CRM meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan

Customer Relationship Management (CRM) sejatinya adalah sebuah software untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Kata ‘Relationship’ atau hubungan yang terdapat pada tengah sudah jelas memberitahukan kita mengenai fungsi utama dari alat ini. Hubungan ini yang merupakan jembatan antara bisnis Anda dengan pelanggan. Hubungan yang baik tentu akan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak, dalam hal ini bisnis dengan pelanggan.

Tak heran, sebagian perusahaan telah menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas dan kosistensi hubungan mereka terhadap pelanggan. Sehingga terciptalah loyalitas pelanggan. Ini berarti bahwa mereka ingin meningkatkan proses bisnis inti mereka – mengelola informasi kontak dan merampingkan hubungan mereka dengan pelanggan.

Manfaat CRM untuk meningkatkan hubungan pelanggan

1. Pengetahuan pelanggan yang lebih baik

Kedengarannya sederhana, tetapi fakta bahwa Anda memiliki semua informasi yang tersimpan di setiap kontak pada satu tempat membuat CRM menjadi alat komunikasi yang sangat kuat. Seperti lembar contekan yang menawarkan akses mudah ke informasi penting, sistem CRM memberi tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan Anda keunggulan kompetitif.

CRM tidak hanya mengetahui nama lengkap kontak, alamat email, nomor telepon, alamat pos, situs web dan akun media sosial pelanggan Anda. Tetapi juga fakta bisnis penting seperti posisi pelanggan di perusahaan, hubungannya dengan pelanggan lain di database Anda, bahasa yang mereka gunakan, dan bahkan hari ulang tahun mereka. Dengan semua informasi ini di ujung jari Anda , mempersonalisasi komunikasi Anda dengan pelanggan menjadi sangat mudah.

Kedua, dengan bantuan CRM Anda dapat menyimpan semua aktivitas, proyek, penjualan, pesan obrolan langsung, pertukaran email, faktur, pesanan, kontrak, atau permintaan layanan pelanggan yang pernah melibatkan kontak. Dengan kata lain, sistem CRM memungkinkan Anda mengetahui lebih baik siapa kontak Anda dan apa yang mereka inginkan.

2. Segmentasi yang lebih baik

Semua orang ingin berurusan dengan audiens yang sempurna. Anda dapat melakukannya dengan melakukan segmentasi kontak (pelanggan dan prospek) ke dalam target audiens. Dan hampir tidak ada hal lain di luar sana yang melakukan segmentasi lebih baik daripada CRM.

CRM memungkinkan Anda untuk mengelompokkan data berdasarkan kategori dan kriteria, sehingga memudahkan untuk membuat daftar fokus. Digunakan dalam penjualan dan pemasaran, daftar tersegmentasi tersebut memungkinkan Anda untuk menjalankan  kampanye pemasaran pelanggan tertentu (dan  kampanye pemasaran berbasis akun) dan menganalisis proses penjualan dan kumpulan prospek Anda.

Ketika Anda tahu siapa yang Anda tuju, Anda dapat secara sadar menyesuaikan penawaran Anda, taktik Anda, dan bahkan promosi penjualan Anda! Singkatnya, sistem CRM yang baik membantu Anda mengetahui lebih baik siapa yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, siapa yang masih ragu-ragu, dan siapa yang sedingin es.

Baca juga: Tips Memilih CRM Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

3.Retensi pelanggan yang lebih baik

Selain sebagai aset yang hebat dalam menemukan dan memelihara calon pelanggan dan pelanggan baru Anda, CRM juga merupakan alat yang hebat untuk membuat pelanggan Anda tetap senang.

Sistem CRM hadir dengan beberapa manfaat ‘retensi pelanggan’. Ini akan membantu Anda menepati janji dengan mengingatkan Anda tentang janji temu atau kapan harus mengirim email tindak lanjut. Tapi apa yang membuat trik sebenarnya di sini adalah bahwa CRM juga dapat meminta Anda untuk menjangkau pelanggan yang sudah lama tidak dihubungi, dan mungkin merasa diabaikan.

4. Mengetahui kebutuhan pelanggan dengan lebih baik

Lebih mudah untuk melakukan cross-sell atau upsell kepada pelanggan jika Anda telah melacak kebiasaan membeli mereka.

Dan karena salah satu manfaat utama memiliki sistem CRM adalah membantu tenaga penjualan menjual lebih banyak dan menjual lebih cepat, akses ke riwayat interaksi pelanggan melalui seluruh perjalanan pelanggan yang memungkinkan perwakilan penjualan mengantisipasi kebutuhan pelanggan.

Jika Anda mengetahui riwayat pembelian prospek– apa yang mereka beli dan kapan, kontrak apa yang ditawarkan kepada mereka, kebiasaan membeli apa yang mereka tunjukkan, dan bahkan bagaimana mereka menjadi pelanggan Anda, Anda dapat proaktif dan memberikan penawaran baru atau yang lebih baik pada waktu yang tepat !

Sebuah sistem CRM juga sangat diperlukan dalam menyediakan layanan pelanggan yang hebat. Akses ke riwayat interaksi memudahkan untuk menawarkan layanan pelanggan yang tepat waktu .

Hanya dengan beberapa klik dan Anda tahu apakah kontak memiliki masalah dengan produk Anda, bagaimana permintaan layanan mereka ditangani, dan apakah mereka puas atau tidak. Dan jika mereka mengeluh tentang sesuatu di masa lalu – ini adalah kesempatan Anda untuk menebus reputasi Anda dan menawarkan pengalaman pelanggan yang jauh lebih baik.

5. Komunikasi yang lebih baik dan lebih cepat

Tidak membuat pelanggan Anda menunggu dengan cepat membalas permintaan mereka adalah tanda profesionalisme.

Menghemat waktu Anda dan pelanggan Anda adalah sistem CRM, yang menawarkan kepada Anda satu set template email, surat, dokumen, proposal, invoice, undangan, buletin, dan lainnya yang dapat disesuaikan dan siap digunakan.

6. Perlindungan data privasi yang lebih baik

Dalam menyimpan data kontak atau pelanggan, sistem CRM membantu Anda dalam hal-hal berikut:

  • Mendapatkan dan mendokumentasikan izin kontak Anda untuk menyimpan dan menggunakan detail pribadi mereka (persetujuan).
  • Mengirim pemberitahuan otomatis ke semua kontak baru yang menginformasikan bahwa Anda ingin menyimpan data mereka.
  • Mengelola langganan pelanggan Anda ke preferensi komunikasi email, dan bahkan menyiapkan aturan untuk memperbarui detail pribadi untuk grup kontak – semuanya sekaligus.

Melakukan ini semua secara manual akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda dan Anda juga berisiko membuat kesalahan. Namun, menyiapkan sistem CRM untuk melakukannya untuk Anda adalah cara yang cepat, aman, dan andal.

Baca juga: Kenali Pelanggan Anda Secara Mendalam Dengan CRM

Komponen CRM dalam mengatur hubungan pelanggan

Ada sejumlah komponen berbeda dari CRM yang penting untuk menjalankan bisnis menuju kesuksesan. Setiap komponen unik dan memainkan perannya masing-masing dalam prosesnya.

Otomatisasi penjualan

Otomatisasi penjualan adalah komponen terpenting dari CRM. Ini adalah salah satu komponen yang dilakukan oleh bisnis secara maksimal. Ini termasuk peramalan, pencatatan proses penjualan serta melacak interaksi potensial. Ini membantu Anda untuk mengetahui peluang menghasilkan pendapatan dengan lebih baik dan itu membuatnya sangat signifikan. Komponen ini juga mencakup analisis prakiraan penjualan dan kinerja tenaga kerja. Untuk mencapai peningkatan keseluruhan dalam pengembangan dan pertumbuhan industri, banyak komponen bekerja bahu-membahu untuk membentuk otomatisasi tenaga penjualan sebagai unit konsekuen. Beberapa elemen utama yang sama adalah manajemen prospek, manajemen akun, manajemen peluang, peramalan, analisis pipeline, manajemen kontak, manajemen aktivitas, manajemen email, dan pelaporan.

Manajemen SDM

Manajemen SDM melibatkan penggunaan sumber daya manusia dan keterampilan yang efektif dan benar pada saat dan situasi tertentu. Ini membutuhkan untuk memastikan bahwa keterampilan dan tingkat intelektual para profesional sesuai dengan tugas yang dilakukan oleh mereka sesuai dengan profil pekerjaan mereka. Ini adalah komponen penting tidak hanya untuk perusahaan skala besar tetapi juga industri menengah. Ini melibatkan mengadopsi strategi orang yang efektif dan mempelajari keterampilan atau tenaga kerja dan pertumbuhan yang dihasilkan sehingga merancang dan menerapkan strategi yang diperlukan sesuai dengan tujuan mencapai pembangunan.

Manajemen leads

Seperti namanya, mengacu pada melacak prospek penjualan serta distribusinya. Bisnis yang paling diuntungkan oleh komponen CRM ini adalah industri penjualan, perusahaan pemasaran, dan pusat eksekutif pelanggan. Ini melibatkan manajemen kampanye yang efisien, merancang formulir yang disesuaikan, dan beberapa elemen lainnya. Studi ekstensif tentang pola pembelian pelanggan serta prospek penjualan potensial membantu menangkap jumlah prospek penjualan maksimum untuk meningkatkan penjualan.

Customer service

CRM menekankan pada pengumpulan informasi dan data pelanggan, informasi dan pola pembelian mereka serta melibatkan penyediaan informasi yang dikumpulkan kepada departemen yang diperlukan. Hal ini membuat layanan pelanggan menjadi komponen penting dari CRM. Hampir semua departemen utama termasuk departemen penjualan, tim pemasaran dan personel manajemen diminta untuk mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan kesadaran dan pemahaman mereka tentang kebutuhan dan keluhan pelanggan. Ini tidak diragukan lagi membuat bisnis atau perusahaan untuk memberikan solusi dan bantuan yang cepat dan sempurna kepada pelanggan serta memenuhi kebutuhan mereka yang meningkatkan ketergantungan dan kepercayaan pelanggan dan orang-orang pada perusahaan.

Pemasaran (marketing)

Pemasaran adalah salah satu komponen terpenting dari CRM dan mengacu pada kegiatan promosi yang diadopsi oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Pemasaran dapat ditargetkan untuk sekelompok orang tertentu serta untuk orang banyak. Pemasaran melibatkan pembuatan dan penerapan strategi untuk menjual produk. CRM membantu dalam proses pemasaran dengan meningkatkan efektivitas strategi yang digunakan untuk pemasaran dan promosi. Hal ini dilakukan dengan melakukan observasi dan studi terhadap calon pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Sales Pipeline & Bagaimana CRM Mewujudkannya

Otomatisasi alur kerja (workflow automation)

Sejumlah proses berjalan secara bersamaan dalam hal manajemen dan ini membutuhkan pemotongan biaya yang efisien serta perampingan semua proses. Fenomena ini dikenal sebagai otomasi alur kerja. Ini tidak hanya mengurangi pengeluaran berlebih. Tetapi juga mencegah pengulangan tugas tertentu oleh orang yang berbeda. Pengarahan dokumen dan pengisian formulir adalah beberapa elemen dari proses dan bertujuan untuk mencegah hilangnya waktu dan usaha yang berlebihan.

Pelaporan

CRM hadir dengan manajemen penjualan, laporan layanan pelanggan, dan pemasaran. Laporan layanan pelanggan membantu para eksekutif perusahaan untuk mendapatkan wawasan tentang manajemen dan operasi kerja sehari-hari mereka. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengetahui posisi yang tepat dari perusahaan pada setiap contoh tertentu. CRM menyediakan laporan tentang bisnis dan itu membuatnya memainkan peran utama di sini. Laporan tersebut dipastikan akurat dan tepat. Fitur penting lainnya adalah peramalan dan kemampuan untuk mengekspor laporan bisnis ke sistem lain. Untuk membuat perbandingan, seseorang dapat menyimpan data historis juga.

Analitik

Analitik adalah proses mempelajari dan mewakili data untuk mengamati tren di pasar. Membuat representasi grafis dari data dalam bentuk histogram, bagan, gambar dan diagram yang memanfaatkan data saat ini serta yang dihasilkan di masa lalu sangat penting untuk mencapai pemahaman dan studi terperinci tentang tren. Analitik adalah elemen yang sangat signifikan dari CRM karena memungkinkan untuk melakukan studi mendalam tentang informasi yang diperlukan untuk menghitung kemajuan dalam bisnis. Komponen yang berbeda dari CRM dikaitkan dengan elemen yang berbeda terutama, akuisisi pelanggan, peningkatan nilai pelanggan dan retensi pelanggan. Berbagai aplikasi pemasaran dibuat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan sedangkan pergudangan data dan alat analisis membantu bisnis untuk mempertahankan pelanggan dengan komunikasi dan hubungan yang lebih baik. Untuk meningkatkan nilai pelanggan di antara pelanggan yang ada dan yang akan datang, ada sejumlah pergudangan data dan alat analisis.

Secara keseluruhan, setiap komponen CRM yang dibahas sangat penting untuk meningkatkan struktur kerja serta respon pasar terhadap bisnis dan produk mereka.

Hubungan dengan pelanggan kunci kesuksesan sebuah bisnis

Pelanggan lebih dari sekadar peluang penjualan. Anda dapat memiliki produk yang paling menakjubkan untuk ditawarkan, tetapi jika Anda tidak memperlakukan pelanggan Anda dengan benar, Anda tidak akan menjual apa pun. Itulah mengapa membangun hubungan baik dengan mereka adalah prioritas nomor satu setiap bisnis.

Dan inilah tepatnya yang paling baik dilakukan CRM – membantu Anda menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dengan memperlakukan setiap pelanggan secara individual, tidak melupakan mereka, dan selalu ada saat mereka membutuhkan Anda.

CRM  membangun kepercayaan yang lebih dalam dengan pelanggan Anda karena informasi pribadi mereka akan ditangani dengan aman dan secara profesional.

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang manfaat CRM? Pakai Barantum CRM sekarang dan dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari!

Baca juga: 

6 Software Retensi Pelanggan (CRM Salah Satunya!)

Peran CRM Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kenali Pelanggan Anda Secara Mendalam Dengan CRM

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".