WhatsApp Business API, Solusi Tepat Tingkatkan Performa Layanan Pelanggan

Saat ini, berdasarkan data Most Popular Messaging Apps Worldwide 2023, WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Dan sudah banyak pebisnis juga yang menyadari hal ini dan menjadikan WhatsApp API sebagai saluran komunikasi utama bisnis mereka untuk terhubung dengan pelanggan. Apakah Anda juga salah satunya?

Jika saat ini WhatsApp sudah menjadi platform utama untuk bisnis Anda, di mana bisnis melayani pelanggan dan menjalan transaksi melalui WhatsApp. Maka WhatsApp Business API ini sangat cocok untuk Anda!

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda akan dapat menggunakan banyak fitur yang bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda dan manfaat lainnya mulai dari meningkatkan kualitas layanan pelanggan bisnis Anda sampai dengan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan bisnis Anda. Untuk tahu lebih lanjut, mari simak artikel ini sampai selesai!Barantum Penyedia WhatsApp Business Centang Hijau Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API atau WhatsApp Business Official Centang Hijau adalah aplikasi yang digunakan bisnis untuk mempermudah perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif dan efisien. Fitur WhatsApp Business API ini dikhususkan untuk kepentingan bisnis dalam melayani pelanggan dan bukan untuk kepentingan personal atau perorangan.

Harap Anda tidak menggunakan nomor pribadi karena nomor yang sudah didaftarkan menjadi nomor WhatsApp Business API, tidak dapat dikembalikan menjadi nomor personal/pribadi lagi.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa akun WhatsApp Business API atau WhatsApp Centang Hijau tidak bisa digunakan untuk WA group atau panggilan telepon/call. Namun, jangan khawatir, Anda bisa upsell menggunakan Call Center Barantum untuk memenuhi kebutuhan panggilan telepon.

WhatsApp Business API ini berbeda dengan WhatsApp Business. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda akan membuka fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa Anda akses dan dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

WhatsApp API menggunakan API atau Application Programming Interface yang merupakan rangkaian kode yang dapatkan dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terintegrasi dengan WhatsApp. Umumnya bisnis dengan skala menengah ke atas menggunakan WhatsApp API sebagai solusi untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi bahkan seluruh dunia.

Anda bisa menggunakan Barantum sebagai Business Solution Provider (BSP) WhatsApp bisnis Anda sehingga Anda bisa langsung menggunakan seluruh fitur dari WhatsApp API ini dibandingkan Anda m=harus merekrut programmer terlebih dahulu untuk membangun aplikasi Anda sendiri, selain memakan waktu juga pastinya memakan lebih banyak biaya tentunya.Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Apa Saja Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business API?

Perbedaan Fitur WA Personal, WA Business, dan WhatsApp API

Berikut perbedaan fitur yang bisa diakses antara WhatsApp Bisnis Standar dan WhatsApp Business API (WA Official Centang Hijau):

1. Cara Mendapatkannya

Salah satu perbedaan yang menonjol, yaitu perbedaan cara mendapatkannya. Anda bisa mendapatkan WA Business melalui Play Store atau App Store secara gratis. Sedangkan untuk mendapatkan WhatsApp Business Official Centang Hijau Anda harus bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Namun, tentu ada harga, ada kualitas. Jika Anda mengeluarkan sedikit biaya tambahan untuk mendapatkan WhatsApp Business Official Centang Hijau pada nomor bisnis, Anda bisa memperbanyak hak akses fitur yang tidak terdapat pada WhatsApp Business. Tentu biaya yang dikeluarkan akan sebanding bahkan melebihi manfaat yang bisa dirasakan Anda dan tim untuk mempermudah operasional bisnis.

2. Verifikasi WA Centang Hijau

WA Centang Hijau hanya bisa didapatkan menggunakan WA Business Official API dari mitra resmi Meta. Sehingga jika menggunakan WA bisnis standar maka Anda tidak bisa mendapatkan WA Centang Hijau.

3. Otomatisasi Pesan

Perbedaan selanjutnya, yaitu otomatisasi pesan. Pada WhatsApp Business dan WhatsApp Business Official Centang Hijau sama-sama memiliki otomatisasi pesan. Namun, pada WhatsApp Business memiliki keterbatasan jika dibandingkan dengan WhatsApp Business Official Centang Hijau. Pada WhatsApp API Anda bisa menggunakan fitur chatbot di mana pesan pelanggan bisa dibalas otomatis dengan bahasa yang bisa lebih dibuat seakan-akan admin yang membalas pesannya berdasarkan kata kunci pesan yang sudah diatur sebelumnya.

4. Integrasi CRM

Perbedaan yang signifikan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API Official Centang Hijau adalah kemampuan untuk terintegrasi dengan CRM (Customer Relationship Management). WhatsApp Business biasa tidak memiliki kemampuan bawaan untuk terhubung langsung dengan sistem CRM. Di sisi lain, WhatsApp Business Official Centang Hijau memungkinkan terintegrasi CRM. Dengan menggunakan API, bisnis dapat menghubungkan WhatsApp dengan CRM. Sehingga data dan informasi pelanggan yang diperoleh melalui WhatsApp dapat langsung terintegrasi dengan sistem manajemen pelanggan yang ada.

Perbedaan lebih detail bisa Anda simak dalam artikel WhatsApp Business & WhatsApp API: Apa sih Bedanya?.

Apa Manfaat dari Menggunakan WhatsApp Business API?

Berikut ini manfaat dari menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan dengan adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis Anda. Dengan adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda untuk membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

2. Menyediakan Layanan 24/7 Nonstop

Manfaat selanjutnya, bisnis dapat menyediakan layanan yang siap sedia untuk menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun, bahkan di luar jam kerja dengan dukungan fitur Chatbot. Chatbot WA ini dapat diprogram untuk memberikan respons otomatis secara cepat dan akurat, memberikan informasi dasar, dan bahkan mengarahkan pelanggan ke halaman web atau produk yang relevan.

3. Mudah Diintegrasikan Dengan Sistem Lain

Dengan mengintegrasikan WhatsApp API ke dalam sistem seperti CRM, memungkinkan bisnis untuk mengelola komunikasi dan data pelanggan secara terpusat dan efisien. Misalnya, informasi riwayat percakapan, kebutuhan pelanggan, dan mudah melakukan analisis data, hingga meningkatkan koordinasi antar departemen.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dengan memberikan respons yang cepat, akurat, personal, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga bisnis dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Menghemat Biaya

Manfaat terakhir, Anda dapat menghemat banyak biaya karena dengan menggunakan WhatsApp API bisnis dapat mengurangi kebutuhan agen layanan pelanggan dalam jumlah besar. Anda cukup membutuhkan 1-2 staf saja untuk menangani semua pekerjaan sebagai agen customer service.whatsapp api terpercaya - Barantum

Apa Saja Fitur dari WhatsApp Business API?

Berikut ini beberapa fitur WhatsApp API yang paling populer di kalangan pebisnis dan biasanya sudah disediakan oleh vendor BSP WhatsApp:

1. Centang Hijau (Verified Badge)

Ini merupakan fitur paling diminati dan di incar oleh para pebisnis, karena dengan mendapatkan akun WhatsApp Centang Hijau akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis mereka.

2. WhatsApp Blast

Merupakan fitur di mana Anda dapat mengirimkan pesan ke ribuan pelanggan Anda secara cepat tanpa perlu khawatir atau takut terblokir dibandingkan jika Anda menggunakan aplikasi WA Blast ‘abal-abal’ (tidak resmi) yang biasanya berupa aplikasi yang di instal di komputer atau pada ekstensi di browser Anda.

3. Chatbot

Fitur balas pesan otomatis dengan alur percakapan yang dapat Anda atur sesuka hati. Anda bisa menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan, alur pembayaran dan sebagainya.

4. Quick Reply

Fitur yang bisa memudahkan Anda untuk membalas pesan pelanggan dengan cepat hanya dengan mengetik “ / ” dengan template kalimat yang sudah Anda buat sebelumnya.

5. Office Hours

Fitur jawab otomatis dan pemberitahuan pada pelanggan yang menghubungi bisnis di luar jam kerja. Sehingga pelanggan bisa tahu layanan bisnis tidak tersedia untuk waktu atau jam tertentu dan mereka akan menghubungi bisnis Anda besok pagi nanti.

6. Multi User

Fitur yang memungkinkan bisnis Anda memiliki beberapa admin atau staf yang mengelola akun WhatsApp bisnis Anda secara bersamaan, dilengkapi dengan fitur alokasi chat per agent secara otomatis atau biasa disebut sebagai round robin system.

7. OTP & Notifikasi

Fitur utility untuk alur bisnis Anda di mana bisnis dapat mengirimkan pesan OTP (One Time Password) saat proses masuk atau pendaftaran di sistem internal atau aplikasi perusahaan Anda dan notifikasi otomatis ke WhatsApp pengguna.

8. Terintegrasi CRM

Anda juga bisa mengintegrasikan sistem internal bisnis Anda, misal mengintegrasikannya dengan sistem CRM perusahaan sehingga pesan pelanggan akan bisa langsung tersimpan sebagai kontak pelanggan, leads, atau tiket di database. Bisa juga mengintegrasikannya untuk mengecek status pesanan, status pembayaran, status pengiriman dan banyak lagi.

Apa WhatsApp Business API Gratis?

Jika Anda membutuhan WhatsApp Business standar, Anda bisa mendapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di PlayStore dan Appstore. Namun, jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business Official Centang Hijau itu berbayar. Namun, ada beberapa vendor yang menyediakan trial gratis selama 7 hari untuk penggunaan WhatsApp API ini. Misalnya, Wati atau Starsender.

WhatsApp Business API merupakan solusi yang disediakan oleh WhatsApp untuk memberikan kemampuan bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp Business Official Centang Hijau perlu bermitra dengan BSP resmi WhatsApp.

Penting untuk dicatat, meskipun WhatsApp Business Official Centang Hijau tidak gratis, investasi ini dapat memberikan nilai tambah signifikan bagi bisnis dalam hal interaksi pelanggan, layanan pelanggan yang lebih baik, dan otomatisasi proses bisnis.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di IndonesiaLangkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp Official CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan!

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.
Barantum Penyedia WA Official terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Bagaimana Tips Memilih Penyedia WhatsApp API Yang Tepat?

Berikut ini beberapa tips dalam memilih WhatsApp Partner yang tepat:

1. Fitur Yang Lengkap

Tips pertama, pastikan bahwa mitra yang dipilih memiliki fitur yang lengkap. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan sistem tambahan lainnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda dan memakan biaya yang lebih banyak. Dengan fitur yang lengkap, akan membantu meningkatkan efisiensi komunikasi bisnis Anda melalui WhatsApp, memungkinkan respons cepat kepada pelanggan, dan memberikan layanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

2. Kemampuan Integrasi

Saat memilih WhatsApp Partner yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kemampuan integrasinya. Pilihlah partner yang memiliki kemampuan integrasi yang lengkap, seperti sistem CRM dan platform e-commerce. Selain itu, pastikan untuk memilih WhatsApp Partner yang mendukung integrasi yang mudah dan memberikan dukungan teknis yang memadai untuk memastikan pemakaian sistem berjalan dengan lancar.

3. Support Yang Cepat dan Responsif

Pilihlah mitra yang menawarkan support yang cepat dan responsif. Ini sangat penting karena ketika Anda menggunakan WhatsApp sebagai saluran komunikasi bisnis, Anda memerlukan bantuan teknis dan dukungan yang responsif jika menghadapi masalah atau pertanyaan. Pastikan bahwa WhatsApp Partner yang Anda pilih memiliki tim dukungan yang dapat dihubungi dengan mudah dan siap membantu Anda dalam waktu singkat.

4. Biaya Yang Jelas dan Transparan

Pastikan untuk memilih partner yang menyediakan informasi yang jelas tentang biaya yang terkait dengan penggunaan layanan WhatsApp mereka. Periksa dengan teliti struktur biaya yang ditawarkan dan pastikan tidak ada biaya tersembunyi yang mungkin muncul di kemudian hari. Sehingga Anda akan dapat merencanakan anggaran bisnis dengan lebih baik dan menghindari biaya tambahan yang tersembunyi atau tidak terduga.

5. Memiliki After Sales Yang Bagus

Tips memilih WhatsApp Partner terakhir, yaitu perhatikan kualitas after sales yang mereka sediakan. Pastikan mitra yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dalam memberikan dukungan setelah penjualan, seperti pemeliharaan, pembaruan, dan penyelesaian masalah teknis. Selain itu, pastikan bahwa mereka menyediakan tim support yang dapat dihubungi dengan mudah dan responsif untuk membantu Anda dengan pertanyaan atau masalah yang mungkin timbul setelah implementasi WhatsApp dalam bisnis Anda.

Barantum, Solusi WhatsApp Business API Terbaik

Barantum Penyedia WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp
Terpercaya di IndonesiaDapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Yuk, dapatkan sekarang!

Dapatkan Sekarang!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".