Berbagai Contoh CRM Terbaik Yang Dilakukan Perusahaan Ternama

Dalam lanskap bisnis yang penuh dengan persaingan dan dinamika yang terus berkembang, penting bagi perusahaan besar untuk menjaga hubungan yang erat dengan pelanggan mereka. Inilah mengapa Customer Relationship Management (CRM) telah menjadi suatu aspek krusial dalam strategi perusahaan. Sebagai contoh CRM yang tepercaya, yaitu Barantum.

Dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data pelanggan, perusahaan dapat menghasilkan wawasan berharga yang membantu dalam menghadirkan pengalaman yang lebih baik dan lebih terpersonalisasi bagi pelanggan. Melalui artikel ini, kami akan mengupas lima contoh nyata tentang bagaimana perusahaan-perusahaan besar berhasil menerapkan konsep CRM dengan sukses.

Dalam artikel ini, kami telah menjabarkan beberapa contoh penggunaan CRM dalam perusahaan besar. Untuk informasi lebih lengkap, yuk baca artikel ini sampai selesai.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Mengapa CRM itu Penting Bagi Perusahaan?

Customer Relationship Management (CRM) penting bagi perusahaan karena menjadi kunci dalam kesuksesan bisnis. CRM membantu perusahaan membangun, mengelola, dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Dengan solusi CRM yang efektif, Anda dapat mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan, termasuk kebutuhan, riwayat pembelian, dan interaksi sebelumnya. Sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, memberikan pengalaman yang disesuaikan, dan merespons permintaan dengan cepat.

Melalui integrasi data, berbagai departemen dapat bekerja sama untuk memberikan layanan yang konsisten dan relevan. Sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, retensi, dan membuka peluang cross-selling atau up-selling.

Apa Saja Contoh CRM Yang Dilakukan Perusahaan Besar?

Berikut adalah contoh CRM yang dilakukan perusahaan besar:

1. Gojek

Implementasi CRM - GOJEK

Contoh penerapan CRM dalam perusahaan yang pertama, yaitu Gojek. Gojek memiliki aplikasi yang mampu mendata informasi tiap pelanggannya dan menyimpan riwayat aktivitas (perjalanan) pelanggan. Sehingga mereka bisa melakukan promosi, misalnya voucher diskon, sesuai dengan aktivitas tiap pengguna.

Aplikasi Gojek mencatat setiap aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan dan memberikan poin XP pada setiap transaksi, yang nantinya dapat ditukar dengan imbalan berdasarkan tingkat keanggotaan dalam GoClub (dengan tingkatan seperti Warga, Bos, Juragan, dan Anak Sultan). Saat jumlah poin telah mencapai ambang tertentu, otomatis tingkat keanggotaan pelanggan dalam platform Gojek akan ditingkatkan.

Platform ini juga memiliki kemampuan untuk melacak jarak antara titik penjemputan dan tujuan pelanggan, serta melacak posisi para pengemudi Gojek. Selain itu, rating kepuasan berbintang diterapkan, yang mencakup pandangan baik dari sudut pandang pengemudi maupun pelanggan. Tingkat kepuasan ini ditentukan melalui penilaian bintang, dimulai dari skala 1 hingga 5.

2. KFC

Implementasi CRM - KFC

Sebagai contoh lainnya, di perusahaan KFC, penerapan sistem CRM terbukti menjadi opsi yang tepat untuk mengumpulkan data penjualan dan memfasilitasi pembuatan laporan. Terutama, CRM memiliki kemampuan untuk merekam sejarah transaksi pembelian secara menyeluruh. Sehingga hal ini sangat relevan dalam konteks aplikasi KFC yang juga mengumpulkan data pengguna dan mengadakan promosi diskon atau penawaran kupon pembelian.

Saat pelanggan melakukan pembelian melalui aplikasi KFC, mereka dapat mengakses informasi seputar jumlah promosi yang mereka terima. Selain itu, pelanggan juga diberi fasilitas untuk memesan makanan secara langsung melalui aplikasi ini. Sehingga menghindarkan mereka dari antrean.

Selain itu, aplikasi KFC mencatat sejarah aktivitas pelanggan, yang pada gilirannya memungkinkan penyediaan diskon atau promosi yang sesuai berdasarkan pola kegiatan pelanggan. Data pembelian pelanggan tersimpan dengan baik dalam sistem, memungkinkan perusahaan untuk melacak berapa banyak transaksi yang telah terjadi

3. Shoppe

Implementasi CRM - Shopee

Berikutnya, terdapat perusahaan Shopee yang telah mengadopsi sistem CRM. Shopee memiliki basis data yang mencakup semua pelanggan dan mencatat aktivitas mereka seperti pencarian dan pembelian. Sehingga memungkinkan sistem untuk secara otomatis merekomendasikan produk serupa.

Perusahaan ini memberikan penghargaan berdasarkan analisis transaksi pengguna yang tersimpan dalam sistem. Penghargaan ini mencakup sejumlah tingkatan keanggotaan, mulai dari Classic, Silver, Gold, hingga Platinum.

Selain itu, perusahaan melacak proses pengiriman barang dari tahap pengemasan hingga tiba di alamat tujuan. Sehingga selama proses pengiriman, pelanggan dapat memantau perkembangan pengiriman. Pada platform Shopee Food, pesan otomatis diterapkan ketika seorang pengantar sedang dalam perjalanan mengantarkan pesanan makanan, serta ketika pesanan telah tiba di lokasi tujuan

4. Apple

Implementasi CRM - APPLE

Salah satu contoh lain dari perusahaan yang menerapkan CRM adalah Apple. Perusahaan raksasa ini merasa perlu untuk memiliki sistem dengan basis data pusat. Sehingga memungkinkan mereka untuk menyinkronkan data pelanggan saat melakukan perpindahan perangkat, dan memberikan pembaruan sistem secara otomatis.

Apple melakukan proses sinkronisasi data melintasi berbagai perangkat, memastikan bahwa data yang ada pada perangkat sebelumnya dapat dikenali pada perangkat baru. Selain itu, mereka juga menyimpan data individual pengguna sebagai preferensi. Sehingga dapat mengarahkan strategi pemasaran yang lebih tepat. Riwayat aktivitas pengguna direkam dan dianalisis, memungkinkan mereka untuk merekomendasikan konten yang sesuai dengan kebiasaan pengguna masing-masing.

5. Coca-Cola

Implementasi CRM - coca-cola

Perusahaan terakhir yang akan kita bahas adalah Coca-Cola. Sebagai perusahaan global dengan produk yang telah mendunia, mereka memerlukan strategi pemasaran yang disesuaikan di setiap wilayah penjualan. Sehingga dengan menerapkan solusi CRM, tim agen Coca-Cola dapat merencanakan langkah-langkah strategis untuk promosi, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, dan memantau tingkat kepuasan pelanggan melalui berbagai platform media sosial.

Selain itu, CRM juga mencatat setiap transaksi pembelian serta lokasi pembelian untuk melakukan analisis potensi lokasi pemasaran yang efektif. Selain itu, juga melacak aktivitas teknisi atau tim penjualan di lapangan secara langsung dan real-time. Lalu, mengelola basis data perusahaan yang berkaitan dengan hambatan dan interaksi pelanggan. Sehingga memungkinkan mereka untuk menyusun promosi yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Apa Saja Contoh Aplikasi CRM Yang Banyak Digunakan?

Adapun contoh aplikasi CRM yang paling banyak digunakan, sebagai berikut:

1. Barantum CRM

Chatbot Barantum - BSP Tepercaya WhatsApp

Software Barantum CRM merupakan perusahaan teknologi penyedia software CRM pertama karya anak bangsa di Indonesia yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kinerja tim sales, call center, serta customer service.

Barantum menawarkan solusi bisnis dengan paket lengkap untuk membantu meningkatkan penjualan, meningkatkan pelayanan pelanggan, hingga komunikasi di banyak saluran komunikasi hanya dalam 1 platform.

Fitur Unggulan Aplikasi CRM Barantum

  • Pelacakan KPI dan Manajemen Tugas
    Memiliki fitur pelacakan KPI dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI sesuai dengan kebutuhan.
  • Customization
    Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan.
  • 360 View dan Analisis Laporan Cerdas
    Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta laporan analisis.
  • Live GPS dan CRM Mobile Gratis
    Memiliki fitur Live GPS secara real-time melalui smartphone yang dapat dilakukan secara offline dan dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) & App Store (iOS)
  • Omnichannel & WhatsApp Business API
    Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, web chat dan sistem cloud call center untuk customer service.
  • Sharing File
    Anda bisa bekerja lebih efisien dan dinamis atar departemen dengan bertukar file dalam CRM.
  • Email Marketing
    Dapat mengirimkan email penawaran langsung dari CRM Anda dan mengintegrasikan aplikasi email lainnya.
  • Support Service VIP
    Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna dengan harga yang terjangkau.
  • Integrasi sistem Cloud Call Center Barantum
    Barantum mendedikasikan layanannya khusus untuk membantu entitas Bisnis di Indonesia agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya, dengan menggunakan Barantum Anda dapat menikmati banyak layanan termasuk sistem Call Center yang berbasi Cloud sehingga akan membantu tim sales, telesales, ataupun customer service dalam memberikan pelayanan terbaik.

Integrasi sistem Cloud Call Center Barantum mendedikasikan layanannya khusus untuk membantu entitas Bisnis di Indonesia agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya, dengan menggunakan Barantum Anda dapat menikmati banyak layanan termasuk sistem Call Center yang berbasi Cloud sehingga akan membantu tim sales, telesales, ataupun customer service dalam memberikan pelayanan terbaik.

alaytical CRM - Barantum CRM Tepercaya Indonesia

2. SalesForce CRM

Salesforce Marketing Cloud: Fitur-Fitur dan Kelebihannya - Glints Blog

Software CRM lainnya ialah SalesForce yang merupakan perusahaan software berbasis cloud yang berkantor pusat di San Fransisco, California. Pendiri SalesForce adalah Marc Benioff dan Parker Harris. SalesForce juga menjual rangkaian software CRM pada perusahaan pelengkap yang berkaitan dengan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan software .

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Sales Cloud: Untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis
  • Marketing Cloud: Dapat memantau kampanye marketing dan orang-orang yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut
  • Services Cloud: Layanan pelanggan sehingga menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan
  • Sales Platform dan App Exchanger: Mendapat informasi real time mengenai pelanggan dan penjualan
  • Salesforce Chatter: Dapat membuat kolaborasi dalam tim tanpa batas

3. Pipedrive CRM

AeroZap

Software CRM Pipedrive merupakan perusahaan yang menawarkan software berbasis cloud yang fokusnya software customer relationship management. Pipedrive berkantor di Estonia,USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan  Republik Ceko.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Adanya manajemen leads dan penjualan
  • Sistem otomatisasi
  • Laporan bisnis
  • Privasi dan keamanan pada software
  • Mobile apps

Dapatkan Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis Anda

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, mengoptimalkan hubungan dengan pelanggan merupakan kunci keberhasilan yang tak terbantahkan. Dari Gojek hingga Apple, perusahaan-perusahaan besar telah membuktikan betapa pentingnya mengadopsi strategi CRM untuk memahami dan merespons kebutuhan pelanggan secara efektif.

Namun, di tengah kompleksitas persaingan yang semakin tinggi, solusi CRM yang mampu membawa perusahaan menuju keunggulan kompetitif menjadi esensial. Dan inilah di mana Barantum berdiri sebagai salah satu solusi CRM terbaik yang mampu mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan. Dengan pendekatan inovatif dan fitur-fitur yang lengkap, Barantum memungkinkan perusahaan Anda untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggali informasi dari data pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".