Berbagai Fitur WhatsApp Untuk Menunjang Bisnis Anda

WhatsApp Business merupakan aplikasi WhatsApp yang diperuntukkan khusus untuk keperluan bisnis. Dimana fitur pada WhastApp ini sengaja dirancang untuk mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelangganya, seperti dengan adanya fitur profil bisnis, alamat bisnis, jam kerja sampai dengan fitur autoreply atau balas pesan otomatis yang bisa diatur melalui aplikasi WhatsApp for Business ini.

Tiap fitur tambahan pada WhatsApp for Business mampu mengefisiensi kinerja tim dalam merespons pesan hingga 33%. Fitur-fitur tambahan lainnya pun memiliki keuntungan tersendiri bagi bisnis. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai fitur WhatsApp for Business ini, ayo simak dan baca artikel ini sampai habis!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu Fitur WhatsApp for Business?

WhatsApp for Business adalah fitur lanjutan pada aplikasi WhatsApp yang bisa Anda dapatkan untuk membantu aktivitas komunikasi bisnis Anda dengan pelanggan yang dimiliki. Contohnya adalah fitur Centang Hijau WA, WA Blast, Chatbot WA, WA Auto Reply dan banyak lagi.

Jika Anda mempunyai bisnis kecil, Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk jawaban pertanyaan ini. Tetapi ketika Anda ingin scale up perusahaan Anda atau membawa bisnis Anda lebih besar lagi, Anda akan menemukan bahwa WhatsApp Business sangat terbatas dan tidak mencukupi dan kemudian mencari fitur yang lebih canggih lagi.

Apa Manfaat Fitur WhatsApp for Business?

Tujuan utama fitur WhatsApp for Business ini adalah untuk mempercepat dan mempermudah seluruh aktivitas agen dalam melakukan promosi dan layanan pelanggan. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, menambah pelanggan loyalitas, dan memperbanyak penjualan bisnis.

Manfaat lainnya dari fitur WhatsApp for business, yaitu:

  • Mempermudah dan mempercepat follow up pelanggan.
  • Mempermudah proses pembayaran.
  • Mudah memberikan informasi kepada pelanggan.
  • Lebih cepat berinteraksi dengan pelanggan.
  • Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan pada bisnis.

Apa Saja Fitur Dari WhatsApp for Business?

Berikut 11 fitur yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan WhatsApp for Business:

1. Profil Bisnis

Dengan fitur profil bisnis, Anda dapat mencantumkan semua identitas informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko / bisnis, deskripsi, alamat, kategori bisnis, jam kerja dan sebagainya. Fitur ini merupakan fitur basic yang bisa bisa Anda temui pada versi WhatsApp Business biasa.

2. Centang Hijau (Verified Account)

Centang hijau atau green tick adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang terverifikasi dan mendapatkan centang hijau WA di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini akan sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis Anda dan meningkatnya kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

3. Katalog

Dengan fitur katalog, memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog dari produk-prroduk Anda dan menampilkannya di profile WhatsApp Business Anda. Sehingga calon pelanggan bisa melihat produk apa saja yang Anda tawarkan untuk mereka melalui katalog tersebut.

4. Pesan Otomatis

Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur WA auto reply ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.
Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

  • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

5. ChatBot (Robot Chat)

Berbeda dengan pesan otomatis, Chatbot WA atau bot WhatsApp ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.

ChatBot ini bisa diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan pelanggan untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran dan sebagainya.

6. Multiple User & Multiple Device

Dengan fitur WA multi user dan WA multi device ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business Anda dari berbagai device, seperti handphone, tablet atau komputer dan juga memungkinkan akun untuk diakses lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbebda.

7. Alokasi Agent

Fitur Alokasi Agent memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau admin Anda. Contohnya, jika Ada memiliki 3 agent dan ada 150 pesan masuk yang datang setiap harinya pada nomor WhatsApp Business Anda, maka akan ada sebanyak 50 pesan masuk yang diterima per masing-masing agent Anda.

8. Jam Kerja (Office Hours)

Dengan fitur Office Hours, akan memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda, memunculkan status Online saat jam kerja dan Offline saat jam kerja telah berakhir. Dan tetap membalas pesan pelanggan diluar jam kerja dengan memberikan respon informasi pesan bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dan akan segera menjawab mereka begitu masuk jam kerja nanti.

9. Broadcast (WA Blast)

Dengan fitur broadcast atau WA Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya.

10. Terintegrasi Aplikasi Lain

Dengan WhatsApp Business API, Anda juga bisa menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, Telegram ke dalam WhatsApp Business Anda. Sehingga Anda bisa membalas dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu singkat di dalam 1 (satu) dashboard.

11. Laporan (Log Report)

Pada fitur Laporan Statistik, Anda bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail sehingga Anda bisa memantau dan memonitoring pencapaian tim Anda secara real time.

Anda bisa mendapatkan keseluruhan fitur tersebut jika Anda menggunakan WhatsApp Business API (atau disebut WABA). WABA ini merupakan sistem lanjutan dari WhastApp Business dengan fitur lebih yang sangat lengkap untuk kebutuhan bisnis Anda.
fitur whatsapp api

Apa Saja Perbedaan Fitur Pada Tiap Layanan WhastApp?

Kini Anda mengetahui bahwa tiap layanan WhatsApp memiliki fitur yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebaiknya para pebisnis sebaiknya memilih menggunakan WhatsApp Business API atau WhatsApp for Business ini. Karena banyak fitur-fiturnya yang akan sangat mendukung, membantu, dan mempermudah pekerjaan Anda dalam menjalankan kegiatan bisnis. Perbedaan fitur pada tiap layanan WhastApp bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Whatsapp Business API - BSP Resmi Barantum

Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Fiur WhatsApp for Business?

Memiliki semua fitur WhatsApp for Business untuk bisnis ini penting karena kelengkapan fitur di dalam aplikasinya yang memudahkan bisnis untuk mengontrol, mengelola, dan mempermudah seluruh kegiatan operasional bisnis Anda. Aplikasi ini pun banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Jadi, strategi marketing dengan WhatsApp ini menjadi media yang strategis untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Dengan begitu pendapatan bisnis Anda mampu meningkat.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp for Business?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp for Business:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp for Business adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Semua Fitur

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp for Business Anda Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini fitur WhatsApp for Business untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Dapatkan Fitur WhatsApp for Business Sekarang!

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagaiOfficial WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".