Tools CRM Terbaik Untuk Bisnis Anda

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan pasar yang terus berubah, perusahaan-perusahaan kini semakin menyadari pentingnya menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. Inilah di mana tools CRM (Customer Relationship Management) menjadi kunci utama dalam memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan interaksi yang lebih efektif.

Namun, dengan berbagai opsi yang tersedia, memilih alat CRM yang tepat bagi perusahaan bisa menjadi tugas yang menantang. Oleh karena itu, artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan untuk mengenal CRM terbaik yang banyak digunakan oleh perusahaan modern.

Untuk mengetahui apa saja CRM tools terbaik untuk bisnis Anda, yuk simak artikel ini sampai habis!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Tools CRM?

CRM tools adalah alat atau software yang digunakan untuk mengelola dan mengelola hubungan dengan pelanggan. Umumnya CRM tools menyimpan informasi tentang pelanggan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan informasi kontak lainnya, serta sejarah interaksi pelanggan dengan perusahaan. Selain itu, tools CRM juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan menganalisis data pelanggan, meningkatkan strategi pemasaran, dan meningkatkan penjualan.

Tools CRM dapat mencakup berbagai fitur seperti:

  1. Pengelolaan kontak: menyimpan dan mengelola informasi tentang pelanggan, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  2. Pengelolaan lead: mengelola dan mengikuti proses penjualan, termasuk mengidentifikasi dan mengelola lead potensial.
  3. Pengelolaan tiket pelanggan: mengelola permintaan dan keluhan pelanggan, termasuk mencatat dan mengikuti status tiket.
  4. Pemasaran otomatis: mengelola dan mengirim pesan pemasaran ke pelanggan secara otomatis, seperti email atau pesan SMS.
  5. Analisis pelanggan: mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.
  6. Pemantauan pelanggan: memantau dan mengukur kepuasan pelanggan melalui survei dan ulasan.

Tools ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggannya, serta membantu dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Apa Fungsi Tools CRM Bagi Bisnis?

Secara umum, fungsi CRM tools bagi perusahaan adalah untuk membantu dan mempermudah manajemen perusahaan dalam memantau aktivitas penjualan dan mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan.

Selain itu, tools CRM memiliki berbagai fungsi lainnya. Berikut adalah fungsi CRM tools bagi bisnis:

1. Meningkatkan Efisiensi

Pertama, CRM tools membantu perusahaan mengelola dan mengelola data pelanggan dengan lebih efisien. Sehingga memudahkan proses penjualan dan pemasaran. Dengan menyimpan informasi tentang pelanggan dalam satu tempat yang terpusat, perusahaan dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan data tersebut untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan. Tools CRM juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola lead potensial dan mengikuti proses penjualan dengan lebih efektif, sehingga meningkatkan peluang penjualan.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kedua, CRM tools membantu perusahaan mengelola interaksi dengan pelanggan dengan lebih baik, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Tools CRM juga dapat membantu perusahaan dalam memantau dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui survei dan ulasan.

3. Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, tools CRM membantu perusahaan meningkatkan strategi pemasaran dan mengelola lead potensial dengan lebih efektif, sehingga meningkatkan peluang penjualan. Selain itu, CRM tools juga dapat membantu perusahaan dalam menganalisis data pelanggan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

4. Meningkatkan Keuntungan

Berikutnya, dengan meningkatkan efisiensi, kepuasan pelanggan, dan penjualan, tools CRM dapat membantu perusahaan meningkatkan keuntungan. Perusahaan yang dapat mengelola data pelanggan dengan lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan akan lebih mampu meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya.

5. Menyediakan Data Yang Berguna

CRM tools menyimpan dan menganalisis data pelanggan, yang dapat membantu perusahaan dalam memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta membantu dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dengan menyimpan data seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email pelanggan, serta sejarah interaksi pelanggan dengan perusahaan, tools CRM dapat membantu perusahaan dalam memahami tren dan pola dari pelanggannya. Ini dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan penjualan.

6. Meningkatkan Koordinasi Antar Tim

CRM tools membantu perusahaan dalam meningkatkan koordinasi antar tim dengan memungkinkan tim penjualan, pemasaran, dan pelayanan pelanggan untuk bekerja sama dan berbagi informasi dengan lebih efektif. Dengan menyimpan informasi tentang pelanggan dalam satu tempat yang terpusat, semua tim dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan data tersebut untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan.

Dengan demikian, tools CRM dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan koordinasi antar tim dan memudahkan tim penjualan, pemasaran, dan pelayanan pelanggan untuk bekerja sama dan berbagi informasi dengan lebih efektif.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

7. Mengurangi Kemungkinan Kesalahan

Terakhir, CRM tools membantu perusahaan dalam mengurangi kemungkinan kesalahan dengan mengelola data pelanggan dengan lebih tepat dan terorganisasi. Dengan menyimpan informasi tentang pelanggan dalam satu tempat yang terpusat, perusahaan dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan data tersebut untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan.

Dengan demikian, tools CRM dapat membantu perusahaan dalam mengurangi kemungkinan kesalahan dan duplikasi data dengan mengelola data pelanggan dengan lebih tepat dan terorganisasi. Ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Apa Saja Tools CRM Terbaik Untuk Perusahaan?

Berikut rekomendasi CRM tools terbaik untuk bisnis Anda:

1. Barantum

Chatbot Barantum - BSP Tepercaya WhatsApp

Barantum.com merupakan perusahaan teknologi penyedia sistem CRM, call center, dan omnichannel di Indonesia yang dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis dan meningkatkan kinerja tim sales dan customer service.

Dengan aplikasi omnichannel dari Barantum, Anda dapat mengintegrasikan banyak saluran komunikasi mulai dari telepon, pesan singkat (SMS), sosial media seperti Facebook dan Instagram, web chat, hingga WhatsApp menggunakan WhatsApp API resmi dengan verified badge (centang hijau).

Semua channel tersebut akan terhubung ke dalam satu jendela interface yang akan sangat memudahkan Anda untuk membalas dan merespon pesan dari pelanggan.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Pelacakan KPI dan Manajemen Tugas

    Memiliki fitur pelacakan KPI dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi. Sehingga Anda dapat menciptakan KPI sesuai dengan kebutuhan bisnis.

  • Manajemen Laporan

    Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

  • Live GPS dan CRM Mobile Gratis

    Memiliki fitur Live GPS secara realtime melalui smartphone yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun ini semua tersedia dalam Aplikasi CRM mobile yang dapat diunduh secara gratis di Playstore (android) & App Store (iOS).

  • Omnichannel & WhatsApp Business API

    Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, web chat dan sistem cloud call center untuk customer service.

  • Sharing File

    Anda bisa bekerja lebih efisien dan dinamis atar departemen dengan bertukar file dalam CRM dengan sesama pengguna CRM lainnya dalam Perusahaan Anda.

  • Integrasi sistem Cloud Call Center Barantum

    Barantum mendedikasikan layanannya khusus untuk membantu entitas Bisnis di Indonesia agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya, dengan menggunakan Barantum Anda dapat menikmati banyak layanan termasuk sistem Call Center yang berbasi Cloud sehingga akan membantu tim sales, telesales, ataupun customer service dalam memberikan pelayanan terbaik.

2. Pipedrive

Aplikasi CRM Sales - Pipedrive

Selanjutnya, aplikasi Pipedrive CRM yang menawarkan CRM tools berbasis cloud. Pipedrive berkantor di Estonia,USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan  Republik Ceko. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki versi gratis, namun mereka menawarkan uji coba gratis.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Manajemen Leads dan Penjualan
  • Pelacakan Komunikasi
  • Memiliki sistem otomatisasi
  • Pelaporan dan wawasan bisnis
  • Privasi dan keamanan pada aplikasi
  • Akses Mobile Apps

3. SalesForce

Aplikasi CRM Sales - Salesforce

Rekomendasi lainnya ialah SalesForce yang merupakan penyedia sistem berbasis cloud yang berkantor pusat di San Fransisco, California. SalesForce juga menjual rangkaian CRM tools pada perusahaan pelengkap yang berkaitan dengan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan aplikasi.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Sales Cloud
  • Marketing Cloud
  • Services Cloud
  • Sales Platform
  • Commerce Cloud

4. Hubspot

CRM tools - Hubspot

Rekomendasi terakhir, yaitu HubSpot. HubSpot memiliki kode pelacakan unik untuk setiap akun HubSpot yang digunakan untuk memantau lalu lintas di website Anda.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Manajemen Pipeline
  • Email Marketing
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Manajemen Penjualan
  • Laporan dan analisis bisnis
  • Kontak manajemen

5. Freshsales

tools CRM sales freshsales

Freshsales menawarkan semua yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti telepon, email, penilaian dari calon pelanggan, laporan yang dapat dikostumisasi, pelacakan berbagai interaksi, serta laporan penjualan visual yang disajikan dalam satu platform.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Ticketing
  • Collaboration
  • Automations
  • Reporting & Analytics
  • Email tracking
  • Event tracking
  • Manajemen sales

Tools CRM Terbaik dari Barantum

Aplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


CRM tools - Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".