Ternyata Begini Cara Mudah Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp!

Apakah Anda pernah melihat tanda centang hijau di akun WhatsApp Bisnis? Centang hijau atau verified badge (lencana terverifikasi) merupakan bukti bahwa akun WhatsApp Business tersebut sudah terverifikasi dan merupakan akun bisnis yang resmi.

Tanda centang hijau pada akun WhatsApp yang terverifikasi ini mampu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Karena dengan memiliki centang hijau pada akun WhatsApp Business, bisnis Anda akan tampil lebih profesional, memudahkan pelanggan untuk yakin bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang resmi sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dimata pelanggan.

Karena centang hijau di WhatsApp ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak heran, banyak sekali pebisnis yang menginginkan untuk memiliki centang hijau (verified badge) di akun WhatsApp Business mereka. Apa Anda juga salah satunya?

Jika jawabannya adalah iya, Anda sudah berada di halaman yang tepat! Karena artikel ini akan membahas bagaimana cara mendapatkan centang hijau (verified badge) di WhatsApp yang pasti dijamin berhasil. Ayo simak selengkapnya!

Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp :

  1. Daftarkan Akun WhatsApp Anda ke WhatsApp Business Solution, Barantum
  2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda
  3. Daftarkan Nomor dan Display Name Yang Ingin Digunakan
  4. Barantum Akan Mendaftarkan Akun Anda Menjadi Official WhatsApp Business Verified
  5. Dapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di Akun WhatsApp Business Anda

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Apa itu Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Verified badge atau tanda centang hijau WA (WhatsApp) adalah lencana yang diberikan oleh WhatsApp yang menginformasikan dan menunjukan bahwa akun tersebut telah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis yang resmi.

Tanda centang hijau atau verified badge ini akan terletak di samping nama bisnis Anda dan meskipun penerima tidak menyimpan nomor bisnis tersebut, tanda centang hijau dan nama bisnis Anda akan tetap ditampilkan. Dengan hal ini tentu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Untuk mendapatkan centang hijau WA, sebelumnya Anda harus menggunakan WhatsApp Business API terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda hanya harus bermitra dengan Mitra Resmi WhatsApp (Official WhatsApp Partner) di Indonesia. Kemudian, mereka akan membantu Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda pada pihak WhatsApp dan mendapatkan centang hijau WA untuk akun WhatsApp Business Anda.

Contoh Akun WhatsApp Centang Hijau

Apa Saja Manfaat Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp?

Mengapa perlu centang hijau WhatsApp? Centang hijau WA atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan bagi pemiliknya. Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat. Manfaat tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa manfaat centang hijau WA:

  1. Membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan biaya yang murah dan tampil lebih profesional dengan akun WhatsApp yang terverfikasi (centang hijau).
  2. Menghilangkan sifat ragu pada pelanggan. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  3. Meningkatkan brand awareness atau branding secara gratis. Karena ketika Anda mengirimkan pesan walaupun penerima tidak menyimpan kontak Anda, mereka akan tetap dapat melihat nama bisnis Anda di layar percakapan.
  4. Meningkatkan konversi penjualan. Dengan hilangnya keraguan dan meningkatnya kepercayaan pelanggan akan meningkatkan transaksi dengan pelanggan dan penjualan.

Apa Saja Syarat Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memiliki dan mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Business Anda. Berikut syarat-syarat untuk memiliki dan mendapatkan centang hijau di WhatsApp yang perlu Anda ketahui:

1. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV / PT atau Yayasan

Persyaratan minimum untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah bisnis yang Anda miliki sudah berbentuk CV / PT. atau yayasan. Hal ini karena pihak WhatsApp sangat selektif dan hanya memberikan centang hijau pada bisnis yang terbukti legalitasnya dan terdaftar sebagai perusahaan resmi. Adapun bisnis yang dilarang dan tidak bisa mendapatkan centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp adalah sebagai berikut :

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons and Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

2. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi pada bisnis Anda. Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

3. Memiliki website resmi untuk bisnis / perusahaan

Untuk syarat mendapatkan centang hijau whatsapp yang ketiga adalah memiliki website resmi perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda cukup profesional untuk memiliki website resmi sendiri untuk perusahaan yang Anda miliki.

4. Bisnis sudah cukup dikenal oleh publik

Untuk syarat terakhir adalah bisnis yang Anda daftarkan untuk mendapatkan centang hijau adalah bahwa bisnis Anda sudah cukup dikenal oleh publik. Hal ini untuk membuktikan bahwa bisnis Anda memang sudah cukup dikenal oleh publik dan layak untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

Untuk syarat ini, Anda bisa mencoba untuk membangun komunitas dengan cara membuat akun sosial media untuk bisnis Anda terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin dan coba masukkan juga ke media-media berita terkenal seperti Detik, Kompasiana dan sebagainya. Serta jangan lupa juga untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda dan menaikan SEO dari brand atau merek Anda.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa persyaratan tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan centang hijau. WhatsApp secara resmi memiliki hak absolut dalam memberikan centang hijau WhatsApp untuk akun WhatsApp Business.

Dan, penting diketahui bahwa nomor yang digunakan untuk WhatsApp Business API tidak bisa dikembalikan menjadi nomor WhatsApp biasa/personal.

Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp with Barantum

Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Alur Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp

Setelah Anda mengetahui apa itu WhatsApp centang hijau dan persyaratan apa yang harus ada persiapan sebelum mendaftar WhatsApp centang hijau. Berikut ini cara mendapatkan centang hijau atau verified badge di WhatsApp dan tutorialnya:

1. Daftarkan Akun WhatsApp Anda ke WhatsApp Business Solution, Barantum

Daftar dan Dapatkan Centang Hijau WhatsApp Dengan Barantum

Langkah pertama untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan cara mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp Business Solution Provider. BSP adalah pihak resmi yang ditunjuk langsung oleh WhatsApp untuk membantu proses pendaftaran WhatsApp Business API.

Lakukan pendaftaran ke BSP terpercaya di Indonesia seperti Barantum. Sehingga Anda bisa menggunakan WhataApp Business API dan mendapatkan centang hijau atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Contoh Facebook Business Manager yang telah terverifikasi

Langkah kedua untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan mem-verifikasi akun Facebook Business Manager Anda. Anda cukup login menggunakan akun Facebook pribadi yang Anda miliki dan mengisi semua informasi yang diminta.

3. Daftarkan Nomor dan Display Name Yang Ingin Digunakan

Langkah ketiga untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah menentukan nomor yang akan digunakan, dan nama bisnis yang akan ditampilkan pada akun WhatsApp centang hijau.

Nomor dan display name yang didaftarkan, apabila sudah disetujui dan mendapatkan centang hijau dari WhatsApp tidak bisa diubah. Jadi pastikan nomor dan display name yang digunakan sudah sesuai.

4. Barantum Akan Mendaftarkan Akun Anda Menjadi Official WhatsApp Business Verified

Integrasikan Semua Sistem Dengan Barantum CRM

Setelah Anda menentukan nomor dan display name yang akan digunakan, Barantum akan membantu Anda untuk mendaftarkan nomor dan nama bisnis Anda tersebut pada pihak WhatsApp.

Selain itu, Barantum juga akan menyiapkan sistem dan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Chatbot, WA Blast, Alokasi Chat per Agent dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda.

5. Dapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di Akun WhatsApp Business Anda

Contoh Akun WhatsApp yang sudah mendapatkan Centang Hijau dan yang telah terverifikasi

Terakhir, setelah semua langkah cara mendapatkan centang hijau WhatsApp dilakukan dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak WhatsApp akan melakukan proses verifikasi dan Anda harus menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh WhatsApp.

Jika pendaftaran centang hijau bisnis Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan WhatsApp, selanjutnya pihak WhatsApp akan memberikan centang hijau atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau oleh WhatsApp?

Setelah semua langkah cara mendapatkan centang hijau WhatsApp dilakukan dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak WhatsApp akan melakukan proses verifikasi terhadap pengajuan WhatsApp Centang Hijau Anda.

Umumnya, untuk proses verifikasi pengajuan WhatsApp centang hijau yang dilakukan WhatsApp akan memakan waktu 1 hingga 2 hari kerja. Tapi tidak menutup kemungkinan proses verifikasi dan pemberian WhatsApp centang hijau berjalan lebih lama, yaitu hingga 1 Minggu atau lebih.

Bagaimana Jika Pengajuan WhatsApp Centang Hijau Ditolak oleh WhatsApp?

Jika pengajuan WhatsApp centang hijau ditolak, WhatsApp memiliki opsi untuk mengajukan banding untuk setiap pengajuan centang hijau. Anda dapat melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur oleh WhatsApp, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

Walaupun pengajuan WhatsApp centang hijau ditolak, Anda tetap bisa menggunakan semua fitur WhatsApp Business API lainnya. Anda masih tetap bisa menikmati dan menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business API seperti WhatsApp Blast, Chatbot, Auto Responder, Auto Replay dan fitur lainnya.

Dapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp Business Anda Sekarang!

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham bagaimana cara mendapatkan centang hijau WhatsApp sekarang? Perlu diingat bahwa WhatsApp sangat selektif dalam memberikan centang hijau atau verified badge. Dan hanya bisnis yang memenuhi syarat dan sesuai kriteria yang bisa mendapatkan centang hijau dari WhatsApp.

Jika Anda memiliki kesulitan untuk mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Business Anda, Anda dapat bekerja sama dengan Barantum sebagai Mitra Resmi WhatsApp terpercaya di Indonesia untuk mendapatkan akun WhatsApp Verified. Tim profesional kami akan membantu Anda untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau!

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



4.4 11 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ahmad
Ahmad
Juli 31, 2022 3:00 pm

Oh berarti harus daftar ke Barantum dulu ya buat dapat verified di WhatsApp. Oke!

Daftar Sekarang