Informasi Penting Seputar E-crm Yang Wajib Anda Ketahui

E-crm (Electronic Customer Relationship Management) telah menjadi perbincangan hangat dalam dunia bisnis modern sebagai pendekatan inovatif dalam mengelola hubungan pelanggan. Untuk memahami lebih lanjut konsep ini, penting bagi kita untuk menggali pengertian dasar dari E-crm serta melihat perbedaannya dibandingkan dengan pendekatan konvensional, yaitu CRM (Customer Relationship Management).

Dalam era digital ini, di mana teknologi terus berkembang pesat, penting bagi Anda untuk memahami dan memanfaatkan alat-alat dan strategi yang memungkinkan Anda tetap relevan dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Dengan memahami perbedaan keduanya, perusahaan Anda dapat lebih baik mengarahkan upaya Anda dalam membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan di era digital ini.

Melalui perbandingan ini, Anda akan mengetahui bagaimana perbedaan keduanya keduanya dan serta bagaimana pergeseran ini menciptakan peluang baru dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu E-crm?

E-crm atau Electronic Customer Relationship Management adalah cara perusahaan menggunakan teknologi digital untuk lebih baik berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan. Gampangnya, ini seperti cara perusahaan menyimpan data tentang kita, seperti apa yang kita suka dan tidak suka, dan kemudian menggunakan informasi itu untuk memberikan layanan yang lebih baik. Misalnya, ketika kita berbelanja online, dapat membantu toko online mengingat preferensi kita dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai. Ini juga bisa berarti bahwa perusahaan menggunakan email atau media sosial untuk tetap terhubung dengan kita, memberikan penawaran khusus, atau menjawab pertanyaan kita.

Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan Anda dapat lebih mudah memahami apa yang pelanggan inginkan, memberikan layanan yang lebih personal, dan menjaga hubungan yang baik. Jadi, intinya, sistem ini adalah cara modern perusahaan menjaga hubungan dengan pelanggan Anda menggunakan teknologi elektronik untuk membuat pengalaman berbelanja atau berinteraksi dengan perusahaan menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi kita sebagai konsumen.

Apa Perbedaan E-crm Dengan CRM?

Perbedaan utama antara E-crm dan CRM terletak pada cara komunikasi dilakukan. Dalam CRM, interaksi dengan pelanggan terjadi melalui telepon, saluran distribusi, atau faks. Sebaliknya, E-crm menggunakan saluran komunikasi melalui internet, email, dan teknologi terkini.

Adapun detail perbedaan antara keduanya, yaitu:

1. Dalam Interaksi Dengan Pelanggan

Pertama, CRM melakukan kontak secara konvensional menggunakan telepon atau fax, sementara e-crm tidak hanya melibatkan metode tersebut, tetapi juga memungkinkan kontak melalui situs web dan email dengan menggunakan jaringan internet.

2. Dari Perspektif Antarmuka Sistem (Interface)

Selanjutnya, CRM beroperasi dengan laporan manual atau aplikasi back end melalui sistem ERP, sedangkan e-crm dirancang sebagai aplikasi front-end atau situs web.

3. Dari Segi Fokus

Berikutnya, CRM dirancang untuk memenuhi kebutuhan produk dan fungsi, sedangkan e-crm lebih difokuskan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan.

4. Pemeliharaan dan Modifikasi Sistem

Terakhir, implementasi CRM melibatkan biaya yang cukup besar karena sistemnya tersebar di berbagai lokasi dan menggunakan beberapa server. Sebaliknya, e-crm dapat mengurangi biaya tersebut dengan memungkinkan penerapan dan perluasan sistem dikelola dalam satu lokasi dan pada satu server.

Apa Manfaat E-crm Bagi Bisnis?

E-crm (Electronic Customer Relationship Management) memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan dalam upaya Anda untuk membangun dan mengelola hubungan dengan pelanggan secara elektronik.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penerapan E-crm:

1. Personalisasi Layanan

Pertama, E-crm memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan secara rinci, memungkinkan personalisasi layanan pelanggan. Dengan memahami preferensi dan perilaku pelanggan, perusahaan dapat menyajikan konten, penawaran, dan layanan yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Barantum layanan service terbaik

2. Peningkatan Efisiensi

Kedua, E-crm mengotomatisasi banyak proses bisnis terkait pelanggan, seperti pengelolaan kampanye pemasaran, pengumpulan data, dan penanganan keluhan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memungkinkan perusahaan untuk fokus pada interaksi yang lebih bermakna dengan pelanggan.

3. Respons Cepat

Berikutnya, dengan saluran komunikasi elektronik seperti email, obrolan online, dan media sosial, perusahaan dapat merespons permintaan pelanggan dengan cepat. Ini membantu dalam memberikan layanan yang lebih responsif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. Integrasi Data

Selanjutnya, memungkinkan integrasi data pelanggan dari berbagai sumber, termasuk situs web, media sosial, dan transaksi online. Integrasi data ini memungkinkan perusahaan memiliki pandangan menyeluruh tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

5. Analisis Data yang Mendalam

Manfaat lainnya, dengan ketersediaan data yang besar, E-crm memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis yang mendalam terhadap perilaku pelanggan. Ini membantu dalam mengidentifikasi tren, memprediksi kebutuhan pelanggan, dan menyusun strategi yang lebih efektif.

6. Peningkatan Retensi Pelanggan

Melalui pemahaman yang lebih baik terhadap pelanggan dan layanan yang disesuaikan, E-crm dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan. Pelanggan yang merasa dipahami dan dihargai cenderung tetap setia terhadap perusahaan.

7. Peningkatan Produktivitas Tim

Terakhir, dengan otomatisasi proses dan akses mudah ke data, tim penjualan dan pelayanan pelanggan dapat menjadi lebih produktif. Anda dapat fokus pada kegiatan yang lebih strategis dan membangun hubungan yang lebih mendalam dengan pelanggan.

E-crm Terbaik Yang Bisa Anda Gunakan, Barantum

Barantum Penyedia Aplikasi CRM, Omnichannel Chat dan Call Center Software Terbaik di Indonesia

Dengan memahami konsep E-crm dan membandingkannya dengan pendekatan konvensional seperti CRM, kita melihat bagaimana evolusi teknologi telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan. E-crm bukan hanya sekadar penyempurnaan dari model lama, tetapi merupakan langkah maju yang signifikan dalam mengoptimalkan proses manajemen hubungan pelanggan di era digital.

Penting bagi setiap pemimpin bisnis dan profesional pemasaran untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip E-crm dalam strategi Anda guna memastikan keterlibatan pelanggan yang maksimal dan peningkatan kinerja bisnis. Dengan terus mengikuti perkembangan dan memanfaatkan teknologi digital, perusahaan dapat membuka peluang baru dan membangun kepercayaan pelanggan.

Dalam menjalankan implementasi E-crm, pemilihan platform atau perangkat lunak yang sesuai dapat menjadi langkah kritis. Salah satu pilihan yang menonjol adalah Barantum. Dengan menyelaraskan konsep E-crm dengan teknologi mutakhir, Barantum memberikan pengalaman yang menyeluruh dan memperkuat hubungan perusahaan dengan pelanggan melalui berbagai saluran digital.

Melalui platform ini, perusahaan dapat mengakses alat-alat analisis data yang canggih, otomatisasi proses bisnis, dan personalisasi layanan secara efisien. Barantum tidak hanya memahami esensi dari E-crm, tetapi juga menghadirkan fitur-fitur inovatif yang dapat mengatasi kebutuhan spesifik dan tuntutan bisnis.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".