Mengaktifkan WhatsApp Business API untuk Bisnis Anda

Bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp Business API? Dan, apa saja yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Sebagai pebisnis, Anda tentu sudah familier dengan WhatsApp Business, yaitu aplikasi yang memungkinkan penjual berkomunikasi dan melakukan promosi penjualan ke lebih banyak pelanggan. Namun, aplikasi ini hanya dapat diakses melalui satu perangkat dan ditambah dengan whatsapp web. Sedangkan, perusahaan seringkali membutuhkan banyak customer service dalam memberikan pelayanan pelanggan.

Dalam mengatasi hal tersebut, WhatsApp memberikan solusi dengan mencetuskan WhastApp Business API (Application Programming Interface) yang dapat menghubungkan dua atau lebih aplikasi dalam satu sistem yang lebih besar.

Pengertian WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan sebuah fitur resmi dari aplikasi WhatsApp yang didesain dengan mudah untuk komunikasi dengan pelanggan dalam sebuah bisnis. API atau singkatan dari Application Programming Interface, yaitu aplikasi yang memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lain sekaligus.

Jadi, jika sudah menggunakan WhatsApp API Anda juga bisa mengintegrasikan fitur tambahan lain pada sistem dalam bisnis Anda seperti chatbot, omnichannel, dan tools CRM lainnya.

Dengan penggunakaan WhatsApp API, perusahaan hanya perlu satu nomor whatsapp yang dapat diakses oleh lebih banyak customer service. Sehingga pelayanan pelanggan dan penjualan yang dilakukan lebih optiomal.

Tidak hanya kemudahan diakses untuk banyak user. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur WhatsApp Business API yang membantu mengefisiensikan proses pekerjaan bisnis.

WhatsApp Business Solution Provider

Fitur-Fitur WhatsApp Business API

1. Profil Bisnis

Pada fitur ini, Anda dapat mencantumkan informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko/bisnis, deskripsi, alamat, kategori bisnis, jam kerja dan sebagainya.

2. Pesan Otomatis

Anda tidak perlu repot membalas tiap pesan pelanggan yang masuk. Pada WhatsApp Business API terdapat fitur yang bisa membalas pesan pelanggan secara otomatis tanpa batas waktu. Jadi, pesan pelanggan di jam berapa pun dapat langsung terbalas pesannya.

3. Katalog

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog berisi informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sehingga calon pelanggan Anda bisa melihat produk/jasa apa saja yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mengirimkan dokumen informasi produk/jasa ke tiap pelanggan yang bertanya.

4. Centang Hijau (Verified Account)

Centang hijau merupakan tanda bahwa akun WhatsApp Anda yang telah terverifikasi. Tanda centang hijau ini akan berada di sebelah nama profil bisnis Anda. Adanya centang hijau ini sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis.

5. Chatbot

Dengan chatbot Anda bisa memberikan informasi lebih mudah berdasarkan langkah-langkah yang sudah dibuat sebelumnya. Misalnya, mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, ataupun bukti pembayaran, chatbot dapat otomatis memberikan informasi tersebut ke pelanggan.

6. Multi-user

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang terbatas penggunaannya hanya untuk dua user, WhatsApp Business API memungkinkan dapat diakses untuk lebih banyak user di tempat berbeda dan di device yang berbeda.

7. Alokasi agent

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agen. Dengan begitu, pembagian tugas pun menjadi lebih adil dan tidak ada agen yang lebih banyak melayani pelanggan ataupun sedikit melayani pelanggan.

8. Jam kerja (office hours)

Fitur Office Hours ini memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda dengan memunculkan status online saat jam kerja dan offline saat jam kerja telah berakhir. Dan tetap membalas pesan pelanggan di luar jam kerja dengan memberikan respons bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dan akan segera menjawab saat jam kerja nanti.

9. Broadcast (WhatsApp blast)

Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan. Anda bisa mengatur template pesan sebelum melakukan broadcast atau WhatsApp blast.

10. Terintegrasi aplikasi lain

Dengan WhatsApp Business API, Anda juga bisa menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, Telegram. Sehingga Anda bisa membalas dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu singkat hanya di satu halaman saja.

11. Laporan statistik

Dalam berbisnis, laporan dibutuhkan untuk memonitor progres dan evaluasi bisnis. Dengan fitur laporan statistik ini, Anda bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail dan real time.

Cara Mengaktifkan WhatsApp API

1. Tahap persiapan

Langkah 1

Anda perlu verifikasi akun Facebook Business Manager yang sudah ada sebelumnya. Hal ini untuk keperluan legitimasi bisnis Anda. Selain itu, juga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda dan konsumen.

Dalam melakukan verifikasi akun Facebook Business manager, ada beberapa syarat yang perlu miliki, yaitu:

  • Dokumen legal perusahaan, berupa SIUP, TDP, NIB, dan NPWP.
  • Tagihan perusahaan, misalnya tagihan air, listrik, dan rekening koran.
  • Website

Langkah 2

Anda harus memiliki WhatsApp Business. Nomor WhatsApp Business inilah yang akan diakses oleh konsumen terkait berbagai hal seputar informasi produk hingga sistem pembayaran.

Jika Anda telah melengkapi dua langkah pada tahap persiapan, Anda bisa langsung menuju ke tahap pengaktifan WhatsApp Business API.

2. Tahap Pengaktifan

Langkah 1: Memverifikasi Akun Facebook Business Manager

a. Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah membuka akun Facebook Business Manager Anda.

b. Lalu, pilih dan klik bagian Security Centre.

c. Selanjutnya, pilih dan klik start verification. Lalu isi beberapa informasi bisnis yang diperlukan.

d. Terakhir, Anda akan mendapat SMS pada nomor telepon yang didaftarkan atau email yang berisi kode verifikasi. Pastikan langkah ini selesai untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Langkah 2: Melengkapi Profil Akun WhatsApp Business

Buka kembali Facebook Business Manager Anda lalu pilih business setting. Pada bagian accounts, klik pilihan WhatsApp accounts. Dari sini, Anda akan diminta melengkapi profil yang akan ditampilkan dalam WhatsApp Business nantinya, seperti nomor telepon, zona waktu, email, website, dan sebagainya.

Langkah 3: Menyambungkan Akun WhatsApp API dengan Nomor Telepon

Pada langkah ini, Anda akan membutuhkan kerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider (BSP). Pihak inilah yang akan menghubungkan nomor telepon WhatsApp Business Anda dengan akun WhatsApp API. Pastikan Anda memilih BSP resmi WhatsApp, seperti Barantum agar informasi bisnis Anda tetap terjamin aman.

Melalui BSP inilah Anda hanya akan diminta mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan untuk mengaktifkan WhatsApp Business API. Selebihnya, mereka akan menyelesaikan proses registrasi WhatsApp API sekaligus membuat dashboard yang bisa langsung Anda gunakan.

Langkah 4: Verifikasi Bisnis pada WhatsApp

Langkah berikutnya adalah menghubungkan dashboard yang disediakan BSP dengan akun WhatsApp Business Anda. Caranya adalah dengan menyalakan pengaturan “Approve messaging on behalf of your business”.

Pada proses mengaktifkan WhatsApp API dengan BSP, umumnya, pihak BSP akan mengirimkan formulir pendaftaran. Setelah anda melakukan pendaftaran melalui formulir yang diberikan pihak BSP akan memproses pendaftaran akun WhatsApp bisnis tersebut. Saat dalam proses tersebut, pihak BSP akan mengirimkan request integrasi ke Facebook bisnis Anda untuk memverifikasi identitas perusahaan Anda.

Cara Mendapatkan WhatsApp API dengan Mudah di Indonesia

Anda bisa mendapatkan cara mudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan WhatsApp Business API, yaitu bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp, yaitu Business Solution Provider (BSP) seperti Barantum. Mitra resmi WhatsApp seperti Barantum ini akan membantu Anda dalam operasional bisnis, seperti mengoptimalkan target penjualan, menghemat biaya pengeluaran, dan menyederhanakan tugas-tugas manajerial.

penjualan optimal crm omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  2. Template WhatsApp API : 12 Contoh Template & Penerapannya
  3. CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?
  4. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
  5. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Joni Kurniawan
Juli 4, 2022 10:55 am

Saya butuh sistem wa marketing
Kirim pesan wa ribuan pelanggan sekali klik dan tanpa nomer wa ke blokir