Mengintegrasikan WhatsApp API pada CRM akan menyempurnakan perjalanan bisnis Anda

Jika memiliki akun WhatsApp Business API saja sudah memiliki segudang manfaat untuk menjalankan bisnis Anda, bagaimana dengan megintegrasikannya pada CRM? Ide ini sangat brilian, mengingat CRM adalah sebuah software andalan untuk meningkatkan profit dan produktivitas sebuah bisnis. Mengintegrasikan layanan komunikasi pada CRM akan menyempurnakan perjalanan bisnis Anda, terutama dalam hal komunikasi dengan pelanggan.

Berbeda dengan Whatsapp Business biasa, WhatsApp API memiliki kelebihan seperti salah satunya adalah dapat menjangkau pelanggan secara global. Meskipun pemasangannya rumit dan membutuhkan BSP atau mitra resmi, WA API tak mengurangi antusiasme para pemakainya. Dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat, WA API tetap menjadi andalan para pebisnis dalam membangun hubungan yang sangat baik dengan pelanggan.

Mengintegrasikan WhatsApp API pada CRM

Salah satu manfaat utama mengintegrasikan CRM Anda dengan API adalah kemudahan menjalankan dukungan pelanggan. Di sini, Anda akan menggunakan kotak masuk pesan bersama yang dapat diakses oleh banyak agen.

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah CRM yang saat ini Anda gunakan atau sedang Anda pikirkan kompatibel dengan WhatsApp Business API . Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar CRM terkemuka di pasar, seperti Barantum, Hubspot, Microsoft Dynamics, SuiteCRM dan Zoho, dapat dengan mudah diintegrasikan dengan API.

CRM Anda akan memerlukan akun API WhatsApp yang ditautkan ke nomor telepon rumah atau ponsel yang harus valid, dimiliki oleh bisnis Anda dan dapat menerima panggilan suara atau SMS.

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, dalam WA bisnis, Anda tidak boleh membuat pesan yang berbau promosi. Hal ini karena Anda tidak boleh mengganggu orang yang nomornya ada di file Anda. Namun, bisnis dapat menggunakan ‘template pesan’, yang merupakan pesan transaksional seperti pembaruan pengiriman e-commerce, konfirmasi pengembalian dana, dll. WhatsApp sedang mempertimbangkan solusi untuk menyediakan kemampuan promosi di masa mendatang.

Baca juga: API WhatsApp Business: Skenario & Implementasi Penggunaan

Sangat penting untuk memastikan bahwa penggunaan Anda mematuhi kebijakan WhatsApp Business yang mencakup pengumpulan, penggunaan, dan pembagian semua data pelanggan dan informasi pribadi yang sensitif. Di luar ini, bisnis juga harus mengatasi kepatuhan mereka terhadap undang-undang privasi lokal untuk menghindari hukuman.

Langkah terpenting dari keseluruhan proses ini, tentu saja, mendapatkan akses ke WhatsApp Business API . Ini memerlukan aplikasi ke WhatsApp untuk akun API dan persetujuan. Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri dengan menavigasi melalui halaman pengembang Facebook, prosesnya dapat memakan waktu dan sangat teknis. Untuk proses yang efisien dan lebih cepat, mengajukan akses melalui Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp (BSP) resmi seperti Barantum adalah rute terpendek menuju kesuksesan. Barantum akan membantu Anda dalam menyiapkan antarmuka Anda dan integrasi WhatsApp lainnya yang mungkin Anda perlukan untuk bisnis Anda.

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Mengapa Anda harus mengintegrasikan WhatsApp API pada CRM?

Tanpa perlu berbasa-basi lagi, mari simak alasan utama mengapa Anda harus mengintegrasikan WhatsApp API pada CRM.

#1 Meningkatkan layanan dan dukungan pelanggan

Setelah Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API, semua anggota tim dukungan pelanggan, call center, dan bahkan perwakilan penjualan Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda melalui API. Manfaat API ini membuka pintu untuk komunikasi yang lebih cepat dan lancar serta interaksi 24/7 dengan pelanggan. Memungkinkan pelanggan menghindari antrean call center dan pada saat yang sama mengurangi tekanan pada tim dukungan Anda.

Menggunakan WhatsApp API , bisnis dapat menyediakan chatbot web untuk mengotomatiskan dukungan pelanggan dan pesan teks untuk pertanyaan umum. Ikon obrolan mengambang di situs web ini biasanya dilengkapi dengan teks yang sudah diisi sebelumnya yang berkaitan dengan masalah paling umum yang pelanggan hadapi.

Chatbot WhatsApp juga berjalan pada AI, berfungsi sebagai obrolan dan ada untuk membantu pengunjung dengan informasi cepat, dengan satu-satunya perbedaan adalah bahwa obrolan ini terjadi di WhatsApp itu sendiri.

Jika Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke akun bisnis Facebook atau Instagram Anda, obrolan WhatsApp dapat dimulai di halaman ini dengan menerapkan tombol obrolan WhatsApp ajakan bertindak yang dapat diklik pelanggan. Percakapan ini kemudian dapat dikelola oleh chatbot WhatsApp. Chatbot juga dapat dihubungi melalui iklan di platform Facebook dan Instagram.

Chatbots AI perlu dikodekan dan diotomatisasi untuk menghasilkan pengalaman pesan percakapan, tetapi hasil superior mereka berbicara sendiri dalam hal keterlibatan pelanggan. Penting juga untuk diketahui bahwa ketika chatbot WhatsApp dijalankan di API, harus ada opsi jelas yang disediakan untuk memungkinkan pengguna menjangkau agen manusia, yang diuraikan dalam Kebijakan WhatsApp Business.

Barantum

#2 Meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya

Saluran WhatsApp tidak terlalu dibatasi daripada call-back call center atau halaman arahan ketika datang untuk menjalankan kampanye pemasaran. Menjadi saluran pribadi, ia menawarkan konversi yang lebih tinggi daripada situs web statis dan non-percakapan.

Analisis membuktikan bahwa agen perpesanan atau chatbot dapat tiga hingga lima kali lebih efektif daripada agen call center dan menyelesaikan hingga 30% dari interaksi pelanggan. Dengan demikian, call center atau tim dukungan pelanggan Anda dapat dirampingkan untuk mengurangi biaya tenaga kerja untuk bisnis Anda.

Di luar ini, lebih banyak pelanggan yang puas berarti lebih percaya diri dalam praktik bisnis Anda dan lebih banyak pengembalian dan rujukan pelanggan. Sehingga meningkatkan penjualan sementara dan di masa mendatang.

Baca juga: WhatsApp Business VS Whatsapp Business API: Apa Perbedaannya?

#3 Melacak aktivitas penjualan dan progres kesepakatan pelanggan

CRM memiliki modul sales pipeline, di mana terdapat progres kesepakatan Anda dengan pelanggan. Dengan mengintegrasikan WhatsApp API, otomatis kontak pelanggan Anda pun akan terintegrasi dan nantinya aktivitas penjualan Anda bersama mereka akan dilacak oleh CRM. Selain itu, Anda dapat mengotomatiskan pemberitahuan dan informasi tentang status pesanan pelanggan sehingga mereka mendapatkan informasi yang cepat tanpa membebani agen manusia Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan label dan menandai pelanggan secara visual agar percakapan dengan pelanggan berjalan mulus. Hal ini bertujuan untuk memahami tahap mana pelanggan Anda berada dalam perjalanan mereka dengan merek Anda, dan untuk menyesuaikan komunikasi Anda. Misalnya, Anda dapat membuat satu label untuk “Pelanggan Baru”, dan satu untuk “Faktur Terkirim” untuk mengatur dan merampingkan komunikasi Anda.

#4 Pemeliharaan terhadap leads

Integrasi CRM WhatsApp memungkinkan Anda mengirim katalog, gambar, lokasi, dokumen, audio, video, dan banyak lagi kepada calon pelanggan (leads) dan/atau pelanggan berdasarkan komunikasi terbaru mereka dengan tim Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memindahkan mereka ke saluran penjualan dan meningkatkan peluang konversi Anda.

#5 Bangun citra merek yang lebih kuat

Bangun citra merek yang andal, dan dapatkan kepercayaan pelanggan dengan membuat profil untuk bisnis Anda yang menampilkan informasi penting, seperti nama, alamat, nomor kontak, email, situs web, dan lainnya.

#6 Memberikan tindak lanjut yang lebih baik

Kirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan dan/atau klien saat ini atau calon pelanggan. Pesan-pesan ini mudah diatur, dan dapat dikirim dengan cepat dengan sedikit usaha. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa membuat mereka menunggu, atau mengganggu mereka. Anda bahkan dapat menyimpan jawaban atas pertanyaan yang paling sering diajukan ke basis pengetahuan Anda, dan menggunakannya kembali di masa mendatang untuk menghemat lebih banyak waktu, dan lebih mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

Keenam manfaat WhatsApp API ini merupakan alasan utama di luar manfaat lainnya yang tak kalah penting.

Integrasikan WhatsApp API pada CRM yang tepat!

Selain sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum merupakan CRM yang tepat untuk mengintegrasikannya.

Ketika Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM, berbagai fitur hadir sebagai pendukung Anda menjalankan bisnis. Berikut fitur-fitur dalam Barantum Chat untuk mengoptimalkan komunikasi Anda bersama pelanggan.

1.Fitur Broadcast

Pada fitur ini, Anda dapat  membuat suatu publikasi berisi sebuah informasi atau pemberitahuan mengenai produk Anda, kemudian membagikannya kepada pelanggan sebagai bentuk campaign atau pemasaran. Terdapat template untuk membuat sebuah template pesan publikasi  yang akan digunakan sebagai media promo/campaign.

Baca juga: 

Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!

Mari Intip Tips & Trik Mudah Kirimkan Broadcast WhatsApp

2. Fitur Analytics

Pada fitur ini, terdapat laporan mengenai:

  • Informasi kecepatan masing-masing agent dalam merespon interaksi dengan pelanggan
  • Jumlah interaksi tiap agen
  • Persentase saluran yang digunakan oleh pelanggan Anda dalam berinteraksi berdasarkan jenis status interaksi mereka
  • Ongoing menjelaskan interaksi chat yang masih berjalan
  • Resolved adalah interaksi chat yang telah terselesaikan. 

3. Fitur Integrasi

Anda dapat mengintegrasikan layanan chat atau perpesanan terkait saluran yang akan anda gunakan seperti WhatsApp, Telegram, Line, Instagram, dan Facebook. Seluruh interaksi atau percakapan Anda bersama pelanggan dari saluran-saluran tersebut, akan terekam dalam satu halaman pada satu aplikasi.

4. Menu Pengaturan

Menu ini berperan untuk mengatur data tiket  yang masuk. 

  • Status tiket: untuk mengganti status tiket terkait menjadi aktif atau tidak aktif 
  • Round robin: yang jika diaktifkan maka tiap agen akan secara bergantian menerima pesan atau interaksi yang masuk. Fungsi ini membuat tiap agen bisa menjawab pesan pelanggan milik agen lainnya
  • Limit get customer: berfungsi untuk membatasi jumlah room chat tiap agen 

5. Menu On/Off

Mengindikasikan status keberadaan agen. Jika agen sedang aktif atau online, maka agen tersebut akan memilih On. Sebaliknya, jika agen tersebut sedang tidak aktif atau offline, maka agen tersebut memilih Off.

Barantum chat memberikan fitur-fitur pendukung kinerja agen dari template chat, broadcast, hingga analisis canggih terhadap percakapan untuk melacak kinerja setiap agen, percakapan masuk, hingga seberapa cepat respon percakapan yang diberikan oleh tim. Semua data tersebut berperan penting dalam memberikan pelayanan secara lebih optimal, interaktif dalam komunikasi dengan pelanggan. 

Integrasikan WhatsApp API Anda pada Barantum CRM sekarang dan dapatkan uji coba GRATIS nya selama 7 hari di sini!

Baca juga: WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang