Begini Cara Mengirim Blast WhatsApp ke Banyak Nomor Sekaligus

WhatsApp tidak hanya populer sebagai aplikasi pengiriman pesan singkat saja. Saat ini, semakin banyak bisnis dan perusahaan-perusahaan di Indonesia dan bahkan di dunia yang mengandalkan WhatsApp sebagai saluran pemasaran ataupun untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

Untuk itu, perusahaan pun mencari cara yang efektif untuk bisa mengirimkan pesan sekaligus ke banyak nomor para pelanggan mereka. Dan jawabannya adalah dengan cara menggunakan aplikasi WA Blast.

Dengan menggunakan aplikasi WA Blast, tentu akan membantu Anda menghemat waktu dalam mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda secara efektif.

Apa Itu WhatsApp Blast?

WA Blast atau WhatsApp Blast merupakan fitur Whatsapp Business API yang memungkinkan Anda mengirim pesan massal ke banyak ribuan kontak secara bersamaan. Tidak hanya itu, Anda bisa mengirim pesan tersebut tanpa harus menyimpan nomor pengguna di kontak. Tentunya fitur ini menjadi cara yang efektif dan efisien bagi bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Fitur yang ditawarkan oleh WA Blast bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan WhatsApp Broadcast. Dengan WA Blast Anda bisa menyebarkan pesan dengan kontak yang tak terbatas dan tanpa harus menyimpan nomor penerima di kontak Anda terlebih dahulu.

WhatsApp Business API by Barantum

Apa Manfaat WhatsApp Blast Untuk Bisnis?

WhatsApp Blast sangat berguna dan bermanfaat untuk kegiatan bisnis. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan WA Blast:

1. Menjangkau Banyak Pelanggan

Fungsi utama dari WA Blast, yaitu dapat mengirimkan pesan kepada pengguna secara massal. Jadi, memungkinkan bisnis Anda untuk menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Tidak hanya itu, pesan blast yang Anda kirimkan dapat dipersonalisasi sehingga menambah kesan lebih akrab dengan pelanggan.

2. Menghemat Banyak Waktu

Dengan menggunakan aplikasi WA Blast, Anda tidak perlu menyalin ulang tiap pesan ke masing-masing pelanggan. Cara manual tersebut akan sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Dengan WA Blast ini, Anda dapat dengan mengirim pesan kepada ribuan pelanggan hanya dalam sekali klik saja.

3. Menghemat Biaya Promosi

Anda bisa memanfaatkan fitur WA Blast sebagai media promosi bisnis dengan pengeluaran biaya yang lebih sedikit. Biaya promosi dengan pesan blast ini lebih hemat dibandingkan Anda melakukan promosi di berbagai macam media lainnya, seperti website, iklan, brosur dan lain-lain.

4. Meningkatkan Penjualan

Banyaknya manfaat yang diperoleh dari WA blast di atas berhubungan dengan potensi meningkatnya penjualan bisnis Anda. Bayangkan, jika Anda dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu singkat tentu akan meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.

WhatsApp Blast Resmi vs Tidak Resmi

Terdapat dua cara untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast ini, yaitu secara resmi dan tidak resmi:

  1. Resmi : Dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Mitra Resmi WhatsApp API yang biasanya sudah termasuk fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau (Verified Badge), Chatbot, Alokasi Pesan per Agent dan sebagainya.
  2. Tidak Resmi : Dengan menggunakan tools atau software yang di instal di komputer/desktop Anda. Fitur hanya khusus untuk WhatsApp Blast saja dan memiliki resiko tinggi untuk akun terblokir dan adanya pencurian data.

Kedua cara ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yaitu:

Mengirim WA Blast Menggunakan Tools Tidak Resmi

Kelebihan :

  • Tidak membutuhkan verifikasi untuk menggunakan fitur WhatsApp Business API
  • Template pesan  bisa langsung dikirim dan tidak ada proses moderasi dari WhatsApp.
  • Bisa digunakan untuk urusan perusahaan atau personal.
  • Harga lebih murah

Kekurangan :

  • Akun mudah terblokir karena tidak memiliki afiliasi resmi dengan WhatsApp.
  • Tidak bisa mendapatkan verifikasi centang hijau dari WhatsApp.
  • Fitur terbatas dan sering terjadi bugs dan aplikasi tidak berfungsi.
  • Harus instal ulang aplikasi untuk mendapatkan pembaruan aplikasi.
  • Hanya bisa diakses dan digunakan untuk 1 admin.

Mengirim Blast Pesan WhatsApp va WhatsApp API Resmi

Kelebihan :

  • Tidak perlu khawatir akun diblokir karena terafiliasi resmi dengan WhatsApp.
  • Bisa mendapatkan verifikasi centang hijau dari WhatsApp.
  • Aplikasi selalu uptodate karena berbasis cloud.
  • Bisa digunakan lebih dari 1 (satu) admin (tak terbatas).
  • Sudah termasuk fitur WhatsApp API lainnya seperti Chatbot, Auto Reply dan banyak lagi.

Kekurangan :

  • Membutuhkan verifikasi untuk menggunakan Whatsapp Business API.
  • Template pesan harus disetujui oleh WhatsApp, dimana pesan yang terlalu bersifat promosi tidak diizinkan.
  • Untuk penggunaan organisasi dan bukan untuk personal.

Demi keamanan dan kenyaman Anda, pastikan untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast secara resmi dari BSP (Business Solution Provider) atau Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya seperti Barantum.

Selain penggunaannya yang aman, adanya layanan support yang siap membantu Anda jika ada kendala, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau (Verified Badge) Chatbot, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Tutorial Cara Menggunakan WhatsApp Blast Resmi

Berikut ini 5 langkah untuk cara menggunakan WA Blast Resmi:

1. Login ke Dashboard WA Blast Resmi by Barantum

Tutorial Cara WA Blast - Step 1Langkah pertama adalah Anda harus login terlebih dahulu ke Dashoard BarantumChat atau kunjungi https://www.barantum.com/barantumchat.

2. Import Daftar Kontak Tujuan/Penerima (List Receiver)

Tutorial Cara WA Blast - Step 2Langkah selanjutnya adalah dengan meng-import daftar penerima (list receiver) yang akan menjadi target blast Anda. Anda bisa mengelompokkannya sendiri dengan memberikan nama daftar untuk setiap ldaftar penerima yang Anda buat. Misal Pelangan Produk A, Pelanggan Produk B dan sebagainya.

3. Membuat Template Pesan Blast

Tutorial Cara WA Blast - Step 3Setelah daftar penerima berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat template pesan blast yang akan Anda kirim. Anda juga bisa memanggil nama kontak secara otomatis pada template pesan. Ada juga fitur Call to Action (CTA) berupa Button dan Quick Reply.

Pada CTA Button, Anda bisa memberikan tautan pada produk terkait, halaman pembayaran, website, halaman toko, link marketplace dan sebagainya. Untuk Quick Reply, Anda bisa memberikan beberapa pilihan opsi ‘pilihan cepat’ untuk respon dari pesan Anda nantinya, misal ‘Ya, saya tertarik!‘, atau ‘Apa ada promo lainnya?‘ dan sebagainya.

4. Periksa Kembali Template Pesan Blast Anda

Tutorial Cara WA Blast - Step 4

Template pesan blast yang Anda buat akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak Facebook untuk memastikan Anda tidak melanggar syarat dan ketentuan mereka. Dan pastikan kembali template yang Anda buat tidak ada typo atau kesalahan penulisan lainnya.

5. Pesan WhatsApp Blast Anda Siap Dikirim!

Contoh Template Pesan WhatsApp Blast

Setelah template pesan disetujui oleh pihak Facebook dan status menjadi APPROVED. Selamat! Template pesan Anda sudah siap untuk dikirim ke ribuan pelanggan Anda. Selanjutnya adalah Anda hanya perlu meng-klik tombol Send Now, maka Seluruh pesan akan terkirim ke penerima secara bersamaan secara real time.

Cara Mendapatkan WhatsApp Blast Resmi

Berikut ini 3 langkah untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast untuk bisnis Anda:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur WhatsApp Blast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp terpercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager
Selanjutnya, BSP Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Fitur WhatsApp Blast Siap Untuk Anda Gunakan

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Setelah proses verifikasi berhasil. Anda sudah bisa mulai menggunakan Whatsapp Blast dengan cara masuk ke dashboard/layanan yang telah disediakan Mitra Resmi WhatsApp yang Anda pilih, Barantum.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan atau meng-import nomor tujuan atau list receiver dan template pesan yang akan di blast, lalu klik Send Now. Pesan blast pun berhasil terkirim!

Daftar Sekarang Untuk Mendapatkan Aplikasi WA Blast Resmi Terbaik Sekarang!

Sebagai mitra resmi WhatsApp di Indonesia, Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Dengan begitu, Anda dapat mengirimkan pesan WhatsApp Blast tanpa khawatir nomor bisnis Anda akan diblokir.

Pastikan Anda untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp Blast ini dari penyedia resmi dan Mitra Resmi WhatsApp Indonesia, Barantum.

Selain aman dan terpercaya, tim kami siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau (Verified Badge) Chatbot, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Rekomendasi Artikel

  1. 5 Alasan Perlu Verified Badge Pada Akun WhatsApp Bisnis Anda
  2. Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak
  3. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  4. Simak Cara WhatsApp Business API Meningkatkan Layanan Pelanggan
  5. Laku Keras, Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments