Manfaat Aplikasi CRM untuk Bisnis Retail

crm untuk bisnis retail

CRM Dalam Bisnis Retail

 

CRM untuk retail bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya Anda dan meningkatkan kinerja perusahaan Anda di pasar. Salah satu manfaat Perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) mengelola hubungan bisnis retail dengan pelanggan individu untuk menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak. Untuk memilih perangkat lunak yang sesuai dan memastikan kalau CRM tersebut menyertakan fitur yang Anda butuhkan, Anda harus tahu cara kerja CRM dan manfaatnya pada bisnis retail Anda.

Segmentasi pelanggan pada bisnis Retail dengan CRM

CRM membantu Anda mengumpulkan informasi tentang masing-masing pelanggan Anda, termasuk preferensi dan data demografis. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mensegmentasi pasar Anda dan menyesuaikan pendekatan Anda untuk setiap kelompok pelanggan. Misalnya, jika Anda memiliki banyak keluarga muda di suatu segmen, Anda dapat menciptakan lingkungan retail yang ramah keluarga. Jika data Anda menunjukkan Anda memiliki banyak manula, Anda dapat membuat akses masuk lebih landai untuk kursi roda dan membuat toko Anda lebih mudah diakses. Manfaat segmentasi berdasarkan data CRM adalah untuk menyesuaikan strategi retail Anda agar lebih sesuai dengan pelanggan yang Anda miliki.

Tentukan Promosi Usaha Retail Anda melalui data CRM

Dalam penggunaannya pada bisnis retail, data yang Anda kumpulkan dalam sistem CRM memungkinkan Anda tidak hanya menargetkan segmen pasar dengan promosi yang menarik bagi para anggotanya, tetapi juga untuk menargetkan pelanggan individu. Misalnya, ketika Anda tahu bahwa seorang pelanggan mencapai usia pensiun, Anda dapat mempromosikan produk hobi yang sesuai dengannya. Jika Anda melihat bahwa seorang pelanggan telah mengunjungi situs web Anda dan melihat produk-produk tertentu, Anda dapat menyertakan promosi produk-produk itu dalam email. Dengan cara ini CRM juga mengurangi promosi yang tidak menarik bagi penerima dan memberikna manfaat untuk meningkatkan relevansi materi yang Anda kirim.

Kelola Seluruh Informasi Pembelian Pelanggan pada toko retail Anda

Sistem CRM menyimpan catatan pembelian pelanggan dan panggilan layanan pelanggan. Anda dapat melacak produk yang dibeli oleh setiap pelanggan dan apakah ada masalah garansi atau ketidakpuasan dengan pembelian tersebut. Informasi ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan penawaran khusus kepada pelanggan ketika produk yang telah mereka beli mencapai akhir hayatnya. Strategi seperti itu membuat produk Anda tetap berada di depan pelanggan tepat saat ia membutuhkannya dan memberinya manfaat dengan harga yang lebih rendah jika ia membeli dari Anda lagi. Di pihak Anda, biaya promosi yang ditargetkan seperti itu lebih rendah daripada pemasaran ke grup besar dan hanya menerima beberapa tanggapan.

CRM untuk mempertahankan Pelanggan dalam Bisnis Retail Anda

Manfaat CRM secara keseluruhan adalah untuk meningkatkan retensi pelanggan dengan melayani mereka dengan cara yang lebih fokus dan nyaman. Anda selanjutnya dapat meningkatkan manfaat ini dengan menggunakan perangkat lunak CRM untuk mengimplementasikan program loyalitas pelanggan. Karena aplikasi sudah melacak pembelian, Anda dapat mengeluarkan poin hadiah dan bonus untuk menjaga pelanggan yang berharga. Program semacam itu membuat Anda mengurangi biaya lebih banyak karena penjualan ke pelanggan lama lebih murah daripada penjualan ke pelanggan baru

baca disini untuk mengetahui lebih tentang CRM : Apa itu CRM? Pengertian dan Pentingnya CRM serta Penggunaannya

Bisnis apa pun yang melayani basis pelanggan dapat mengambil manfaat dari CRM, apakah basis itu B2B atau B2C. Dalam bisnis retail, CRM dapat membantu meningkatkan bisnis, karena pelanggan baru menemukan produk mereka dan memberikan informasi. Dengan Barantum CRM akan membantu bisnis Anda secara keseluruhan, dengan fitur yang lengkap dan kemudahan dalam penggunaan. Anda bisa mencoba Barantum CRM gratis selama 14 hari, disini

Artikel terkait :

 

In this article

Join the Conversation

18 − 11 =