Apa itu “Verified Badge” Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

cara mendapat verified badge whatsapp

“Verified Badge” Centang Hijau pada WhatsApp

WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru di mana pemilik bisnis dapat memverifikasi profil WhatsApp mereka dengan tanda centang hijau (verified badge) diikuti dengan nama bisnis atau perusahaan. Tanda centang hijau pada WhatsApp atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Akun dengan centang hijau dapat menambah trust atau kepercayaan dari pelanggan. Mengingat penjualan secara online sangat rentan dengan berbagai penipuan. Tidak terkecuali dengan banyaknya kasus penipuan saat bertransaksi di WhatsApp. Oleh karena itu, trust atau kepercayaan pelanggan menjadi satu hal penting yang harus dimiliki oleh pebisnis.

Dengan adanya centang hijau atau verified badge pada profil akun bisnis WhatsApp Anda, pelanggan tidak perlu ragu lagi dengan penjual ataupun perusahaan. Hal ini karena, perusahaan tersebut telah terverifikasi resmi dan sudah menjadi bagian dari bisnis yang diakui oleh WhatsApp. Selain kepercayaan, akun WhatsApp dengan centang hijau juga dapat meningkatkan reputasi dari brand atau merk bisnis. Maka tidak heran, hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan jumlah penjualan.

Apa itu badge hijau (verified) di WhatsApp?

 

verified badge whatsapp

Badge verified atau tanda centang hijau pada akun bisnis Whatsapp menandakan akun resmi yang sudah terverifikasi. Setelah mendapatkan centang hijau, WhatsApp telah memverifikasi bahwa nomor telepon dari kontak ini sudah menjadi milik dari akun bisnis yang bersangkutan.

Jika nomor bisnis Anda diverifikasi maka secara otomatis nama bisnis atau perusahaanlah yang akan terlihat di daftar obrolan, layar obrolan dan tampilan kontak sebagai pengganti nomor telepon Anda. Nomor yang diverifikasi akan ditandai dengan tanda centang hijau.

Baca juga : Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

Cara mendapatkan verified badge centang hijau di WhatsApp?

Facebook sebagai pemilik WhatsApp telah bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis (BSP) secara global untuk membantu bisnis melalui WhatsApp Business API. Barantum merupakan Mitra resmi WhatsApp yang di tunjuk sebagai BSP untuk WhatsApp Business API. Jika Anda tertarik, Anda dapat langsung mendaftar untuk Verifikasi Bisnis WhatsApp menggunakan tautan ini Pengajuan WhatsApp Business API

Waktu persetujuan untuk melakukan verifikasi ini biasanya antara satu sampai tiga minggu. Langkah – langkah untuk proses verifikasi Akun WhatsApp Bisnis Resmi Anda adalah sebagai berikut :

  1. Daftarkan bisnis Anda melalui BSP resmi yang ditunjuk oleh WhatsApp seperti Barantum
  2. Buat akun Business Manager.
  3. Berikan ID Facebook Bisnis Manajer (BMID) Anda kepada Barantum selaku BSP Resmi WhatsApp
  4. Menyutujui pengiriman pesan oleh BSP atas nama bisnis Anda kepada pelanggan
  5. Selanjutnya, kamu perlu melakukan proses verifikasi kelengkapan profil dan kebijakan perusahaan. Pastikan, nama bisnis sesuai dengan Facebook Businees Manager dan WhatsApp Business API.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Mendaftar dengan penyedia solusi bisnis (BSP) 

    BSP adalah platform resmi yang ditunjuk dan di akui oleh WhatsApp untuk dapat menghubungkan bisnis Anda dengan WhatsApp Business API, yang akan memberikan Anda semua keuntungan dari penggunaan WhatsApp Business API. Platform ini memiliki sumber daya dan diotorisasi oleh WhatsApp untuk melegitimasi bisnis Anda. Secara khusus, BSP memiliki kuasa untuk:

    • Membuat, Mengaktifkan, dan kelola akun WhatsApp Bisnis resmi Anda.
    • Menghubungkan Akun WhatsApp Bisnis Anda dengan WhatsApp Business API.
    • Kelola pesan pelanggan Anda di kotak masuk terpadu.
    • Memberikan tempat untuk kolaborasi anggota tim Anda ( Satu nomor dapat dipakai oleh banyak agen )
    • Menganalisis dan memberikan wawasan berharga berbasis data

     

  2. Buat akun Facebook Business Manager

    Untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp atas nama Anda, Anda harus mengurus beberapa hal terlebih dahulu. Secara khusus, hal ini termasuk membuat akun Facebook Business Manager.

    Sebagai alat Facebook yang membantu Anda dalam mengatur dan mengelola bisnis Anda, Business Manager mengharuskan Anda untuk memiliki profil Facebook sehingga Anda dapat menggunakan nama pengguna dan kata sandi Facebook Anda untuk mendaftar. Dengan cara ini, proses login akan dibuat lebih aman daripada hanya menggunakan email dan kata sandi.

    Anda dapat mengunjungi situs webnya, https://business.facebook.com/overview lalu membuat akun. Di sini Anda akan memasukkan nama, nama bisnis, alamat email, dan detail bisnis lainnya. Anda hanya dapat memiliki hingga dua akun Business Manager secara bersamaan.

     

  3. Berikan ID Business Manager kepada Barantum selaku BSP Resmi WhatsApp

    Dengan membuat dan memverifikasi akun bisnis Anda, kami akan memerlukan Business Manager ID Anda. Informasi ini tersedia di Pengaturan Bisnis → Info Bisnis, di bawah Nama Akun Manajer Bisnis. Setelah menemukannya, kirim email yang berisi Business Manager ID Anda kepada tim kami

     

  4. Menyetujui pengiriman pesan dari Platform Barantum

    Setelah memiliki Business Manager ID, kami akan membutuhkan persetujuan Anda untuk mengirim pesan kepada pelanggan Anda atas nama Anda. Proses ini akan mengirim permintaan “pesan atas nama” melalui email dan Business Manager. Anda dapat menyetujuinya melalui Pengaturan Bisnis → Permintaan, lalu terima.

     

  5. Verifikasi Bisnis, Kebijakan, dan Nama Tampilan Anda

    Setelah Anda menyetujui permintaan BSP, Anda perlu memverifikasi nama dan kebijakan bisnis Anda di Business Manager sehingga WhatsApp dapat melihatnya. Anda dapat melakukan ini di Pengaturan Bisnis → Pusat Keamanan, di bawah Verifikasi lalu mulai verifikasi. Opsi ini akan berwarna abu-abu sampai Anda menyetujui “pesan atas nama” yang dikirimkan tim kami kepada Anda.

    Nama tampilan Anda harus sesuai dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis WhatsApp dan pedoman yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Juga perlu perhatikan bahwa, setelah Anda mendaftarkan nama kontak bisnis Anda di WhatsApp sebagai akun bisnis resmi, Anda tidak mungkin untuk mengubahnya tanpa kehilangan status terverifikasi.

    Setelah Anda memasukkan detail bisnis, memilih jenis bisnis, dan memasukkan nomor telepon Anda, Anda akan menerima kode verifikasi (melalui panggilan telepon, pesan teks, atau email). Setelahnya, Anda dapat men-submit pesan tersebut untuk menyelesaikan proses ini.

5 Fitur Khusus Whatsapp Business API

Itulah tadi beberapa tahapan untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp Anda hingga Anda mendapatkan tanda centang hijau atau verified bagde WhatsApp untuk Akun bisnis Anda.

Bagaimana? Apakah sudah cukup mengerti? Jika dirasa cukup rumit, jangan takut untuk bertanya ya. Sebagai BSP resmi WhatsApp, tim Barantum tentunya akan membantu kamu untuk membuat bisnis yang sedang kamu jalani semakin berkembang dan dikenal baik reputasinya oleh pelanggan.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu disini.

Baca juga Artikel terkait : Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API

In this article

Join the Conversation

thirteen − 4 =