Jaga interaksi dengan prospek Anda setelah liburan

Ketika liburan panjang tiba, atau ketika Anda mengambil cuti yang lama, bukan tidak mungkin prospek Anda hilang. Entah karena mereka beralih ke produk lain atau mereka berubah pikiran. Hal ini wajar, mengingat liburan atau cuti panjang menghilangkan interaksi Anda dengan mereka untuk sementara waktu. Atau mungkin Anda mengalami sebaliknya? Anda kehilangan kabar dari mereka sejak mereka sedang berlibur. Keduanya bisa terjadi.

Nah, tips berikut akan membantu Anda untuk membangun kembali interaksi dengan pelanggan dan prospek setelah sempat menghilang beberapa waktu. Pertama, mari kita lihat tips untuk pelanggan yang sudah ada.

Tips jalin kembali interaksi dengan pelanggan yang sudah ada

 

1. Mulai sebelum liburan tiba

Sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda dapat memulai kembali hubungan Anda dengan klien Anda setelah liburan adalah mengatur pertemuan sebelum liburan dimulai. Dengan begitu, Anda sudah memiliki waktu yang disisihkan untuk percakapan penting. Hal ini menunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda tidak akan melupakan mereka begitu mulai bekerja lagi.

2. Hubungi mereka segera

Penting untuk menghubungi klien Anda segera setelah liburan berakhir agar tetap diingat. Anda tidak ingin terlalu lama sehingga mereka mengira Anda telah melupakan mereka dan memutuskan untuk mencari solusi di tempat lain. Jika mereka mengirim email kepada Anda, jadikan prioritas untuk merespons. Jika Anda memulai penjangkauan, jadikan itu prioritas segera setelah Anda kembali ke kantor.

3. Rekap interaksi mereka dengan Anda di tahun sebelumnya

Untuk terlibat kembali dengan klien yang sudah ada, akan sangat membantu jika Anda merangkum hubungan Anda dari tahun sebelumnya dan semua yang telah Anda capai bersama. Ini membantu klien Anda melihat semua cara kemitraan Anda telah membantu mereka sukses, dan mereka dapat memvisualisasikan bagaimana mereka akan terus mencapai di tahun mendatang melalui kemitraan Anda.

Baca juga: Tips Mempertahankan Pelanggan

4. Tanyakan kabar mereka

Penting juga untuk menanyakan persepsi mereka tentang hubungan Anda selama setahun terakhir kepada klien Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mempelajari pendapat mereka tentang tahun sebelumnya dan apa pun yang ingin mereka ubah di tahun mendatang. Sehingga Anda dapat melanjutkan kemitraan yang akan sukses untuk semua orang.

Setelah klien Anda menelepon, pelajari apa yang mereka sukai dari perusahaan Anda tahun lalu dan tanyakan area yang dapat Anda tingkatkan. Kemudian, gunakan jawaban mereka untuk membagikan fitur baru, peningkatan, atau langkah selanjutnya. Dengan melakukan ini, Anda mendengarkan dan menawarkan layanan tambahan yang akan membantu mereka tumbuh.

5. Identifikasi prioritas mereka

Dapatkan gambaran tentang irama pemasaran klien, jadwal pameran dagang, dan peta jalan produk/fitur untuk tahun ini. Ketika Anda tahu apa yang klien prioritaskan, Anda dapat merencanakan penjangkauan yang sesuai dan menawarkan apa yang mereka butuhkan. Dengan merencanakan penjualan Anda di sekitar kalender mereka, Anda akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan dan menjadi bagian integral dari prioritas mereka untuk tahun ini.

Tips jalin kembali interaksi dengan prospek

 

6. Perhatikan prospek yang baru mendaftar saat musim liburan

Akhir tahun bisa sibuk untuk semua orang, termasuk Anda dan prospek Anda. Setelah liburan, perhatikan baik-baik prospek yang mungkin telah mendaftar selama musim liburan dan luput dari perhatian selama aktivitas akhir tahun Anda.

7. Posisikan diri Anda di depan pesaing

Prospek yang memiliki kekhawatiran di quarter keempat biasanya tidak memiliki kekhawatiran di kuarter pertama. Anda dapat menggunakannya sebagai keuntungan untuk memposisikan diri Anda sebagai mitra dan ahli dalam perencanaan tahunan mereka. Anda dapat memberi mereka ruang di akhir quarter keempat dan bertanya tentang poin masalah dan tantangan setelah quarter pertama selesai.

Hal ini sulit bagi pesaing untuk menawarkan bisnis mereka. Anda telah menjadi bagian yang berharga dan berorientasi pada solusi dari proses perencanaan dan pengambilan keputusan calon pelanggan. Jika Anda sudah memahami inisiatif strategis yang menjadi fokus prospek Anda untuk tahun ini, Anda berada di posisi yang tepat untuk melanjutkan sebagai mitra dan vendor.

Baca juga:

 Tips Berhadapan Dengan ‘HOT’ Prospek 

Kualifikasi Prospek: Pengertian, Manfaat, dan Cara

Kenali Pelanggan Anda Secara Mendalam Dengan CRM

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments