Inilah Perbedaan Telemarketing dan Telesales Yang Perlu Anda Ketahui

Dalam dunia bisnis, telemarketing dan telesales seringkali dianggap sebagai strategi pemasaran yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Mempelajari perbedaan telemarketing dan telesales ini penting karena dapat membantu bisnis memilih strategi pemasaran yang tepat dan lebih efektif. Terlebih lagi, dengan semakin banyaknya pesaing di pasar saat ini, penting untuk memilih strategi pemasaran yang tepat agar bisnis Anda dapat terus bertahan dan berkembang.

Oleh karena itu, dalam artikel ini Anda akan mempelajari definisi dari telemarketing dan telesales, dan perbedaan mendasar antara keduanya. Anda juga akan mendapatkan gambaran tentang tugas-tugas yang dilakukan oleh para profesional di bidang ini. Dengan memahami perbedaan antara telemarketing dan telesales, Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Apa perbebedaan antara telemarketing dan telesales? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Telemarketing dan Telesales?

Telemarketing dan telesales adalah dua jenis strategi pemasaran yang sering digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Telemarketing melibatkan penggunaan telepon untuk menghubungi pelanggan potensial dan memperkenalkan produk atau layanan kepada mereka. Selain itu, telemarketing juga dapat digunakan untuk menjual produk atau layanan secara langsung kepada pelanggan. Dalam telemarketing, agen penjualan yang terlatih akan menelepon calon pelanggan dan berinteraksi dengan mereka dengan tujuan membangun hubungan dan menjual produk atau layanan. Telemarketing sering kali dilakukan oleh bisnis yang memiliki basis pelanggan yang luas atau ingin mencapai pasar yang lebih luas.

Di sisi lain, telesales lebih fokus pada penjualan produk atau layanan melalui telepon. Tujuan utama dari telesales adalah untuk membuat penjualan secara langsung melalui telepon. Dalam telesales, agen penjualan biasanya sudah memiliki daftar calon pelanggan yang tertarget, dan mereka akan menelepon calon pelanggan dengan tujuan untuk menjual produk atau layanan. Telesales seringkali dilakukan oleh bisnis yang memiliki produk atau layanan dengan harga yang relatif tinggi atau mengandalkan penjualan langsung melalui telepon. Meskipun telemarketing dan telesales serupa dalam penggunaan telepon sebagai alat pemasaran, tujuan dan pendekatan keduanya berbeda dan dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Kedua strategi ini dapat sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Namun, keberhasilan keduanya bergantung pada kualitas tim penjualan dan dukungan teknologi yang mereka gunakan. Bisnis yang ingin menggunakan telemarketing atau telesales sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka perlu memastikan bahwa agen penjualan mereka terlatih dengan baik dan memiliki kemampuan komunikasi yang kuat. Selain itu, mereka perlu menggunakan teknologi seperti panggilan rekaman dan analisis panggilan untuk memantau kinerja tim penjualan mereka dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran mereka.

Apa Perbedaan Telemarketing dan Telesales?

Beberapa perbedaan telemarketing dan telesales, yaitu:

1. Dari Segi Tujuan

Tujuan utama dari telemarketing dan telesales memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Telemarketing bertujuan untuk menarik minat calon pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Agar tujuan ini tercapai, agen telemarketing melakukan promosi dengan cara memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan kepada pelanggan potensial. Informasi yang diberikan meliputi spesifikasi produk atau layanan, keuntungan yang diperoleh, dan potensi manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan. Tujuan utama telemarketing adalah mempengaruhi calon pelanggan agar tertarik dan mau mempertimbangkan untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Sementara itu, tujuan utama dari telesales adalah melakukan penjualan produk atau layanan secara langsung melalui panggilan telepon. Agar tujuan ini tercapai, agen telesales harus memiliki kemampuan dalam mengenali kebutuhan pelanggan, menawarkan produk atau layanan yang sesuai, dan menyelesaikan transaksi penjualan secara langsung melalui telepon. Tujuan utama telesales adalah untuk melakukan penjualan yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Perbedaan tujuan utama antara telemarketing dan telesales terletak pada akhir dari setiap tugas. Telemarketing bertujuan untuk membangun minat calon pelanggan dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Setelah minat terbangun, maka para agen telemarketing akan memberikan informasi detail tentang produk atau layanan yang ditawarkan, serta mempengaruhi pelanggan untuk mempertimbangkan membeli atau menggunakan produk atau layanan tersebut. Sementara itu, tujuan utama telesales adalah untuk menjual produk atau layanan yang ditawarkan dan menyelesaikan transaksi penjualan secara langsung melalui panggilan telepon.

2. Dari Segi Tugas

Perbedaan antara telemarketing dan telesales dapat dilihat dari segi tugas yang dilakukan. Meskipun keduanya terkait dengan penjualan melalui telepon, namun tugas yang dilakukan oleh telemarketing dan telesales memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Tugas utama dari telemarketing adalah melakukan promosi produk atau layanan kepada pelanggan potensial melalui panggilan telepon. Telemarketing bertujuan untuk menarik minat pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Para agen telemarketing bertugas untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan, menjawab pertanyaan pelanggan, serta meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

Sementara itu, tugas utama dari telesales adalah melakukan penjualan produk atau layanan secara langsung melalui panggilan telepon. Para agen telesales bertanggung jawab untuk menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan, membantu pelanggan dalam memilih produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan, serta menyelesaikan proses transaksi penjualan secara langsung melalui telepon.

3. Cara Interaksi ke Pelanggan

Perbedaan lainnya antara telemarketing dan telesales juga terlihat pada cara penjualan berinteraksi dengan pelanggan. Telemarketing lebih fokus pada membangun hubungan dengan pelanggan melalui panggilan telepon dan mengajak mereka untuk mempertimbangkan produk atau layanan yang ditawarkan. Agar tujuan ini tercapai, para agen telemarketing harus memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, membangun kepercayaan, dan mengatasi keberatan yang mungkin dihadapi oleh calon pelanggan.

Sementara itu, telesales lebih fokus pada menjual produk atau layanan langsung melalui panggilan telepon. Para agen telesales harus memiliki kemampuan dalam menentukan kebutuhan pelanggan, memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan mereka, dan menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dalam hal interaksi dengan pelanggan, telemarketing lebih bersifat informatif dan persuasif, sementara telesales lebih bersifat transaksional. Para agen telemarketing akan lebih banyak memberikan informasi tentang produk atau layanan dan meyakinkan calon pelanggan untuk mempertimbangkan produk atau layanan tersebut. Sementara itu, para agen telesales lebih fokus pada menawarkan produk atau layanan dan menyelesaikan transaksi penjualan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

4. Fokus Pekerjaan

Perbedaan antara telemarketing dan telesales juga terlihat pada fokus pekerjaan masing-masing. Telemarketing lebih fokus pada membangun hubungan dengan pelanggan melalui panggilan telepon dan menghasilkan potensi penjualan di masa depan. Para agen telemarketing harus bisa memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan informasi yang relevan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Agar dapat membangun hubungan yang baik dengan calon pelanggan, para agen telemarketing juga harus mampu mengatasi keberatan yang mungkin muncul serta mengajak calon pelanggan untuk mempertimbangkan produk atau layanan yang ditawarkan di masa depan.

Sementara itu, telesales lebih fokus pada penjualan langsung melalui panggilan telepon dan menghasilkan pendapatan sebanyak mungkin di saat itu juga. Para agen telesales harus memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan untuk menawarkan produk atau layanan yang tepat secara langsung dan memenangkan transaksi penjualan.

Dalam hal fokus pekerjaan, telemarketing lebih cenderung bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Hubungan jangka panjang ini dapat berkontribusi pada keberhasilan bisnis di masa depan dan menciptakan peluang penjualan yang berkelanjutan. Sementara itu, telesales lebih cenderung bertujuan untuk mencapai target penjualan saat itu juga dan menghasilkan pendapatan sebanyak mungkin. Walaupun demikian, para agen telesales juga harus mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan untuk menciptakan peluang penjualan di masa depan. Hal ini penting karena kepuasan pelanggan merupakan kunci utama kesuksesan dalam bisnis.

Apa Saja Tugas Telemarketing dan Telesales?

Adapun tugas telemarketing dan telesales, yaitu:

1. Telemarketing

  • Menelepon daftar pelanggan potensial untuk memperkenalkan produk atau layanan.
  • Memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan dan menjawab pertanyaan pelanggan.
  • Memastikan bahwa pelanggan potensial memiliki minat dalam produk atau layanan dan siap untuk berlangganan atau membeli.
  • Mengatur janji temu dengan pelanggan potensial atau meminta izin untuk menghubungi kembali di kemudian hari.
  • Menjaga catatan panggilan dan memperbarui informasi pelanggan.

2. Telesales

  • Menelepon pelanggan yang sudah ditargetkan dengan tujuan untuk membuat penjualan langsung.
  • Memperkenalkan produk atau layanan yang ditawarkan dan menjawab pertanyaan pelanggan.
  • Menjelaskan manfaat dan keunggulan produk atau layanan dan meyakinkan pelanggan untuk membeli.
  • Mengidentifikasi pelanggan potensial yang memiliki minat tinggi dan kemungkinan besar untuk membeli.
  • Meningkatkan jumlah penjualan dan mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Kedua jenis pekerjaan ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang kuat dan pengetahuan yang baik tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Agen penjualan harus mampu menjelaskan produk atau layanan secara efektif dan meyakinkan pelanggan potensial atau pelanggan untuk membeli. Selain itu, agen penjualan harus dapat bekerja dengan cepat, mengidentifikasi peluang penjualan, dan membuat keputusan yang baik. Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan penggunaan teknologi juga sangat penting dalam tugas-tugas ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja Telemarketing dan Telesales?

Untuk meningkatkan efektivitas telemarketing dan telesales, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM).

Berikut cara meningkatkan telemarketing dan telesales dengan menggunakan sistem CRM:

  • Memperoleh informasi pelanggan yang lebih akurat dan lengkap – Dengan menggunakan sistem CRM, bisnis dapat memperoleh informasi pelanggan yang lebih akurat dan lengkap.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas – Dengan sistem CRM, proses pemasaran dapat dilakukan secara otomatis, seperti mengirimkan pesan atau email otomatis, mengirimkan pengingat untuk tindakan berikutnya, dan lain sebagainya.
  • Memperkuat hubungan dengan pelanggan – Dengan sistem CRM, bisnis dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui interaksi yang lebih personal dan lebih terarah.

Dalam keseluruhan, penggunaan sistem CRM, seperti Barantum, dapat membantu bisnis meningkatkan efektivitas dan efisiensi telemarketing dan telesales. Barantum sebagai penyedia layanan call center sudah mencakup seluruh layanan customer service dan call center, baik inbound call dan outbound serta dapat terintegrasi dengan CRM. Sehingga menjadi solusi terbaik bagi banyak bisnis di Indonesia dan atas kepercayaan dari para pelanggan kami, Barantum bisa menjadi sistem CRM dan call center berbasis cloud yang terbaik di Indonesia.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".