhan yang cukup tinggi dari industri farmasi untuk mendapatkan masukan yang cukup penting dari customer terhadap keberadaan obat-obatan dan pasokan obat yang ada di Indonesia. Istilahnya, sistem CRM bisa menjadi sumber terpercaya bagi industri karena secara riil memberikan masukan penting guna perkembangan dan pengembangan industri farmasi di tanah air. Itulah salah satu manfaat pentingnya pemanfaatan teknologi dalam menunjang perkembangan sebuah industri secara nasional.

 

CRM bisnis alat kesehatan

TEKNOLOGI DIGITAL MAMPU MEMPERBESAR POTENSI BISNIS INDUSTRI KIMIA NASIONAL

 

Prediksi Pemerintah pusat terkait proyeksi nilai investasi di sektor industri kimia di tahun 2019 yang cukup besar yaitu Rp. 130 triliun, secara nyata menjadi satu bukti bahwa memang perlu adanya integrasi dan sinergi antar pelaku bisnis yang ada di Indonesia agar potensi bisnis di sektor industri kimia ini semakin besar.

Terlebih dengan semakin kuatnya peran teknologi digital dalam memperkuat keberadaan  industri farmasi nasional akan makin menjelaskan bahwa memang  industri farmasi dan beberapa industri yang ada di Indonesia perlu adanya dukungan dari industri yang berbasis teknologi. Karena dengan adanya konvergensi teknologi digital yang saat  ini terjadi sudah pasti akan mengubah peta industri dari setiap aspek industri yang ada di Indonesia.

Harapannya adalah, dengan semakin ter-integrasikan-nya sistem aplikasi yang berbasis teknologi digital maka bisa diharapkan perkembangan dan pengembangan ke depan sebuah industri yang berbasis teknologi digital makin besar. Sehingga komponen yang ada dalam industri tersebut seperti Automasi, Internet of Things (IOT), Intelligent connected device, VR/AR, kecerdasan buatan (AI), analisa dan big data, platform baru , ekosistem cloud, blockchain dan cybersecurity akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah reformasi industri kimia  yang berbasis 4.0.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".