Lead scoring sangat dibutuhkan dalam proses penjualan

Bagaimana cara Anda mengetahui mana leads yang berpotensi menjadi pembeli? Apakah Anda akan menghubungi mereka satu per satu? Atau apakah Anda akan langsung menawarkan produk kepada mereka? Sebelum Anda melakukan itu semua, ada baiknya Anda melakukan penilaian terhadap setiap lead Anda. Lead adalah sejumlah orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda dengan memberikan data diri secara sukarela terhadap bisnis Anda. Namun, hal ini tidak berarti bahwa tidak semua lead benar-benar ingin membeli produk Anda. Oleh karena itu, melakukan penilaian terhadap leads akan memberikan wawasan kepada Anda; mana lead yang potensial, mana yang tidak. Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan energi Anda untuk menelpon semua leads. 

Apa itu lead scoring?

Lead scoring adalah sistem peringkat leads berdasarkan nilai yang ditetapkan untuk peluang mereka untuk berkonversi. Alat penilaian leads mempertimbangkan sejumlah perilaku dan keterlibatan individu untuk menentukan skor leads. Hal-hal seperti membaca postingan blog, mengunjungi halaman harga produk Anda, mengisi formulir, dan sebagainya.

Leads yang memiliki skor maksimum adalah yang paling potensial. Anda akan menemukan mereka di bagian atas daftar sebagai prioritas tinggi. Mari kita gunakan contoh untuk memperjelas.

Katakanlah seseorang mengklik iklan Google Anda, datang ke situs web Anda, membaca beberapa blog, dan mengisi kutipan- semua tindakan ini menunjukkan bahwa leads memiliki niat tinggi untuk berkonversi. Secara alami, platform penilaian utama akan memberinya lebih banyak poin.

Di sisi lain, pengguna mengikuti tautan sosial Anda, membaca blog Anda, memeriksa situs web Anda, dan pergi – orang ini akan mendapatkan skor rendah. Beginilah cara kerja penilaian leads!

Baca juga: Bagaimana CRM Mengatur Prospek (Calon Pembeli) Menjadi Pelanggan

Bagaimana cara kerja software penilaian leads?

Secara tradisional, perusahaan mencetak leads secara manual. Tetapi berkat teknologi, kini telah hadir software penilaian leads seperti CRM yang memiliki kemampuan penilaian prediktif dan memberikan solusi mandiri. Software ini dapat mempertimbangkan beberapa faktor untuk menentukan skor leads. Anda dapat memprogram parameter dan perilaku dan membiarkan software melakukan sisanya. Berikut merupakan ilustrasi agar Anda memahami cara kerjanya. 

Misalnya Anda menjual mobil. Target pembeli Anda berusia 35 hingga 55 tahun, dengan pendapatan tahunan sekian juta rupiah, dan bergelar sarjana. Kapan pun lead cocok dengan parameter Anda, dia akan mendapatkan poin. Jika dia cocok dengan sebagian besar parameter, skornya akan lebih banyak.

Software penilaian leads modern menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan penilaian prediktif. Faktor algoritme dalam pembelian dan data perilaku serta memprediksi kapan pelanggan kemungkinan akan melakukan pembelian. Anda harus menentukan tindakan yang menunjukkan pergeseran dari minat ke niat. Kemudian Anda dapat memprogram tindakan tersebut ke dalam software penilaian leads Anda untuk melacak leads berpotensial melalui otomatisasi alur kerja.

Faktor apa sajakah yang mempengaruhi penilaian leads?

Coba beberapa saran berikut ini:

  • Dapatkan wawasan dari tim penjualan: Tim penjualan Anda paling mengenal pelanggan Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda postingan blog mana yang paling banyak menghasilkan penawaran dan penawaran mana yang tidak mendatangkan pelanggan. Berdasarkan wawasan ini, Anda dapat menemukan konten dan tindakan terbaik yang mengonversi leads dan menetapkan langkah yang sesuai.
  • Menanyakan pelanggan Anda: Anda dapat mewawancarai pelanggan Anda untuk menentukan pemicu yang mendorong mereka untuk mengambil tindakan. Ini bisa berupa ulasan produk, penawaran, umpan balik, dan sebagainya. Cukup berikan kuesioner kepada pelanggan Anda dan cari tahu apa yang terbaik.
  • Jalankan dalam analitik: Analisis dapat mengungkapkan banyak hal tentang pelanggan Anda dan perilaku mereka. Anda bisa mendapatkan upaya atribusi dan menemukan kampanye yang menghasilkan paling banyak leads. Anda juga dapat melihat tindakan mana yang menghasilkan konversi, dan menyiapkan sistem penilaian prospek Anda berdasarkan itu.

Model penilaian leads

Bisnis menggunakan model penilaian leads yang berbeda untuk menentukan kompatibilitas leads dengan produk. Anda dapat membuat model penilaian leads Anda sendiri yang mendukung atribut tertentu dari pelanggan inti Anda. Berikut adalah beberapa model penilaian prospek untuk pertimbangan Anda:

  • Parameter Demografis

Demografi memungkinkan Anda menilai leads saat menargetkan audiens tertentu. Misalnya Anda ingin menjual produk ke kelompok usia tertentu, atau orang-orang yang memiliki profesi tertentu. Anda dapat mengumpulkan data demografis dengan mengajukan pertanyaan di landing page Anda.

  • Penilaian Perusahaan

Jika Anda menjual ke perusahaan, Anda dapat memberikan penilaian kepada perusahaan yang memenuhi ukuran target, pendapatan, atau lokasi Anda. Jika sebuah perusahaan tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat mengambil skor penilaian untuk menentukan leads yang tepat.

  • Perilaku Online

Anda dapat menilai prospek berdasarkan perilaku online mereka. Seorang pengguna bisa mendapatkan lebih banyak skor untuk menjelajahi halaman produk Anda dibandingkan dengan seseorang yang baru saja melihat informasi perusahaan Anda. Penilaian prospek prediktif dapat menganalisis perilaku online dan mencerminkan perubahan saat prospek bergerak ke dalam saluran penjualan.

Anda juga dapat menggunakan model penilaian prospek berdasarkan:

  • Buka dan rasio klik-tayang email
  • Keterlibatan sosial dari leads Anda

Baca juga: 13 Metode Efektif Dapatkan Pelanggan Potensial

Pilihlah software penilaian leads yang tepat

Seperti yang kami sebutkan di atas, bahwa CRM merupakan software penilaian leads yang handal. Kini sudah tersedia berbagai merk CRM yang mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya. Pastikan Anda memilih CRM yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan CRM Barantum. CRM ini memiliki fitur penjaringan serta penilaian leads yang baik. Selain itu, CRM Barantum senantiasa memberikan wawasan tentang leads beserta perkembangannya hingga mengonversi mereka menjadi pelanggan.

Gunakan CRM Barantum sekarang dan rasakan uji coba GRATIS nya selama 7 hari di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments