Mengenal Tentang Customer Support

Bagaimana cara Anda memberikan pelayanan pelanggan akan menentukan keberhasilan bisnis Anda. Mengapa? Karena pelanggan yang merasa puas akan berpotensi selalu menggunakan produk atau jasa Anda.  Di sinilah peran customer support dalam bisnis Anda.

Oleh sebab itu, tiap perusahaan berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayan terbaik mereka. Dalam memberikan pelayanan yang optimal, salah satu bagian yang berperan penting, yaitu customer support. Adanya customer support membantu menjaga produk tetap bisa diterima oleh pangsa pasar. Hal itu akan berdampak pada kemajuan bisnis Anda.

Apa Pengertian Customer Support?

Customer support adalah rangkaian aktivitas layanan dan bantuan pelanggan dalam bisnis. Umumnya customer support membantu pelanggan untuk mendapatkan layanan yang berhubungan dengan bisnis dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya, pemasangan produk, aduan komplain, perawatan, pelatihan, menyelesaikan masalah, dan sebagainya.

Customer support merupakan bagian yang penting dalam bisnis. Dengan adanya customer support, pelanggan dapat merasa lebih dekat dengan perusahaan sehingga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan meningkat.

Pada dasarnya, customer support menjadi strategi yang  fokus pada produk dan pelayanan perusahaan demi mengembangkan bisnis yang Anda jalani. Oleh sebab itu, perusahaan perlu beradaptasi dengan cepat dan mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, penting untuk melakukan inovasi dan evaluasi strategi perusahaan. Dengan demikian, kepuasaan pelanggan Anda lebih meningkat. Loyalitas pelanggan Anda pun bertambah.

Apa Perbedaan Customer Support dan Customer Sevice?

Meskipun terlihat sama, customer support dan customer service memiliki peranan yang berbeda. Customer support merupakan pelayanan yang diberikan bisnis terkait produk atau jasa bisnis yang berkaitan dengan teknis. Misalnya memberikan pelatihan, pemasangan (instalasi), perawatan, memecahkan masalah, dan sebagainya.

Sedangkan customer service adalah pelayanan pelanggan yang memberikan solusi dan informasi terkait produk dan jasa yang ditawarkan.

Meskipun demikian, kedua hal tersebut sama-sama bertujuan untuk memberikan kepuasan pelanggan bisnis Anda. Untuk mendapatkan penjualan yang maksimal.

Apa Tugas Customer Support?

Pada tim customer support memiliki tugas utama, yaiu memberikan solusi bagi pelanggan terkait penggunaan layanan atau produk dengan benar. Tugas tersebut merupakan tugas khusus dalam kategori dukungan pelanggan yang berorientasi bisnis. Bantuan pelanggan juga terbukti efektif meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Customer support juga bertugas membantu pelanggan yang mengalami masalah dengan produk. Masalah yang umumnya dihadapi oleh customer support, yaitu berupa komplain, pengembalian barang, dan pertanyaan atas masalah pada produk.

Bagaimana cara customer support melaksanakan tugasnya?

Berikut cara customer support dalam melaksanakan tugasnya. Pertama, mereka dapat melakukan demo cara penggunaan produk. Hal ini ditargetkan pada pelanggan yang baru menggunakan produk. Pada saat melakukan demo, tim customer support akan membimbing pelanggan menggunakan produk dan menjelaskan fitur-fitur yang ada. Selain itu, mereka dapat praktik langsung saat pemberian demo agar pelanggan lebih mudah memahami.

Kedua, membalas live chat, baik itu live chat yang ada di website, aplikasi, ataupun di WhatsApp. Agar memudahkan membalas live chat ini, Anda bisa menggunakan sistem omnichannel, seperti Barantum, yang mampu mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dalam satu platfrom.

Sistem Layanan Panggilan dan Customer Service Terbaik

Apa Manfaat Customer Support?

1. Meningkat Pelayanan Pelanggan

Salah satu faktor pertimbangan utama pelanggan dalam memilih produk dan jasa adalah baik buruknya layanan dan pemeliharaan pelanggan. Oleh sebab itu, penting bagi bisnis memberikan customer support yang terbaik bagi pelanggan.

Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan berpengaruh pada tingkat penjualan bisnis Anda. Mengapa? Karena semakin banyak pelanggan yang merasa puas, memungkinkan mereka melakukan pemesanan kembali.

Dalam membantu meningkatkan pelayanan pelanggan oleh customer support, bisa ditunjang dengan sistem CRM omnichannel yang mampu mengintegrasi berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Sistem yang terintegrasi ini akan mempermudah perusahaan dalam mengoordinasikan arus kerja antar departemen yang mengakibatkan tidak kesalahpahaman data.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Adanya customer support memaksimalkan pelayanan pelanggan. Misalnya, saat ada kendala atau masalah yang dihadapi pelanggan. Customer support akan mencoba membantu untuk cepat mengatasi masalah. Sekecil apapun kendala yang perlu ditangani oleh customer support, itu berdampak besar bagi perusahaan.

Meskipun terlihat hanya masalah atau kendala ringan, dengan menangani komplain apapun menandakan bahwa perusahaan serius memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Kesan ini akan membangun keyakinan dari pelanggan untuk tetap loyal terhadap produk dari perusahaan Anda. Pelanggan yang loyal bisa saja merekomendasikan bisnis Anda kepada tetangga, keluarga, bahkan kolega sehingga bisnis Anda akan lebih dikenal.

Melayani komplain pelanggan dengan serius, dapat membangun kepercayaan. Pelanggan yang sudah memiliki rasa percaya berpeluang lebih besar menjadi pelanggan yang setia terhadap jasa atau produk sebuah perusahaan.

3.  Meningkatkan Penjualan

Aktivitas customer support berkaitan dengan layanan bantuan pelanggan. Bantuan ini dapat berupa penjelasan cara menggunakan produk dan fungsinya. Penjelasan dan bantuan yang diberikan secara tepat dapat meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan dapat dari pelanggan yang merasa senang dengan layanan bantuan tim customer support Anda.

Dengan demikian, salah satu yang termasuk ke dalam customer support adalah penjelasan terhadap produk. Penjelasan fungsi dan cara kerja produk yang baik, maka kemungkinan besar penjualan akan terjadi. Di sisi lain, customer support yang menangani komplain dengan baik memberikan kesan profesionalisme dari perusahaan. Hal ini membuat pelanggan tetap setia dan bisa menambah penjualan.

4. Mengatur Pesanan dan Waktu Pengiriman

Tim customer support tidak hanya menyediakan informasi kepada konsumen mengenai kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Akan tetapi, juga berperan dalam menyediakan jumlah harga yang sesuai dengan produk. Di sisi lain, mereka pun perlu memastikan pengiriman produk atau jasa sesuai waktu yang telah ditentukan.

Melihat pesanan dan tahap proses pengiriman kini semakin mudah dengan adanya sistem CRM. Dengan CRM, Anda dapat melihat proses secara langsung dan real time.

5. Membuat Area Kerja Yang Positif

Semakin maju bisnis Anda, maka semakin banyak juga pelanggannya. Banyaknya pelanggan perusahaan Anda, bergaris lurus dengan meningkatnya penjualan. Semakin banyak pelanggan yang puas dan meningkatnya penjualan membawa aura positif di tempat kerja.

Bayangkan jika banyak komplain pelanggan di bisnis Anda. Suasana kantor menjadi tidak nyaman. Dengan demikian, area kerja Anda menjadi negatif. Sebaliknya, jika tidak banyak komplain pelanggan, suasanya hati tim Anda akan lebih menyenangkan dan positif.

6. Memberikan Pencitraan Positif

Pelayanan pelanggan bisa menjadi pencitraan positif suatu perusahaan. Hal tersebut membantu untuk membangun brand dan membuat perusahaan Anda menjadi lebih unggul dari kompetitor bisnis lainnya. Pelanggan yang merasa senang dengan bisnis Anda akan membuat orang lain percaya kepada bisnis Anda. Hal ini berpengaruh untuk memberikan pencitraan baik untuk bisnis Anda. Pelanggan dan calon pelanggan pun tidak akan ragu menggunakan produk Anda.

7. Menganalisis Kebutuhan Pelanggan

Customer support dapat memantau perilaku konsumen. Dengan demikian, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang perilaku pelanggan. Perusahaan pun dapat memberikan solusi yang lebih akurat ketika konsumen menghubungi customer support. Hal ini akan menarik lebih banyak perhatian dari pelanggan karena mereka tahu perusahaan Anda sangat responsif dalam menjawab segala kebutuhan mereka.

Dapatkan Customer Support Terbaik Untuk Bisnis Anda

Anda dapat memiliki customer support terbaik pada bisnis Anda dengan bantuan dari sistem CRM (Customer Relationship Management) yang disediakan oleh Barantum

Penggunaan CRM akan memudahkan Anda untuk meningkatkan pelayanan customer support dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Sederhanakan sistem dukungan pelanggan Anda dengan sistem tiket otomatis yang mengubah permintaan pelanggan yang datang dari berbagai saluran menjadi tiket yang siap di tindak lanjuti oleh tim yang di tugaskan secara otomatis dan lacak seluruh interaksi dengan pelanggan Anda

Sistem Layanan Panggilan dan Customer Service Terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu Customer Service? Pengertian, Tugas dan Jenisnya
  2. Software Call Center : Ketahui Cara Kerja dan Fitur Pada Call Center
  3. Ketahui Fitur Penting yang Wajib Dimiliki Software Call Center
  4. Apa itu Contact Center dan Perbedaannya Dengan Call Center
  5. Simak Alasan Call Center Perlu Diintegrasikan ke CRM

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments