Tips Memilih CRM Untuk Bisnis

Bagaimana tips memilih CRM yang tepat?

CRM atau (Customer Relationship Management) menjadi salah satu strategi bisnis yang banyak digunakan oleh perusahaan ternama saat ini. Kemajuan di era digital menuntut pebisnis untuk terus berinovasi agar tidak tertinggal dengan kompetitor.

Namun, dalam penggunaan CRM, Anda sebagai pebisnis perlu memilih CRM yang tepat agar sistem tersebut dapat optimal dalam membantu bisnis Anda. Lalu, bagaimana tips memilih CRM yang tepat?

Simak beberapa tips dalam memilih CRM untuk bisnis Anda.

Mengapa Perlu Memilih CRM yang Tepat?

Dalam hal memilih, tentu kamu mempertimbangkan berbagai macam hal. Tidak terkecuali dalam memilih software CRM, sebagai software bisnis yang penting untuk perusahaan. Hal ini perlu diperhatikan karena software CRM yang tepat dan mudah digunakan akan lebih membantu kamu mendapatkan hasil yang optimal.

Sebaiknya, kamu memilih software CRM yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan kemudahan akses tersebut, pekerjaan Anda akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, dengan penggunaan software CRM, kamu bisa mengakses data dalam satu platfrom. Sehingga mudah untuk mengukur key performace indicator.

Software CRM, seperti Barantum CRM, dilengkapi dengan GPS tracking yang berfungsi untuk sales tracking system. Dengan begitu, mampu membantu kamu untuk monitoring salesman yang sedang berada di luar kantor. Lalu, bagaimana tips memilih CRM yang tepat?

Tips Memilih CRM yang Tepat

1. Tentukan tujuan penggunaan CRM

Sebagai pelaku bisnis, sebaiknya kamu breakdown apa saja yang menjadi tujuan memakai software CRM. Apabila kamu mengerti semua tujuannya dengan spesifik hal ini akan lebih memudahkan kamu untuk memilih software CRM. Beberapa tujuan tersebut meliputi customer base, peluang, aktivitas leads, manajemen hubungan pelanggan, operasional bisnis, meningkatkan produktivitas, memacu profit bisnis dan lain sebagainya.

2. Sosialisasi penggunaan software

Biasanya, ada kekhawatiran kalau porsi tanggung jawab mereka dalam pekerjaan akan tergantikan atau di ambil alih oleh sistem. Tugas kamu sebagai pemimpin perusahaan untuk mensosialisasikan software CRM. Sebaiknya melibatkan juga kesertaan dari tim atau bagian organisasi yang posisinya merasa terancam atau yang merasa kurang setuju.

3. Tingkat mobilitas

Salah satu fungsi software CRM yaitu menunjang tingkat mobilitas. Software CRM ini sebaiknya web based dan tersedia mobile app baik pada smartphone android dan juga ios, seperti perusahaan pengembang CRM Barantum yang software CRM nya berbasis web dan mempunyai software mobile CRM yang terintegrasi serta menggunakan sistem cloud, sehingga dapat di operasikan dari mana saja dan kapan saja.

4. Software yang customizeable

Biasanya perusahaan pengembang software CRM yang berpengalaman membuat sistem aplikasinya bisa di personalisasi atau di customize. Terlebih lagi tipe bisnis sekarang ini makin beragam dan berbeda – beda, sehingga cara penggunaannya pun tidak bisa diseragamkan. Kamu bisa mengkonsultasikan tentang fitur software CRM ini serta memastikan dulu apakah memang akan cocok dengan kebutuhan kamu.

CRM terbaik

5. Ada versi demo

Agar kamu mempunyai bayangan yang jelas tentang software CRM ini, maka lebih baik kamu sebelumnya mencari perusahaan penyedia atau pengembang software CRM yang menyediakan versi demo. Akses ke versi demo dapat membantu kamu mengetahu lebih dalam tentang aplikasi tersebut, melihat fitur-fitur yang tersedia dan sekaligus beradaptasi dengan setiap fitur yang tersedia apakah memenuhi kriteria kebutuhan perusahaan kamu atau tidak, dan apabila tidak bisakah aplikasi tersebut di personalisasikan atau di customise sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu.

6. Fungsi laporan

Software CRM harus mempunyai fungsi / fitur laporan yang berisi tentang data informasi yang lengkap tentang bisnis kamu dan juga relasinya ke semua pelanggan terdaftar. Dan semua informasi dalam data itu harus terus diperbarui secara otomatis karena fitur ini akan berperan besar dalam menunjukan nilai profit yang sudah tercapai, potensi kerugian, serta memastikan apakah semua target bisa dicapai dalam periode yang telah ditetapkan.

7. Mudah digunakan

Ada banyak model CRM yang dapat Anda temukan baik menggunakan CRM pengembangan dari Indonesia seperti Sales1CRM maupun CRM dari luar negeri. Namun, satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah bagaimana CRM tersebut mampu dioperasikan oleh semua tim di dalam perusahaan dengan mudah

8. Cloud CRM

Khusus untuk beberapa jenis industri memang tidak diharuskan menggunakan cloud CRM. Namun, jika bisnis yang Anda miliki masuk pada salah satu bisnis yang dapat menggunakan cloud CRM, kami sarankan untuk memilih CRM jenis ini.

9. Tingkat keamanan

Yang terpenting pada sebuah software adalah keamanan data yang disimpan pada sistem. Pastikan Anda mencari tahu rekam jejak provider pilihan Anda, apakah pernah tersangkut kasus masalah keamanan siber atau tidak.

Software CRM Barantum, Pilihan Tepat Untuk Bisnis Anda

Untuk membantu memilih software CRM yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM yang sangat populer baik bagi kalangan pengusaha korporasi ataupun UKM. Software CRM buatan Barantum.com akan sangat membantu kamu melakukan semuanya dengan mudah.

integrasi omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
  5. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang