Customer Database Management Software

Dalam menjalani bisnis, database customer (pelanggan) merupakan hal yang paling krusial dan penting. Mengelola database pelanggan dengan baik adalah kunci untuk kemajuan bisnis. Oleh sebab itu, pengelolaan data pelanggan ini menjadi salah satu pekerjaan yang berat karena dalam level bisnis menengah ke atas, database pelanggan yang dikelola sudah bukan ratusan lagi, tapi ribuan bahkan sampai ratusan ribuan hingga jutaan.

Untuk mengatasi hal ini, solusinya adalah Anda perlu menggunakan customer database management software. Dengan menggunakan software ini, aktivitas manajemen database pelanggan akan semakin mudah efisien karena dibantu dengan fitur-fitur yang sangat mendukung.Client and Customer Database Management Terbaik

Apa itu Customer Database?

Customer database atau client database merupakan kumpulan informasi mengenai data pelanggan atau klien yang mencakup nama lengkap, alamat, email, nomor telepon dan banyak lagi yang disimpan dalam satu sistem atau media penyimpanan.

Seberapa lengkap database pelanggan Anda tergantung pada tujuan Anda, jenis data yang Anda kumpulkan, prospek yang Anda miliki, dan bagaimana Anda akan menggunakan informasi tersebut.

Keuntungan Anda memiliki database pelanggan, yaitu Anda bisa menggunakannya untuk melakukan promosi bisnis yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan menentukan promosi yang tepat untuk tiap pelanggan, biaya promosi yang dikeluarkan jadi lebih hemat.

Kenapa Manajemen Database Customer itu Penting?

Manajemen database pelanggan menjadi penting karena pelanggan merupakan pusat sumber aktivitas dan tujuan bisnis. Dengan manajemen data pelanggan yang baik akan mendukung berbagai divisi menjadi lebih produktif dengan data pelanggan yang tersusun rapi yang bisa digunakan untuk kemajuan bisnis.

Manajemen database pelanggan yang baik dapat membantu bisnis untuk memahami perilaku pelanggan, melihat trend pembelian, dan menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif. Untuk mendukung dan mempermudah hal tersebut, bisnis memerlukan sebuah sistem yang disebut Customer Database Management Software.

Customer Database Management

Apa itu Customer Database Management Software?

Customer database atau client database management software merupakan sistem yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengelola, dan melacak semua data pelanggan bisnis Anda dalam jumlah besar di dashboard terpusat. Sehingga dapat memudahkan setiap divisi yang berkaitan dan bersentuhan dengan data pelanggan, seperti tim sales, marketing, customer service, dan lainnya.

Dengan menggunakan customer database management software ini, Anda dapat menampilkan semua detail pelanggan, seperti nama, alamat email, nomor telepon, riwayat pembelian, dan riwayat komunikasi sebelumnya dengan bisnis Anda. Sehingga Anda dapat melacak dengan cermat perilaku pelanggan, meluncurkan promosi email yang ditargetkan, dan tetap mengikuti semua pembaruan pelanggan kapanpun Anda mau.

Apa Manfaat Customer Database Management Software?

Pada customer database management software, Anda dapat menyimpan data bisnis secara otomatis. Sehingga mempermudah operasional bisnis Anda untuk menyimpan data pelanggan dan menumbuhkan pelanggan menjadi pelanggan loyalitas.

Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan customer database management software untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Database Customer Yang Tersusun Rapi

Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan customer database management software adalah database customer Anda yang dapat tersusun dengan rapi. Anda dapat menambahkan, melihat, mengubah, atau menghapus data pelanggan Anda dengan mudah. Informasi data pelanggan yang tersusun rapi dan dikelompokkan berdasarkan kategori dan kebutuhannya masing-masing seperti tanggal pembelian, jumlah pembelian, produk yang dibeli dan sebagainya yang dapat Anda atur sendiri.

2. Strategi Bisnis Yang Tepat Sasaran

Manfaat kedua dari menggunakan customer database management software adalah Anda dapat melakukan dan menentukan strategi bisnis yang tepat sasaran berdasarkan database customer yang telah Anda kumpulkan sebelumnya. Anda dapat melakukan strategi Email Marketing maupun WhatsApp Blast dan menjalakan strategi cross-selling ataupun up-selling dengan target pelanggan yang tepat sasaran untuk meningkatkan pendapatkan bisnis Anda.

Anda dapat menjalankan strategi bisnis dengan menciptakan produk baru ataupun menjalankan strategi marketing berdasarkan kebutuhan pelanggan, tingkat pendapatan, minat, pekerjaan dan sebagainya. Sehingga Anda bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda melalui retensi pelanggan yang terjadi.

3. Memantau Perilaku Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari menggunakan customer atau client database management software adalah Anda dapat memantau perilaku pelanggan. Memahami perilaku pelanggan bisnis Anda penting untuk menentukan strategi bisnis yang akan Anda gunakan kedepannya. Seperti bagaimana memberikan pelayanan pelanggan yang tepat, cara berkomunikasi dan banyak lagi dari memahami perilaku pelanggan bisnis Anda.

4. Memantau Aktivitas Penjualan

Dengan menggunakan client database management software juga memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas penjualan yang terjadi. Memantau bagaimana cara tim Anda bekerja dan memberikan pelayanan kepada pelanggan, memantau bagaimana proses atau alur follow-up yang dilakukan tim Anda mulai dari saat leads atau data pelanggan tersebut dibuat sampai dengan terjadinya deals.

5. Laporan Secara Realtime

Yang terakhir, dengan menggunakan client atau customer database management software juga memungkinkan Anda untuk melihat laporan secara realtime. Melihat sampai sejauh mana data pelanggan telah dieksekusi oleh tim Anda dan bagaimana proses yang terjadi mulai dari pra-penjualan sampai dengan pasca-penjualan.

Client and Customer Database Management Terbaik

Apa Saja Fitur Penting di Dalam Customer Database Management Software?

Kini Anda telah mengetahui manfaat dari customer database management software. Untuk mengoptimalkan manfaat penggunaan customer database management software tersebut. maka terdapat berbagai fitur penting yang harus ada di dalamnya. Agar penggunaan customer database management software dan manfaatnya untuk bisnis lebih optimal.

Berikut berbagai fitur penting di dalam customer database management software:

1. Leads Management

Fitur yang pertama yang wajib ada untuk customer database management software adalah fitur leads management. Fitur leads management merupakan fitur untuk menambahkan, mengubah, memperbarui atau menghapus data pelanggan yang masih mentah ketika leads tersebut masuk atau baru dibuat. Fitur dimana Anda dapat melihat dan menentukan apakah data pelanggan tersebut merupakan data pelanggan sampah (Junk Leads) atau potensial (Have Needs / Converted).

2. Contacts Management

Fitur penting dari customer database management software selanjutnya adalah Contact. Fitur yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data pelanggan potensial Anda sebagai kontak yang dapat Anda gunakan kapanpun untuk kebutuhan prospek atau follow-up, promosi dan apapun. Memudahkan Anda untuk mencari informasi kontak pelanggan sebelumnya yang terikat dengan pembelian tertentu atau aktivitas tertentu dan melihat semua riwayat aktivitas follow-up yang pernah terjadi.

3. Activity Management

Fitur lainnya dari customer database management software yang tidak kalah penting adalah fitur Activity. Fitur yang sangat berguna memungkinkan Anda untuk melihat riwayat aktivitas terkait data pelanggan tersebut seperti calls, meetings, surveys sampai deals. Dilengkapi fitur log activity yang berguna untuk melihat riwayat perubahan yang dilakukan untuk data pelanggan tersebut.

4. Tasks Management

Fitur customer database management software lainnya adalah Tasks. Dimana Anda dapat memberikan dan mendistribusikan tugas yang berkaitan dengan data pelanggan atau lainnya yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh tim atau staff Anda. Memudahkan Anda dalam pemberian tugas dan memonitor kinerja tim Anda apakah sudah dan berhasil menyelesaikan tugas yang Anda berikan tersebut atau belum.

5. Deals Management

Deals management pada customer database management software memungkinkan Anda untuk membuat deals atau data pembelian langsung dari data pelanggan yang Anda buat. Sehingga Anda dapat melihat pembelian apa saja yang terkait pada data pelanggan beserta riwayat aktivitas yang dilakukan tim Anda pada data pelanggan tersebut.

6. Report & Analytics

Fitur utama yang sangat penting lainnya dari customer database management software adalah fitur Report dan Analytics. Memungkinkan Anda untuk melihat rangkuman laporan secara mudah melalui diagram atau tabel secara rinci terkait laporan aktivitas pada database pelanggan dan kinerja tim Anda.

7. Integrations

Terakhir, fitur utama yang wajib ada untuk customer database management software adalah fitur integrasi. Dimana fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan database customer pada sistem atau aplikasi apapun yang perusahaan miliki sebelumnya. Seperti website, sistem akuntansi, WhatsApp atau sistem lainnya sehingga dapat terhubung satu sama lain.

Itulah fitur-fitur utama yang wajib dimiliki oleh client atau database management software yang akan Anda pilih nantinya. Pastikan software tersebut memiliki fitur-fitur di atas, sehingga dapat memudahkan Anda dalam memanajemen data pelanggan bisnis Anda.

Top 5 Customer Database Management Software Terbaik Untuk Bisnis Anda!

Berikut ini daftar top 5 customer database management software terbaik, yaitu:

1. Barantum CRM

Baracantum - Software CRM Untuk Customer Database Management Terbaik

Barantum merupakan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) berbasis cloud terbaik. Berbagai fitur manajemen hubungan pelanggan seperti sistem CRM Penjualan, CRM Canvassing, Sistem Call Center, Ticketing untuk Customer Service atau Helpdesk dan Omnichannel yang terintegrasi WhatsApp.

Barantum memiliki semua fitur utama untuk aktivitas Customer Database Management seperti sehingga dapat memudahkan Anda dalam mengelola data pelanggan bisnis Anda.

Berikut fitur unggulan Barantum untuk manajemen data pelanggan bisnis Anda:

  • Leads Management
  • Contact Management
  • Activity Management
  • Task Management
  • Delas Management
  • Report & Analytics
  • Integrations

Kunjungi website www.barantum.com

2. Zoho

zoho

Zoho adalah software database pelanggan lainnya yang bisa Anda coba. Software ini dirancang untuk memperkuat hubungan pelanggan dan memungkinkan Anda untuk menghubungi pelanggan di seluruh channel favorit mereka.

Kunjungi website www.zoho.com

3. HubSpot

hubspot

HubSpot adalah perangkat lunak basis data klien populer yang memungkinkan Anda menjadwalkan pertemuan dengan pelanggan langsung dari dalam CRM.

Untuk manajemen kontak, HubSpot CRM menetapkan properti default untuk setiap catatan pelanggan untuk menyimpan informasi penting seperti alamat email, nomor telepon, dan lain-lain.

Kunjungi website www.hubspot.com

4. Freshwork

freshwork

Freshworks dirancang untuk meningkatkan keterlibatan yang dipersonalisasi dengan pelanggan melalui percakapan kontekstual di setiap langkah perjalanan mereka. Alat ini membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan di platform favorit mereka dan mengirim pesan yang sangat bertarget berdasarkan perilaku mereka.

Kunjungi website www.freshworks.com

5. Monday

monday

Monday adalah platform yang sangat fleksibel dan intuitif untuk mengelola komunikasi pelanggan. Sebagai perangkat lunak basis data pelanggan yang populer, ia menyediakan ruang terpusat untuk semua detail pelanggan dan pertukaran email.

Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa saluran, mengedit penawaran, dan menyesuaikan dasbor untuk mencerminkan proses penjualan Anda.

Kunjungi website www.monday.com

Gunakan Database Management Software Terbaik Sekarang!

Baracantum - Software CRM Untuk Customer Database Management Terbaik

Software CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan platform chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Client and Customer Database Management Terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu Customer Service? Pengertian, Tugas dan Jenisnya
  2. Contact Center: Apa itu & Perbedaannya Dengan Call Center
  3. Jenis Customer Service Yang Perlu Diketahui Oleh Bisnis
  4. Customer Support: Pengertian, Tugas dan Manfaatnya
  5. Simak Alasan Call Center Perlu Diintegrasikan ke CRM

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang