Tingkatkan Operasional Bisnis dengan CRM

Fitur dan fungsi CRM untuk bisnis mampu menjadi solusi membantu tingkatkan operasional bisnis Anda. Dengan fitur dan fungsi CRM, bisnis Anda menjadi semakin efektif dan efisien. Oleh sebab itu, pebisnis yang sudah mengetahui fitur dan fungsi CRM ini tentu akan segera mencari CRM yang tepat untuk bisnis mereka.

Perangkat CRM memberikan ratusan bahkan ribuan solusi untuk bisnis Anda. Ini berarti bahwa Anda harus mencari modul atau fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terutama untuk mempercepat aktivitas penjualan. Bagi pengguna baru, ini tentu saja membingungkan mereka. Sebelum Anda memulai, sebaiknya Anda mengetahui serta mempelajari fitur-fitur dalam CRM untuk penjualan.

Apa fitur dan fungsi CRM untuk bisnis Anda? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Apa Fungsi CRM?

Secara umum, fungsi CRM (Customer Relationship Management) adalah membantu dan mempermudah manajemen perusahaan dalam memantau aktivitas pejualan untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan. Hal ini agar perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional dan pelayanan mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan.

Fitur CRM Yang Perlu Anda Tahu

1. Multiple sales pipeline

Mengelola prospek dan pelanggan Anda dalam tampilan saluran memberikan gambaran umum singkat tentang keseluruhan saluran penjualan. Anda dapat melihat pelanggan yang dikategorikan dalam berbagai tahap penjualan, dibedakan berdasarkan warna dan tag untuk pemfilteran terperinci.

Sales pipeline juga bermanfaat untuk manajemen prospek yang efektif – Anda dapat menarik dan melepaskan prospek dari satu tahap penjualan ke tahap penjualan lainnya, mengingat prospek menjadi pelanggan yang membayar.

Seringkali, software manajemen saluran penjualan hanya memiliki satu saluran. Tetapi bagaimana jika Anda ingin memiliki banyak saluran untuk berbagai negara, produk, atau sumber prospek? Berikut triknya: cari software CRM yang memungkinkan Anda mengelompokkan dan memberi label pada prospek dan pelanggan Anda.

Dengan menambahkan tag khusus ke setiap prospek, Anda dapat memfilter saluran menurut label ini. Misalnya, Anda dapat mengelompokkan audiens berdasarkan lokasi, bahasa, perangkat, sumber prospek, retensi, dan banyak lagi.

2. Tampilan perusahaan dan pelanggan

Banyak perusahaan yang memilih CRM untuk bisnis kecil melupakan kebutuhan untuk membedakan perusahaan dan profil pelanggan.

Bahkan, itu membuat perubahan besar apakah Anda dapat memiliki beberapa kontak di bawah satu perusahaan sementara juga memiliki profil pribadi pelanggan untuk masing-masing kontak ini. Anda dapat menambahkan informasi rinci tentang setiap orang yang termasuk dalam proses pembelian, daripada memiliki profil perusahaan yang tidak jelas.

Selain itu, Anda dapat menggunakan informasi kontak terperinci untuk kampanye email dan pemeliharaan prospek, termasuk nama orang tersebut ke email untuk personalisasi tingkat tinggi.

Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang setiap pelanggan, pilih software penjualan yang memungkinkan Anda membuat profil perusahaan dan pelanggan.

3. Pelacakan prospek

Dengan melacak sumber prospek, Anda mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana pelanggan tertentu menemukan perusahaan Anda. Mengetahui informasi ini memungkinkan Anda mengatur kampanye pemasaran yang ditargetkan atau mengirim materi penjualan yang relevan kepada prospek Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memfilter saluran Anda berdasarkan sumber prospek dan melihat seberapa baik prospek dari sumber tertentu dikonversi menjadi pelanggan yang membayar. Saat jumlah prospek baru Anda mulai berkurang, memeriksa sumber prospeknya dapat mengarahkan Anda ke saluran lalu lintas yang bermasalah.

integrasi omnichannel

4. Dasbor penjualan

Metrik yang terdapat pada dasbor penjualan:

  • Penjualan bulanan/pelanggan baru
  • Prospek/prospek baru bulanan
  • Tingkat konversi lead-to-sale (Lead-to-sale conversion rate)
  • Biaya per lead (Cost per lead)
  • Biaya per konversi (Cost per conversion)
  • Nilai seumur hidup pelanggan (Customer lifetime value)
  • Tingkat pergantian pelanggan (Customer turnover rate)
  • Skor promotor bersih (Net promoter score)

Dasbor penjualan juga merupakan alat yang berguna selama rapat, memberi tim Anda gambaran umum singkat tentang hasil mingguan atau bulanan Anda.

5. Manajemen tugas

Dengan manajemen sales pipeline menjadi semakin efektif ketika Anda mengelola semua tugas Anda seperti menelepon dan mengirim email dalam sistem yang sama. Manajemen tugas adalah fitur CRM bermanfaat yang memberi Anda gambaran singkat tentang apa yang perlu dilakukan dan memungkinkan Anda menetapkan tenggat waktu.

Tautkan tugas ke profil pelanggan untuk menemukan semua tugas terkait dalam tampilan pelanggan. Kapan pun Anda akan bertemu pelanggan atau mengirim email kepada mereka, Anda mengingat semua yang harus Anda sampaikan atau informasikan kepada mereka.

6. Penyimpanan file

Menambahkan file seperti faktur dan kutipan ke profil pelanggan Anda membuatnya lebih mudah untuk menemukannya dengan cepat. Selain itu, ini adalah tempat yang bagus untuk menyimpan semua kontrak, sehingga tidak ada yang hilang.

Banyak solusi cloud memungkinkan tim Anda berbagi file di seluruh perusahaan. Selalu periksa batas penyimpanan software karena beberapa penyedia CRM menawarkan penyimpanan kurang dari 1GB.

7. Impor dan ekspor data

Perusahaan perlu mengekspor informasi pelanggan mereka karena berbagai alasan. Misalnya, Anda mungkin ingin mengimpor seluruh daftar kontak Anda ke alat otomatisasi email untuk mengirimi mereka buletin email.

Selain itu, kemampuan untuk mengimpor prospek dari file CSV atau XSL dapat berguna, terutama jika Anda mentransmisikan kontak dari sistem CRM lama Anda ke yang baru.

Fitur CRM lainnya adalah membuat perubahan pada sekelompok besar kontak dalam satu perintah tunggal. Cari software basis data pelanggan yang memungkinkan Anda memilih sekelompok kontak yang difilter dan menerapkan perubahan pada semuanya sekaligus.

8. Akses data jarak jauh

Perwakilan penjualan Anda mengunjungi beberapa prospek per hari. Agar efisien dalam pekerjaan mereka, mereka perlu mengakses basis data pelanggan Anda secara teratur untuk mengumpulkan informasi atau memperbarui data.

9. Analisis

Fitur CRM harus mencakup setidaknya alat pelaporan dasar untuk menunjukkan kepada Anda prospek baru, konversi, dan pendapatan rutin bulanan dari bulan ke bulan. Jika sistem CRM memiliki dasbor penjualan, Anda dapat menambahkan grafik di samping metrik utama ke antarmuka untuk ikhtisar cepat (real-time) tentang kinerja penjualan Anda.

10. Integrasi pihak ketiga

Semakin banyak integrasi pihak ketiga yang berguna yang dimiliki CRM, semakin besar kemungkinan Anda dapat mengumpulkan semua data relevan yang Anda butuhkan untuk penjualan yang efisien. Cari software manajemen saluran yang terintegrasi dengan email dan alat pemasaran favorit Anda untuk menghindari entri data ganda dan mengumpulkan lebih banyak informasi berharga.

11. Tampilan yang dapat disesuaikan dan role-based view

Terkadang, yang terbaik adalah menyesuaikan pengalaman software setiap anggota tim sesuai dengan pekerjaan mereka. Misalnya, tenaga penjual biasa tidak memerlukan fitur CRM untuk pemasaran atau pembuatan prospek.

Lebih baik memberi orang akses hanya ke alat yang mereka butuhkan untuk pekerjaan mereka. Berbagai macam alat yang tidak dikenal dapat membingungkan pengguna dan mengungkapkan informasi yang tidak perlu mereka ketahui. Sistem CRM yang dapat disesuaikan memberi manajer penjualan kendali penuh atas akses ke alat dan data tertentu.

Barantum, Solusi Pilihan CRM Untuk Bisnis Anda

Kini Anda telah mengetahui tentang CRM dan manfaatnya bagi bisnis. Sebaiknya, Anda mulai mencoba menggunakan CRM untuk operasional bisnis Anda. Salah satu pilihan penyedia sistem CRM terbaik, yaitu Barantum, bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang sedang mencari penyedia jasa CRM.

CRM terbaik indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
  5. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".